Harga Asus Zenfone 8, Spesifikasi dan Review Lengkap

Akhirnya handphone flagship keluaran asus yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang kini telah hadir menjawab rasa penasaran kita semua. Tidak lain dan tidak bukan hp tersebut adalah Asus Zenfone 8. Hp yang sudah diresmikan secara global Indonesia beberapa waktu yang lalu ini tergolong menarik.

Kenapa begitu? Karena sekilas tampilan luarnya memang terlihat tidak neko-neko dan bisa dibilang bentuknya lumayan kecil. Tapi tunggu dulu, tampilan luar boleh sederhana, tapi di dalam hp tersebut memiliki spesifikasi yang benar-benar di luar dugaan kita. Ada 2 tipe HP Asus terbaru ini yaitu Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip.

Tampak depan asus zenfone 8

Nah, mari kita bahas lebih dalam lagi mengenai asus zenfone 8 ini. Baik dari sisi harga, spek, dan review lengkapya di artikel berikut!

Harga Asus Zenfone 8

  • Zenfone 8 = Rp 10.300.000
  • Zenfone 8 Flip = Rp 13.800.000

Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone 8

  • CPU : Snapdragon 888
  • RAM : Up to 16GB RAM
  • Memori Internal : 128GB, 256GB
  • Kamera depan : 12 MP
  • Kamera belakang : Dual Camera 64MP, dan 12 MP,
  • Baterai : Li-Po 4000 mAh, 30 W HyperCharge Adapter
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE/ 5G
  • Ukuran Layar : 5,9”
  • Dimensi : 148 x 68.5 x 8.9 mm
  • Berat :169 gram

Review Lengkap

Dimensi

Tidak seperti hp sekarang yang identik dengan ukuran hp yang besar-besar. Asus zenfone 8 memiliki ukuran yang lumayan kecil dan cukup compact. Mungkin ini menjadi salah satu keunggulan tersendiri.

Panjangnya hanya 14,8 cm, dan lebar 6,85 cm dengan ketebalan 0.89 cm membuat hp ini nyaman ketika digenggam. Serta tidak memakan ruang banyak jika dimasukkan ke dalam saku.

Berat hp dari asus zenfone 8 ini hanya di kisaran bobot 169 gram saja, bisa dikatakan ini hp termasuk yang lumayan ringan dikelasnya.

Kamera

Di bagian kamera, asus zenfone 8 ini memang hanya terdapat 2 lensa kamera saja pada setup kamera belakangnya.

Namun dibalik jumlah lensa kamera belakang yang sedikit itu menyuguhkan karakter 64 MP Sony IMX686 yang ditandemkan dengan kamera ultrawide 12 MP IMX 363.

Sedangkan untuk kamera depannya diletakkan di posisi kiri atas yang menyatu dengan layar, dengan besaran megpixelnya yaitu 12 MP Sony IMX663.

Fitur yang diberikan pada aplikasi kameranya sendiri antara lain slowmotion, timelapse, foto dokumen, serta menu PRO di mana kita bisa mengatur settingan kamera secara manual.

Di sisi videonya bisa digunakan untuk merekam gambar hingga resolusi 8K pada kamera belakangnya, dan resolusi 4K pada kamera depannya.

Diselipkan juga fitur image stabilization;gyro-EIS Untuk menjaga kestabilan kamera ketika merekam gambar.

Chipset CPU

Performa dari hp asus zenfone 8 ini tidak tanggung-tanggung karena sudah mengusung CPU Qualcomm Snapdragon tipe yang paling baru yaitu Snapdragon 888 5G.

CPU Snapdragon 888 tersebut berkekuatan Octacore up to 2,8 GHz dan dikombinasikan dengan GPU Adreno 660 membuat hp ini mampu melibas game-game berat sekalipun.

Jika kita tes menggunakan aplikasi antutu didapatkan hasil Benchmark di angka 790 ribuan, dengan detail skor CPU di 199 ribuan, GPU di 291 ribuan.

Lalu untuk bechmark di geekbench didapatkan skor 1117 untuk single core-nya, dan skor 3465 untuk skor multi core-nya.

Ketika digunakan untuk bermain game PUBG bisa kita dapat settingan rata kanan yaitu di settingan ULTRA HD.

Baterai

Dari segi baterai hp asus zenfone 8 ditanamkan baterai bertipe Li-Po sebesar 4000 mAh. Dengan 30 W HyperCharge Adapter membuat hp ini mampu di cas full tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Dari sisi ketahanan baterai ketika digunakan untuk bermain game PUBG hp ini mengkonsumsi daya baterai sebesar 10 persen hanya dalam waktu 28 menit. Dari situ panasnya mulai terasa.

Layar

Layarnya sendiri berukuran 5.9” dengan resolusi FULLHD+ 1080×2400 pixel. Dengan panel AMOLED dan mendukung refresh rate 120Hz, sehingga tidak perlu ditanyakan lagi untuk kualitas gambarnya.

Di sisi pojok kiri atas layar terdapat kamera depan dan masih terdapat bezel di sekitaran layarnya (kiri-kanan-atas-bawah) tapi tidak begitu tipis.

Dukungan HDR10+ dan kecerahan layar hingga 1100 nits membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih tajam dan lebih cerah.

Kesimpulan

Ketika semakin banyak produsen smartphone yang berbondong-bondong mendesain hp dengan body yang besar dengan alasan semakin besar mungkin semakin lega pula dalam hal menggunakannya.

Asus sedikit unik, mengingatkan kita akan awal-awal munculnya smartphone android dengan skema touchscreen, di mana rata-rata hp saat itu mempunyai bentuk yang compact dan ergonomis.

Berbeda dengan dulu, performa hp saat itu memang masih belum maksimal. Tapi dengan sentuhan dari asus hp zenfone 8 ini mampu mensinergikan antara sisi performanya dengan sisi keergonomisan.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar