Asus Zenfone 9: Harga, Spesifikasi Lengkap & Review

Asus kembali melanjutkan kiprahnya di dunia hp dengan merilis varian zenfone yang terbaru yaitu Zenfone 9. Padahal di 3 atau 4 tahun lalu banyak orang berasumsi bahwasannya asus sudah tidak lagi merilis perangkat smartphone karena sempat dikabarkan bangkrut. Namun kabar itu langsung ditepis setelah seri zenfone 8 dirilis pada tahun lalu yang kemudian dilanjutkan dengan rilisnya zenfone 9 di tahun ini.

Fokusnya masih sama yakni ingin mengembangkan hp compact dengan menargetkan kelas premium bukan menyasar kelas bawah.

Meskipun berbentuk kecil tapi hp ini memiliki spesifikasi yang bisa bersaing dengan hp kelas atas lainnya, sebut saja Xiaomi 12, Samsung S22, bahkan Iphone 13. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Asus Zenfone 9

  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 12.099.000

Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone 9

  • CPU : Snapdragon 8+ Gen 1
  • RAM : 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 12 MP wide
  • Kamera belakang : 50 MP Wide, 13 MP Ultrawide
  • Baterai : Li-Po 4300 mAh
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 5,9”
  • Dimensi : 146,5 mm x 68,1 mm x 9,1 mm
  • Berat : 169 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Konsep compact yang menjadi ciri khas pada desain hp zenfone 8 nampaknya diaplikasikan kembali pada desain hp zenfone terbarunya. Zenfone 9 memiliki ukuran yang tergolong mini dengan panjang hanya 146,5 mm, lebar 68,1 mm, dan tebal hp 9,1 mm. Sedikit lebih tebal dari pendahulunya tapi dengan bobot yang sama yakni 169 gram.

Varian warna asus zenfone 9

Jika varian sebelumnya terasa jadul dan membosankan saat dilihat, tampilan zenfone 9 kini lebih fresh dan anti mainstream. Desain frame kini menggunakan frame yang sudutnya bukan melengkung melainkan mendatar ala-ala hp iphone.

Terkstur hp berteknologi High-Grip Texture yang membuat hp tidak licin ketika digenggam dan aman dari bekas sidik jari. Material zenfone 9 terbuat dari polymer dirancang agar tidak gampang pecah atau retak saat mengalami suatu insiden. Tidak sampai itu saja body hp juga sudah lolos sertifikasi IP68 sehingga lebih tahan terhadap air maupun debu.

Bagian belakang hp terpampang beberapa detail tulisan seperti ASUS zenfone, Gimbal STABILIZATION, besaran resolusi kamera utama, dan angka 09 yang nampak keren. Terdapat tombol ZenTouch atau tempat pemindai sidik jari yang di berada di sebelah kanan hp untuk memudahkan pengguna dalam membuka layar dengan satu tangan saja.

Tombol ZenTouch tersebut merangkap sebagai tombol power yang bisa di-swipe untuk mengakses berbagai hal. Misalnya membuka jendela notifikasi, dan fungsi-fungsi penting lainnya.

Varian warna yang tersedia ada 4 macam antara lain warna Midnight Black, Strarry Blue, Sunset Red, dan Moonlight White.

Kamera

Walaupun hp asus Zenfone 9 masuk dalam kategori hp flagship tetapi susunan kamera belakangnya hanya ada 2 lensa saja. Berbentuk lebar 2 lensa kamera belakangnya tersebut memiliki resolusi sebesar 50 MP untuk kamera utama, dan 13 MP lensa ultrawide.

Resolusi kamera belakangnya memang mengalami penurunan namun secara spesifikasi ukuran fisik sensornya lebih besar. Selain itu sensor tersebut memiliki built-in gimbal stabilization 6 axis hybrid untuk menghasilkan gambar yang lebih stabil dibanding stabilizer di kebanyakan hp.

Gambar yang dihasilkan lebih detail dan terlihat natural meski dalam mode HDR. Pada kondisi yang minim cahaya autofokusnya juga berjalan akurat. Sementara kamera depannya resolusi dan sensornya masih sama dengan pendahulunya yakni 12 MP menggunakan sensor IMX663.

Format video yang didukung menggunakan kamera belakangnya bisa di 8K 24 fps. Sedangkan kamera depannya hanya mendukung di 4K 30 FPS.

Layar

Ukuran layarnya tidak berubah yakni 5,9 inchi, begitu juga untuk bagian panelnya yang menggunakan panel Samsung Super AMOLED display. Mengenai kecepatan layarnya sudah support refresh rate 120 Hz dengan touch sampling 240 Hz agar lebih smooth saat dibuat scrolling sosmed.

Segala aktivitas yang berhubungan dengan layar didukung penuh berkat adanya HDR 10+, resolusi layar sebesar 1080 x 2400, dan kecerahan layar yang bisa sampai 1100 nits. Akurasi warna layar yang mencapai Delta-E<1 dengan DCI-P3 Wide Color Gamut 112% menjadikan warna yang ditampilkan layar hp ini nampak nyata.

Kalau diperhatikan ketebalan bezelnya masih terlihat kurang simetris tepatnya pada bagian bezel bawah yang sedikit lebih tebal.

Ditambah lagi layarnya sudah dibekali dengan kaca Corning Gorilla Glass Victus yang mampu meredam benturan maupun goresan pada layar.

Chipset CPU

Urusan mesin hp ini jelas tidak bisa dianggap remeh karena menggunakan chipset seri terbaru ciptaan Qualcomm yakni Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset yang masih hangat untuk dibahas tersebut adalah versi tweak dari chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang dirilis 6 bulan lebih dulu.

Dari segi kecepatan performanya unggul 15 persen CPU dibanding versi sebelumnya, kemudian lebih cepat 50 persen dari sisi GPU, dan 30 persen lebih efisien. Untuk mengatasi manajemen panas dari chipset tersebut asus menggunakan teknologi Vapor Chamber dengan luas penampang sebesar 1727,17mm2. Ukuran sistem pendingin vapor chamber tersebut lebih luas 230 persen dari zenfone 8 yang menggunakan heat pipe.

Hal itu sangatlah membantu dalam mencegah panas berlebih terutama ketika hp digeber habis-habisan untuk bermain game dalam jangka waktu lama. Alhasil saat dipakai main game berat seperti Genshin Impact hp ini bisa dapat settingan tertinggi di 60 FPS tanpa ada masalah yang berarti.

Mengenai statistik performa ketika diuji menggunakan aplikasi Geekbench 5 skor yang didapat hp ini mampu mencatatkan angka di kisaran 4100 an. Kemudian untuk pengujian menggunakan aplikasi antutu zenfone 9 mendapatkan skor yang fantastis yakni mencapai skor 1 jutaan lebih.

Sedikit catatan ada pada konsistensi performanya di mana saat diuji menggunakan 3D Mark Stress Test selama 20 menit ada penurunan performa dibanding varian asus ROG terbaru yang relatif stabil.

Baterai

Bagaimanapun juga body hp yang kecil pada zenfone 9 berdampak pada kapasitas baterai yang tidak bisa dibilang besar. Memang untuk kapasitas baterai ada kenaikan dibanding pendahulunya dari 4000 mAh menjadi 4300 mAh.

Jangan salah meskipun tidak sampai 5000 mAh tapi masalah keiritan dayanya patut diacungi jempol berkat chipset terbarunya yang sangat berperan dalam mengurusi efisiensi daya. Meski dipakai untuk aktivitas harian dengan screen on time selama 6 hingga 7 jam penuh seperti nonton youtube, main sosmed, dan main game baterainya masih tersisa sekitar 20 persen lebih.

Perihal kecepatan chargernya masih punya kecepatan yang sama yakni 30 watt HyperCharge include dengan charger serta kabel USB C to C. Dengan kecepatan yang tidak bisa dibilang cepat dan tidak pula terbilang lambat hp ini butuh waktu mengecas dari 1 persen menuju 100 persen dalam waktu 1 jam 40 menitan.

Sayangnya zenfone 9 belum menyertakan fitur wireless charging seperti yang ada pada hp-hp flagship sekarang.

Penutup

Bagi pengguna yang mencari hp flagship dengan desain compact namun tetap memperhatikan spesifikasi maka Zenfone 9 bisa dijadikan salah satu pilihan yang tepat. Kamera bagus, chipset kencang, body hp dengan build quality bagus adalah satu dari sekian bagian yang menjadi keunggulan hp ini.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar