Harga HP OPPO A15 2021, Spesifikasi Lengkap dan Review

HP Seri A yang diproduksi oleh Oppo dikenal memiliki ciri khas hp berkamera canggih, layar dan baterai berkapasitas besar, serta harga yang relatif terjangkau. Salah satunya adalah Oppo A15. HP ini dirilis akhir tahun kemarin dengan menyasar kelas entry level. Menyuguhkan desain modern di dalamnya juga terdapat fitur-fitur yang menarik.

Tidak seperti hp kelas entry level pada umumnya, Oppo A15 menonjolkan beberapa aspek seperti layar yang besar, pilihan ram yang bervariasi, dan sudah terdapat pula sensor fingerprint. Oppo juga mempertahankan fitur seperti radio, dan slot memori eksternal atau Micro SD yang mungkin dianggap sepele tetapi bisa berguna bagi sebagian orang.

Harga HP Oppo A15

  • RAM 3 GB/32 GB = Rp 1.400.000
  • RAM 3 GB/32 GB = Rp 1.600.000

Spesifikasi Lengkap Oppo A15

  • CPU : Helio P35
  • RAM : 2 GB RAM, 3 GB RAM
  • Memori Internal : 32 GB
  • Kamera depan : 5 MP
  • Kamera belakang : Triple Camera 13MP Wide, 2MP Macro, 2MP Depth
  • Baterai : Li-Po 4230 mAh,
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,52”
  • Dimensi : 164 mm x 75,4 mm x 7,9 mm
  • Berat : 175 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Desain hp Oppo A15 bisa dibilang yang paling elegan di kelasnya karena jika dilihat pada body belakang sekilas bodynya terbuat dari kaca padahal masih menggunakan bahan plastik. Warnanya terkesan glossy dan jika terkena pantulan cahaya maka akan timbul efek gradasi. Makin PD dengan adanya tulisan Oppo yang dicantumkan di pojok kanan bawah belakang body hp tersebut.

Tampilan belakang hp oppo a15

Dimensi hp Oppo A15 ini memiliki panjang sekitar 164 mm, dengan lebar 75,4 mm dan ketebalan hp hanya 7,9 mm saja, lumayan tipis untuk ukuran hp entry level. Untuk beratnya sendiri sekitar 175 gram dan tersedia 2 pilihan warna yaitu Dynamic Black dan Mystery Blue.

Kamera

Pada bagian kameranya hp ini dilengkapi kamera belakang yang didesain futuristik berbentuk persegi layaknya hp kelas premium. Dengan resolusi kamera belakang 13MP untuk kamera utama, 2 MP kamera macro, dan 2 MP untuk sensor depth hp ini cukup bisa memenuhi kebutuhan foto-foto kita.

Sempat kaget ketika melihat hasil kameranya ternyata punya saturasi warnya yang cukup bagus dipadu dengan HDR yang oke, walau detalinya masih sedikit kurang. Sedangkan di bagian kamera depannya bertema waterdrop dengan resolusi 5 MP tergolong standar untuk ukuran hp kelas pemula.

Namun kamera depan tersebut sudah mendukung fitur face unlock di hp tersebut dan proses unlocknya juga terbilang cepat. Kualitas video yang dihasilkan hp ini paling maksimal mendukung format video 1080p dengan kecepatan frame rate 30 FPS.

Layar

Di sisi layarnya Oppo A15 menggunakan panel IPS LCD dan mendukung HD+ dengan resolusi 720 x 1600 px cukup nyaman jika dibuat menonton film/video. Luas layarnya sendiri sekitar 6,52” cukup lega untuk dipakai bermain game maupun menonton video dengan kualitas standar.

Bezel yang terletak di samping kanan kiri hp ini juga nampak tipis, di bagian atasnya juga terdapat kamera depan bermodel waterdrop, hanya di bagian bawahnya saja bezelnya kelihatan agak tebal.

Simak juga: HP OPPO Terbaru.

Chipset CPU

Bagian mesin hp Oppo A15 menggunakan chipset Helio P35 di mana chipset ini adalah chipset keluaran lumayan lama sekitar tahun 2016 silam. Hal itu tidak menjadi masalah karena performanya masih oke bisa menyesuaikan dengan aplikasi keluaran sekarang.

Ketika di tes menggunakan aplikasi antutu hp ini mampu mendapatkan skor di atas 100 ribu tepatnya di kisaran 111 ribuan. Jika digunakan bermain game contohnya Mobile Legends hp Oppo A15 mampu mendapatkan settingan kualitas yang tinggi dengan frame rate lumayan lancar.

Lalu pada game lain seperti PUBG Mobile settingan yang bisa didapat yaitu Balance-Medium, pergerakan frame ratenya juga rata-rata masih stabil.

Baterai

Tidak seperti hp kompeitior yang menawarkan baterai dengan kapasitas gila-gilaan, Oppo A15 hanya memiliki kapasitas baterai berkisar 4230mAh saja. Tanpa dibekali dengan fitur fast charging, untuk mengecas dari nol persen menuju 100 persen dibutuhkan waktu sekitar 2 jam an.

Tapi jangan khawatir dengan kapasitas baterai tersebut kita masih bisa menggunakan hp ini selama seharian dengan screen on time sekitar 5-6 jam. Sebagai simulasi ketika dipakai bermain game PUBG selama setengah jam dengan settingan low baterainya hanya berkurang sekitar 7 persen.

Penutup

Oppo A15 ditujukan bagi kita yang suka desain hp modern, dengan kualitas kamera mumpuni, dan ramah dikantong cukup jika dipakai casual untuk browsing dan bermain sosial media. Tentunya hp ini tidak direkomendasikan bagi gamer yang mendewakan spek adalah nomor satu. Dan kapasitas baterai yang tidak terlalu besar juga harus jadi perhatian sebelum membeli hp ini.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar