Harga HP Samsung Galaxy A22, Spesifikasi dan Review

Samsung tidak lama ini telah mengenalkan hp kelas entry level terbaru mereka dengan cita rasa kelas menengah yang diberi nama Samsung A22. Kenapa hp ini disebut-sebut punya cita rasa kelas menengah? itu karena fitur dan spesifikasinya yang bisa dibilang hampir menyamai hp-hp kelas menengah yang ada.

Sebagai contoh, pada layar hp ini sudah menggunakan panel Super AMOLED. Tidak seperti panel layar hp kelas entry level pada umumnya yang rata-rata masih menggunakan panel AMOLED. Sebenarnya hp ini terbagi menjadi 2 versi, pertama adalah Samsung A22 yang mendukung konektivitas 4G dan satunya lagi sudah mendukung jaringan 5G. Spesifikasi kedua versi hp tersebut tidaklah sama.

Yang akan kita bahas kali ini adalah Samsung A22 4G. Agar kita lebih tahu mengenai harga, spesifikasi, serta review lengkap dari hp tersebut maka sebaiknya kita simak artikel berikut!

Harga HP Samsung Galaxy A22

  • RAM 6GB/128 GB = Rp 2.999.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A22

  • CPU : Helio G80
  • RAM : 6 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP
  • Kamera belakang : Quad Camera 48MP Wide, 8MP Ultrawide, 2MP macro, 2MP depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,4”
  • Dimensi : 159,3 mm x 73,6mm x 8,4 mm
  • Berat : 186 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Bagian belakang samsung galaxy a22

Tampilan hp samsung A22 ini terlihat sangat simple dan tidak neko-neko dengan finishing glossy. Di bagian belakang bodynya terdapat tulisan brand samsung yang menjadi ciri khas umum hp samsung. Bodynya terbuat dari bahan plastik dengan ukuran panjang 159,3 mm, lebar sekitar 73,6 mm dan tebal hp hanya 8,4 mm saja. Lebih ramping di banding versi Samsung A22 5G yang mencapai 9 mm.

Dengan bobot di kisaran 186 gram hp ini masih terbilang ringan meski di dalamnya terdapat baterai berkapasitas 5000 mAh. Apabila kita tengok di sisi samping kanan hp ini kita bakal menemukan tombol power yang merangkap juga sebagai sensor fingerprint. Varian warna yang tersedia pada hp Samsung A22 4G ini ada 4 macam warna meliputi Black, White, Mint, dan Violet.

Kamera

Mengenai bagian kameranya hp ini memasangkan 4 buah lensa pada kamera belakangnya yang terdiri dari 48 MP lensa utama, 8 MP lensa ultrawide, 2 MP lensa Macro, dan 2 MP lensa untuk depth. Lalu pada bagian kamera depannya mempunyai resolusi sebesar 13 MP dilengkapi dengan fitur auto dan wide selfie untuk foto selfie dengan cakupan lensa yang lebih lebar.

Setelah mencoba kameranya gambar yang dihasilkan punya cakupan warna cukup oke, apalagi di cahaya terang dengan adanya sedikit distorsi pada gambar. Rekaman video yang dihasilkan dari kamera depan maupun belakang hp ini hanya mendukung resolusi 1080 piksel dengan kecepatan 30 FPS.

Kabar baiknya di bagian kamera belakang Samsung A22 tersebut sudah dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization) untuk menyetabilkan gambar ketika merekam video.

Simak juga: HP Samsung Terbaru.

Layar

Ini adalah bagian spesifikasi Samsung A22 yang patut dibanggakan karena layarnya sudah menggunakan Panel Super AMOLED dan mendukung resolusi HD+. Luas layarnya sekitar 6,4 inchi dengan tingkat kecerahan layar hingga 600 nits menghasilkan warna yang jernih, dan tajam ketika menonton film atau ber-sosial media.

Jangan lupakan juga akan kemampuan kecepatan layarnya yang mendukung 90 Hz membuat pengalaman scrolling kita lebih mengesankan.

Chipset CPU

Dari segi performanya hp ini menyematkan chipset Helio G80, seperti halnya chipset kelas entry level samsung lainnya seperti pada seri Samsung A32. Kemampuannya tidak bisa dianggap remeh karena chipset ini mampu menjalankan game-game ringan hingga menengah dengan nyaman.

Ketika dites menggunakan game PUBG hp ini bisa dapat settingan maksimalnya di Smooth Ultra dengan fps yang tergolong stabil. Skor antutunya sendiri mampu mencatatkan angka di kisaran 209 ribuan, masih dalam kategori yang lumayan untuk hp di rentang harga 2 jutaan.

Baterai

Untuk baterainya sendiri sudah dibekali dengan kapasitas sebesar 5000 mAh. Tak lupa juga fitur fast charging 15 W yang bisa membuat waktu pengecasan baterai lebih cepat. Dalam pengujian durasi cas-nya, lama waktu pengecasan baterai hp ini bila dalam kondisi 0 persen menuju ke seratus persen membutuhkan waktu hampir 2 jam setengah.

Konsumsi baterainya bisa dibilang cukup awet dan mampu bertahan lama walau digunakan seharian dengan intensitas yang ringan hingga sedang.

Penutup

Mengingat harganya 2 jutaan, Samsung A22 punya spesifikasi yang lebih menjanjikan daripada hp kelas entry level pesaingnya, bahkan dengan kembarannya sendiri sesama Samsung A22. Meski masih mendukung jaringan 4G, tapi bisa kita lihat bahwa hp ini punya spek lebih baik daripada varian Samsung A22 yang sudah 5G. Baik dari panel layarnya, kameranya, dan fitur lainnya.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar