HP Vivo Y15S: Harga, Spesifikasi Lengkap & Review

Seringkali orang menganggap kalau hp dengan harga murah itu tidak worth it karena speknya pas-pasan. Sebut saja hp Vivo Y15S yang rilis di awal-awal tahun kemarin dengan harga di bawah 2 jutaan keberadaan hp ini sempat diragukan. Seperti yang kita tahu vivo tidak hanya merilis hp-hp dengan spek yang gahar atau flagship melainkan juga merilis hp murah yang tidak bisa diremehkan begitu saja.

Vivo Y15S adalah hp entry level yang didesain ciamik dengan beberapa fitur unggulan seperti baterai yang besar, terdapat sensor fingerprint, dan sudah ada fitur kamera AI.

Disamping itu pembeli juga akan mendapatkan free casing silicon, dan charger yang sudah include dengan kabelnya. Biar lebih jelas mari simak harganya terlebih dahulu.

Harga Vivo Y15s

  • RAM 3 GB/32 GB = Rp 1.699.000
  • RAM 3 GB/64 GB = Rp 1.899.000

Spesifikasi Lengkap Vivo Y15s

  • CPU : MediaTek Helio P35
  • RAM : 3 GB RAM
  • Memori Internal : 32 GB, 64 GB
  • Kamera depan : 8 MP wide
  • Kamera belakang : 13 MP wide, 2 MP
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,51”
  • Dimensi : 164 mm x 75.2 mm x 8,3 mm
  • Berat : 179 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Tampak bagian belakang vivo y15s

Dilihat dari desain body belakang Vivo Y15S memang seperti hp kelas menengah ke atas dengan garis-garis mengkilap yang khas sebagai finishing touch-nya. Pada saat pengguna memegang hp ini feel entry level-nya akan mulai terasa karena material dibuat dari bahan plastik.

Ukuran hp tergolong ideal yang panjangnya 164 mm dengan lebar 75,2 mm dan tebal 8,3 mm. Sedangkan beratnya sendiri cukup ringan yakni hanya 179 gram.

Ditempatkan di sisi kanan hp sensor Ultra Fast Side Fingerprint di hp ini diklaim punya respon yang cepat saat digunakan untuk membuka layar yakni berkecepatan 0,2 detik saja.

Tersedia dalam dua varian warna yang bisa dipilih oleh pengguna yakni warna Wave Green, dan Mystic Blue.

Kamera

Format kameranya cukup simple meski hanya ada dua kamera belakang tapi justru inilah yang membuat hp ini tidak begitu mencolok.

Resolusi kamera belakangnya meliputi 13 MP untuk kamera wide, dan 2 MP kamera super macro yang dipakai untuk memfoto benda berukuran kecil. Lanjut ke bagian kamera depannya yang diletakkan di bagian tengah atas layar atau didesain model notch dengan resolusi sebesar 8 MP.

Hasil kamera belakangnya cukup tajam warnanya, dengan detail yang oke apalagi jika dipakai di malam hari warnanya masih natural walau intensitas cahayanya terkadang dipaksakan. Mengenai hasil kamera depannya juga warnanya natural berkat adanya fitur Selfie Softlight Band yang berguna jika dipakai di kondisi minim cahaya dengan hasil yang jelas dan maksimal.

Layar

Bagian layar Vivo Y15S berukuran 6,51 inchi dan sudah menggunakan panel IPS LCD dibanding rivalnya yang bahkan masih berpanel TFT. Bezel kanan kiri pada layarnya lumayan tipis untuk hp entry level walau bezel bawahnya didesain lebih lebar.

Kualitas layarnya juga lumayan karena support HD+ sehingga cukup nyaman jika dipakai untuk nonton film maupun bermain game.

Terdapat fitur Mode Eye Protection yang dipercayai mampu menghindarkan pengguna dari cahaya biru berbahaya.

Chipset CPU

Salah satu bagian yang ditekan di Hp Vivo Y15S adalah bagian mesiinya yang masih menggunakan Helio P35. Sebagai catatan saja seri P pada chipset Helio performanya lebih rendah dibanding seri G yang sering dipakai oleh kompetitornya.

Tapi jangan salah untuk kegunaan multitasking harian performanya cukup bisa diandalkan bahkan saat digunakan main game ringan-ringan juga masih oke.

Performa yang dihasilkan saat dipakai main game seperti Mobile Legend bisa sampai settingan High frame rate. Sementara untuk game PUBG settingan yang didapat bisa di Smooth-Medium dengan frame rate yang lancar meski sesekali drop.

Varian hp ini ada dua macam yakni RAM 3 GB dengan internal memory 32 GB dan satunya lagi RAM 3 GB dengan internal memory lebih besar yakni 64 GB. Pada varian terendahnya dengan RAM 3 GB dan internal 32 GB skor yang dihasilkan saat dites dengan aplikasi antutu berada di kisaran 90 ribuan.

Baterai

Salah satu bagian yang terpenting di hp ini ada pada baterainya, berkapasitas besar sebesar 5000 mAh membuat pengguna tidak perlu khawatir cepat kehabisan baterai.

Dilengkapi dengan charger bawaan 10 watt beserta kabel micro USB yang pada dasarnya wajar untuk ukuran hp entry level. Durasi casnya memang tidak bisa dikatakan singkat karena saat dicas selama setengah jam baterai hanya terisi sekitar 20 persen. Sedangkan lama pengecasan satu jam baterainya baru terisi 36 persen saja dan butuh waktu 3 jam lebih untuk mengisi baterai hingga penuh 100 persen.

Ketahanan baterainya juga bisa diadu karena saat dipakai nonton youtube selama 1 jam hanya berkurang sekitar 3 sampai 4 persen saja.

Dipakai bermain game sekelas PUBG pun tergolong awet, dalam jangka waktu 1 jam prosentasi baterainya hanya berkurang cuma 8 persen.

Pengguna juga bisa mendapatkan screen on time yang lumayan lama yakni sekitar 1 hingga 2 hari penuh jika hp digunakan dengan wajar.

Penutup

Menyasar pasar dengan harga tidak sampai 2 jutaan performa dari hp Vivo Y15S memang terlihat biasa saja namun patut diingat bahwa hp ini masih bisa digunakan untuk multitasking dan gaming ringan. Tapi ada beberapa hal yang belum tentu dimiliki oleh hp kompetitor lainnya antara lain desain bodynya, kualitas layar, kamera, dan kapasitas baterainya yang besar.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar