Harga HP Vivo Y21T, Spesifikasi Lengkap dan Review

Awal tahun adalah awal yang tepat bagi vivo untuk memperkenalkan hp seri terbarunya, yakni Vivo Y21T. Dua seri dari Y21 memang lebih dulu dirilis sebelumnya, sebut saja Vivo Y21 dan Y21S yang terbukti sukses meramaikan pangsa pasar vivo di tahun lalu.

HP Vivo Y21T masuk dalam kategori mid range yang spesifikasinya lebih diupgrade lagi daripada kedua seri sebelumnya. Terutama pada bagian chipsetnya dari yang sebelumnya masih menggunakan Mediatek namun sekarang sudah diganti dengan chipset yang lebih gahar lagi karena sudah menggunakan Snapdragon. Agar lebih jelasnya mengenai vivo Y21T tersebut, mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga HP Vivo Y21T

  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 2.899.000

Spesifikasi Lengkap Vivo Y21T

  • CPU : Snapdragon 680
  • RAM : 6+2 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB,
  • Kamera depan : 16 MP
  • Kamera belakang : Triple Camera 50 MP Wide, 2 MP Macro, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,51”
  • Dimensi : 164,3 mm x 76,1 mm x 8 mm
  • Berat : 182 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Tampak belakang vivo y21t

Kesan pertama saat melihat hp Vivo Y21T ini memang tidak ada yang baru, dari desainnya jelas mirip dengan seri vivo sebelumnya. Lalu berat dan dimensi hp ini juga sama persis dengan seri sebelumnya yakni 182 gram untuk beratnya, kemudian panjangnya 164,3 mm dengan lebar sekitar 76 mm, dan ketebalan hp sekitar 8 mm.

Mengenai desain tombolnya di bagian kanan body vivo mengadopsi Ultra Fast Side Fingerprint yang ditempatkan di samping sekaligus berfungsi sebagai tombol power.

Body di bagian kirinya kosong tidak ada apa-apa, sementara tempat sim berada di bagian atas, dan bagian bawah terdapat lubang speaker, jack audio, serta konektor untuk charger. Warnanya keren, futuristik dan modern terutama jika memilih warna Pearl White karena ada warna dinamisnya yang bisa berubah-ubah tergantung pantulan cahaya yang mengenai hp ini.

Kamera

Vivo y21T memakai setup triple camera di kamera belakangnya dengan kamera utama 50 MP, 2 MP kamera macro, dan 2 MP sensor depth. Di sini hasil rekaman video hp Vivo Y21T menggunakan kamera belakangnya bisa dapat kualitas video 1080p dengan kecepatan frame 30fps.

Sedangkan kamera depannya mempunyai mode waterdrop sebesar 8 MP dengan hasil rekaman video sama-sama di angka 1080p 30FPS.

Fitur kameranya terbilang cukup komplit karena ada beragam fitur seperti Super HDR untuk hasil yang lebih tajam, Super Night Mode untuk malam hari, dan Multi Style Portrait untuk foto selfie.

Baik kamera depan maupun kamera belakangnya cukup bagus jika dipakai berfoto ria terlebih jika kita memaksimalkan fitur-fitur kamera yang ada di dalam hp tersebut.

Layar

Sensasi layarnya tidak begitu berbeda dengan seri Y21 lainnya karena dimensinya sama yakni 6,51 inchi dengan panel IPS LCD. Resolusi layarnya pun demikian masih menggunakan HD Plus, sedikit disayangkan karena di beberapa kompetitor sudah ada yang menggunakan resolusi FULL HD Plus.

Desain layarnya semakin nyaman dipakai untuk scrolling dan multitasking karena menggunakan desain 2,5D Curve Glass.

Beberapa orang mungkin sedikit kurang puas saat dipakai nonton film ataupun bermain game karena selera layarnya yang terlalu tinggi tapi jika dipakai browsing atau bersosial media masih sangat oke.

Chipset CPU

Tidak seperti di dua seri sebelumnya yang chipsetnya masih menggunakan Mediatek, kali ini vivo sudah menggunakan chipset Snapdragon 680 di seri yang satu ini.

RAM yang disokong oleh hp ini pada dasarnya sebesar 6 GB dengan tambahan extended RAM yang mencapai 2 GB sehingga bisa dibilang menjadi 8 GB.

Saat dites menggunakan aplikasi antutu skor yang didapat 274 ribuan poin. Terbilang lumayan powerful untuk hp di kisaran 3 jutaan.

Buat performa gamingnya saat dipakai main game PUBG settingan paling tinggi yang bisa didapat bisa sampai Balance-Medium.

Settingan nyamannya atau sweet spot digame PUBG yakni di Smooth-High 30 fps belum bisa di Smooth-Ultra mungkin karena chipsetnya yang tergolong baru.

Fitur Multi Turbo 5.0 dan cooling sistem yang ada di hp ini sangat membantu memaksimalkan pengalaman bermain serta meminimalisir agar hp tidak cepat panas.

Simak juga hp lainnya: HP Vivo Terbaru.

Baterai

Soal baterai Vivo Y21T punya kapasitas baterai sebesar 5000mAh didukung fast charging 18 W dengan memakai kabel USB type C.

Uniknya hp ini sudah support Reverse Charging alias sudah bisa dijadikan power bank dan dipakai cas ke hp yang lainnya.

Performa baterai hp ketika dites bermain game PUBG selama 16 menit konsumsi dayanya hanya di kisaran 4 persen saja, tidak ada masalah karna kapasitas baterainya yang lumayan besar.

Dengan kepasitas baterai yang besar dan kecepatan fast charging yang relatif standar yakni 18 W hp ini sanggup mengecas baterai dari nol ke 100 persen di kisaran 2 jam 40 menitan.

Penutup

Seri Vivo Y21T adalah seri yang paling tinggi dan paling powerful terutama di bagian chipsetnya diantara ketiga seri Y21 lainnya. Sudah menggunakan chipset Snapdragon serta punya kapasitas RAM yang lebih besar menjadikan nilai tambah bagi hp ini dan lebih diunggulkan dibanding saudara-saudaranya.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar