HP Vivo Y33S: Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Akhir-akhir ini vivo sering mengeluarkan hp seri terbarunya, mulai hp low end, mid end, hingga yang high end, dan itu menandakan bahwa vivo adalah brand yang kompetitif di Indonesia. Hp paling terbaru yang dikeluarkan oleh vivo adalah seri Y33S, dan pada pertengahan oktober tahun ini hp tersebut sudah mulai dijual di pasaran dan sempat juga masuk early buy shopee di tanggal 12 Oktober. Harganya lumayan terjangkau yakni di kisaran 3 jutaan dengan nuansa layaknya hp flagship.

Uniknya hp ini sudah mempunyai extended RAM yang bisa di tambahkan hingga 4GB dengan mengambil dari ROM atau penyimpanan internal hp. Penasaran kan seperti apa spesifikasi dari hp vivo terbaru tersebut yakni Vivo Y33S mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga HP Vivo Y33S

  • RAM 8GB/128 GB = Rp 3.399.000

Spesifikasi Lengkap Vivo Y33S

  • CPU : Helio G80
  • RAM : 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 16 MP
  • Kamera belakang : Triple Camera 50MP Wide, 2 MP Macro, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,4”
  • Dimensi : 164,3 mm x 76,1 mm x 8 mm
  • Berat : 182 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Body dari hp Vivo Y33S ini terlihat simple dan mewah sehingga menimbulkan kesan bahwa hp ini adalah hp flagship dengan harga yang tidak murah. Ada dua versi warna yang punya karakter berbeda-beda dari hp ini yakni warna Mirror Black yang dilengkapi dengan mirror finishing sehingga ada efek seperti pantulan kaca.

Tampak belakang hp vivo y33s

Dan warna Midday Dream dengan efek perpaduan berbagai macam warna dari mulai orange, hijau, pink, tergantung dengan pantulan cahaya yang mengenai hp kita. Logo vivo tidak lupa disematkan di bagian belakang seperti kebanyakan hp vivo pada umumnya dan di sebelah kanan hp ada tombol volume+power yang merangkap sebagai tombol fingerprint.

Lubang mic, lubang speaker, dan lubang charger yang sudah menggunakan USB type C diletakkan di bagian bawah hp. Vivo menyebut hp ini dengan sebutan Trendy Slim Design karena tebalnya yang hanya 8mm dan berat sekitar 182 gram saja. Framenya menggunakan 2.5D flat frame yang hampir berbentuk kotak dengan panjang hp sekitar 164 mm, dan lebar di kisaran 76 mm.

Kamera

Pada bagian kameranya vivo mengadopsi 3 buah lensa untuk kamera belakangnya dengan resolusi 50MP lensa wide atau Night Camera, 2 MP lensa super bokeh dan 2 MP lensa super macro. Dilengkapi dengan dukungan Ultra Stable Video di kamera belakangnya, fitur super night mode untuk memotret malam hari, eye autofocus, dan masih banyak lagi.

Format video yang didukung bisa merekam hingga resolusi 4K 30fps pada kamera belakangnya, untuk kamera depan hanya maksimal 1080 piksel dengan kecepatan 30fps. Karena memang di kamera depannya punya resolusi 16 MP super night selfie dan ada juga fitur multi style portrait. Sudah cukup oke jika dibuat selfie maupun groufie bersama teman-teman.

Layar

Mengenai layarnya hp ini punya resolusi 1080×2400 piksel dengan luas layar sekitar 6,58 inchi, spesifikasi layar yang nyaman untuk dibuat nonton ataupun bermedsos ria. Teknologi layarnya memang sedikit disayangkan karena masih menggunakan panel IPS LCD tapi dirasa cukup oke jika kita tidak terlalu memikirkan akan hasil gambar yang lebih detail.

Bezel kiri kanan layar hp sudah lumayan tipis dan rasio body ke layar di angka 90,6 persen, lebih lebar dari hp kompetitor lainnya yang ada di angka 86 persen. Ditambah lagi aspek rasionya ada di angka 20:9 sehingga terlihat lega dan nyaman, tidak seperti hp murahan yang terlihat sempit.

Chipset CPU

Masuk ke bagian performa hp ini menggunakan chipset Mediatek Helio G80. Masih dalam kategorai aman meski dipakai untuk main game-game berat sekalipun. Ketika dites menggunakan aplikasi benchmark antutu skor yang didapat bisa mencapai angka 244 ribuan.

Lalu jika dipakai untuk bermain game seperti PUBG settingan yang bisa dicapai bisa sampai Smooth-Ultra. Kemudian untuk game free fire ataupun mobile legend hp ini mampu menjalankan settinga rata kanan dan masih nyaman dipakai bermain.

Baterai

Salah satu bagian yang diunggulkan dari hp ini adalah bagian baterainya, bagaimana tidak baterai berkapasitas 5000mah tentu mampu melahap segala aktivitas sehar-hari kita. Kapasitas baterai yang tergolong besar didukung dengan fitur fast charge 18 W, dan dilengkapi pula fitur VEG (Vivo Energy Guardian) untuk mengefisiensikan penggunaan baterai.

Buktinya jika dipakai main PUBG selama 4 jam non stop hp ini mampu menyisakan daya baterai sekitar 20 persen dari yang mulanya 100 persen. Tentu suhu hp jika digeber seperti itu bisa mencapai 40 hingga 41 derajat celcius, namun nyatanya hp masih bekerja dengan normal.

Kecepatan mengecas hp ini dari 0 hingga 50 persen membutuhkan waktu hingga 1 jam. Dan butuh waktu 2 jam 30 menit untuk menuju penuh, sebanding dengan besarnya kapasitas baterai hp tersebut.

Simak juga: Harga Vivo X70 Pro.

Penutup

Yang mengejutkan dari hp vivo Y33S ini adalah baterai yang digunakan berkapasitas besar tapi vivo tetap memperhatikan dari sisi desain yang tipis, dan cakep. Tentu untuk penggunaan sehari-hari hp tersebut mampu mendukung segala aktivitas kita tidak hanya karena baterainya saja yang besar, melainkan fitur dan teknologi yang ada di dalamnya juga lengkap.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar