Harga Infinix Hot 12, Spesifikasi dan Review

Infinix kembali merilis hp baru lagi setelah sebelumnya merilis seri Note 12, dan Note 12i di tahun ini. Sekarang giliran seri Hot-nya atau seri yang kastanya lebih rendah dibanding seri Note yakni Infinix Hot 12.

Seperti biasa Infinix berkolaboirasi dengan sebuah game saat merilis hp terbarunya tapi kali ini agak berbeda karena bukan Mobile Legend lagi yang digandeng melainkan game sejenis yaitu AOV atau Arena Of Valor. Untuk harga sendiri hp ini dibandrol di angka 2 jutaan dengan dibekali chipset Helio G85.

Dibanding seri Note-nya tentu ada bagian yang dipangkas di seri Infinix Hot misalnya pada bagian kamera dan layarnya, sisanya masih menarik untuk dibahas. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Infinix Hot 12

  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 2.199.000

Spesifikasi Lengkap Infinix Hot 12

  • CPU = MediaTek Helio G85
  • RAM = 6 GB RAM
  • Memori Internal = 128 GB
  • Kamera depan = 8 MP
  • Kamera belakang = 13 MP Wide, 2 MP
  • Baterai = Li-Ion 5000 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar = 6,82”
  • Dimensi = 170,47 mm x 77,60 mm x 8,32 mm
  • Berat = 195 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Pertama dari segi desain patut diapresiasi karena terlihat lebih jauh berkelas dibanding seri Infinix yang sebelumnya-sebelumnya. Jika di seri sebelumnya disuguhi dengan body yang terbuat dari plastik, finishing glossy, dan desain mainstream tapi kali ini Infinix sukses mendesain hp ini dengan nuansa baru.

Kamera belakang hp infinix hot 12

Body lebih tipis yakni hanya 8,31 gram, panjang hp di angka 170 mm, dan lebar 77,6 mm. Untuk beratnya sendiri agak sedikit berat tapi masih normal karena berkisar di 195 gram. Bentuk body hp didesain flat-edge atau terlihat mengotak khas hp zaman sekarang, kemudian sensor fingerprint sudah tidak ditempatkan di belakang body, dan frame kamera yang terlihat simple.

Tombol power pada hp difungsikan juga sebagai sensor fingerprint, ada jack audio 3,5mm, slot SIM tray hybrid, dan speakernya yang sudah dual speaker.

Tersedia banyak pilihan warna yang trendi antara lain Racing Black, Legend White, Origin Blue, dan Lucky Green.

Kamera

Bagian kamera belakang Infinix Hot 12 framenya seperti bukan khas seri infinix hot biasanya karena dirancang lebih minimalis. Dibekali dengan 2 buah lensa kamera belakang berukuran 13 MP lensa wide, 2 MP depth sensor dan sebenarnya ada 1 lagi lensa kamera kecil yang tidak disebutkan dengan jelas spesifikasinya.

Sedangkan pada kamera depan didesain punchole sehingga lebih menarik dengan resolusi kamera depan sebesar 8 MP.

Hasil fotonya sendiri tidak beda jauh dengan hp-hp yang ada di kelasnya cukup untuk sekedar mendokumentasikan momen apalagi di cahaya yang terang. Fitur kamera yang ada di hp ini bermacam-macam seperti Super Night Mode untuk foto malam hari, slow motion hingga 240 fps, dan fitur autu fokus ke mata atau Eye tracking.

Sementara dari sisi perekaman video baik kamera belakang dan kamera depan sama-sama bisa merekam video hingga format 2K di 30fps.

Layar

Dari sisi ukuran layar cukup luas untuk kategori smartphone 2 jutaan yakni berukuran 6,82 inchi dengan menggunakan panel IPS LCD. Resolusi layarnya mengalami penurunan dari yang tadinya FULL HD+ pada seri Infinix Hot 11 sekarang menjadi HD+.

Tapi bagi orang yang tidak begitu mementingkan kualitas layarnya tidak akan jadi masalah saat menikmati layar hp ini. Untungnya dari kecepatan layar atau refresh rate sudah dinaikkan karena sudah mempunyai refresh rate 90 Hz dan touch sample rate 180 Hz.

Chipset CPU

Buat performanya hp ini sudah dibekali dengan chipset MediaTek Helio G85 di mana meningkat dibanding seri sebelumnya yang menggunakan Helio G70. Berbekal RAM 6GB dan memori internal 128 GB hp ini lebih dari cukup untuk digunakan chattingan, main sosmed, browsing, dan seterusnya.

Saat dibuat main game juga aman terkendali sebut saja game Mobile Legend settingan yang didapat bisa High dengan frame rate yang High juga. Lanjut main game yang lebih berat lagi seperti PUBG Mobile settingannya bisa di Smooth-Ultra hingga HD-High dengan fps yang stabil. Sayangnya untuk bermain PUBG Mobile menggunakan gyroscope akan terasa sedikit delay karena gyroscope pada hp ini berbasis software.

Dicoba bermain game berat Genshin Impact pun masih bisa dapat settingan lowest dengan fps stabil di kisaran 30-40 fps.

Dalam pengujian benchmark menggunakan aplikasi antutu hp ini mampu mencatatkan skor kurang lebih di 239 ribuan.

Baterai

Dibekali dengan baterai besar 5000 mAh yang bisa dibilang sudah menjadi standar untuk hp di di kelasnya. Baterai yang besar tersebut sudah didukung dengan fitur fast charging 18 Watt yang cukup membantu mempersingkat durasi pengisian baterai.

Di bundle pembelian pengguna akan mendapatkan charger yang sudah mendukung fast charging 18 W tersebut dan kabel USB type C serta softcase hp. Durasi pengecasan hp ini terbilang lumayan karena dalam waktu 1 jam saja baterai sudah terisi sekitar 60 persen.

Jika dicas hingga penuh 100 persen maka waktu yang dibutuhkan hp ini kurang lebih butuh 2 jam setengah. Hp ini tergolong irit saat digunakan terbukti dipakai main tiktok selama satu jam prosentase baterai hanya berkurang sekitar 14 persen saja. Lanjut dipakai main youtube dengan kualitas full HD selama satu jam konsumsi baterai ada di kisaran 12 persen.

Demikian juga saat dites bermain game PUBG Mobile di settingan grafis HD-High selama satu jam baterainya hanya berkurang 20 persen saja.

Penutup

Perlahan-lahan infinix menunjukkan bahwa kualitas hp pada Infinix seri yang Hot terbarunya semakin meningkat baik dari segi desain sudah mengotak, layar lebar, dan performa lebih kencang. Memang tidak semua sisinya mengalami peningkatan seperti resolusi layar yang diturunkan, dan harga yang dibandrol sedikit lebih mahal dibanding dengan seri yang sebelumnya.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar