Harga Oppo A1 Pro 5G, Spesifikasi dan Review Lengkap

Pekan ini Oppo resmi meluncurkan hp seri A terbarunya yakni Oppo A1 Pro 5G. Hp tersebut merupakan varian Pro pertama yang menghiasi hp lini A series Oppo. Karena embel-embel Pro tersebut lah Oppo A1 Pro turut dibekali dengan berbagai fitur yang pertama kali hadir di varian A series.

Salah satunya ada di bagian layar yang dibuat melengkung pada sisi kanan dan kiri layar layaknya hp flagship yang mengedepankan kesan premium. Layar melengkung tersebut mirip seperti hp-hp premium sebut saja One Plus 8 Pro, Samsung S22, xiaomi 11 Ultra, bahkan sesama keluaran Oppo yakni Oppo Find X3 pro.

Kabar baiknya lagi hp ini sudah mendukung konektivitas 5G. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lengkap mulai dari harganya!

Harga Oppo A1 Pro 5G

  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 4.000.000
  • RAM 8 GB/256 GB = Rp 4.500.000
  • RAM 12 GB/256 GB = Rp 5.000.000

Spesifikasi Lengkap Oppo A1 Pro 5G

  • CPU : Snapdragon 695 5G
  • RAM : 8 GB RAM. 12 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Kamera depan : 16 MP
  • Kamera belakang : 108 MP Wide, 2 MP depth
  • Baterai : Li-Po 4800 mAh, 67 W Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / CDMA / CDMA2000 / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,7”
  • Dimensi : 162,3 mm x 74,3 mm x 7,7 mm
  • Berat : 171 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Antar muka tampilannya mengusung konsep ala-ala hp flagship masa kini dengan desain mewah ketika dilihat dari depan maupun belakang hp. Apabila diamati lebih dalam bagian back covernya mirip seperti hp Oppo A58 atau Oppo A17 yang baru dirilis akhir-akhir ini dengan bulatan kamera yang besar.

Bagian belakang hp oppo a1 pro 5g

Dimensi hp mempunyai panjang sekitar 162,3 mm dengan lebar 74,3 mm dan tebal 7,7 mm. Lalu untuk berat hpnya bisa dibilang cukup ringan yakni berkisar di 171 gram saja. Sayangnya hp ini tidak menyediakan lubang jack audio 3.5 mm yang akan jadi perhatian bagi beberapa pengguna. Tetapi speaker yang dipasangkan sudah mendukung dual speaker dan sudah stereo.

Speakeranya diklaim mampu ditingkatkan volumenya hingga 200 persen jika dirasa kurang keras saat dipakai mendengarkan musik atau mengakses multimedia lainnya.

Tersedia slot memori dan sim tray yang mendukung penggunaan kartu nano SIM serta di dalamnya terdapat fitur NFC. Varian warna yang ditawarkan di hp Oppo A1 Pro 5G ada tiga macam antara lain warna hitam, biru, dan emas.

Kamera

Duah buah bulatan lensa kamera belakang yang didesain besar juga sepadan dengan resolusi kamera yang dibawakan. Bagaimana tidak karena resolusi kamera utamanya mencapai 108 MP, sedangkan kamera satunya lagi resolusinya sebesar 2 MP.

Selain itu dari sisi kamera depan terpasang lensa bertema punch hole dengan resolusi sebesar 16 MP yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selfie pengguna. Ponsel ini terbilang sudah mumpuni untuk menghasilkan gambar yang ideal baik menggunakan kamera depan maupun belakangnya.

Berkat fitur AI Scene Enhancement pada kameranya hp ini mampu menghasilkan warna foto yang natural serta tidak pudar. Fitur AI Glow and Beauty juga sangat membantu bagi pengguna yang ingin memaksimalkan hasil selfie menggunakan kamera depannya.

Sedikit disayangkan baik kamera depan maupun kamera belakang hanya mendukung perekaman video maksimal di 1080p 30 FPS saja. Seharusnya dengan resolusi kamera utama yang cukup besar Oppo berani menawarkan dukungan perekaman video hingga kualitas 4K atau paling tidak di 2K.

Layar

Desain pada tampilan depan yang mengusung curved screen atau layar lengkung menjadi kelebihan utama pada hp ini. Padahal fitur curved screen sempat identik dengan layar hp kelas atas namun kehadiran Oppo A1 Pro 5G telah membuktikan bahwa fitur tersebut hadir di kategori hp mid-range.

Ukuran layarnya 6,7 inchi lengkap dengan panel OLED serta memiliki kecepatan refresh rate yang mencapai 120 Hz membuat hp ini semakin diunggulkan. Besaran resolusi layarnya mencapai 1080 x 2412 piksel atau FULL HD+ dengan kerapatan piksel lebih dari 390 ppi dan memiliki kekuatan cahaya yang mencapai 950 nits.

Dukungan warna pada layar yang sudah tercover dengan DCI-P3 100 persen mampu memanjakan mata pengguna ketika dipakai untuk menonton video, scrolling sosmed, atau bahkan bermain game. Tak sampai disitu saja Oppo A1 Pro 5G telah memfungsikan layar hp ini sebagai sensor sidik jari atau sudah under display fingerprint.

Layarnya juga menggunakan AGC-DT-Star 2 yang diklaim tahan terhadap benturan, jatuh, lingkungan yang ekstreme, deformasi, dan sebagainya.

Chipset CPU

Di bagian performa Oppo A1 Pro mengandalkan chipset Snapdragon 695 yang sudah mendukung konektivitas 5G. Dengan fabrikasi 6 nm berkecepatan Octa core 2,2 Ghz yang didukung GPU Adreno 619 chipset tersebut tergolong bukan chipset keluaran baru.

Meski chipset sudah support 5G namun di harga 3 hingga 5 jutaan secara performa diklaim pas-pasan terutama jika dibuat bermain game game berat. Dari hasil pengujian menggunakan antutu versi 9 skor yang didapatkan hp ini mampu mencapai angka 400 ribuan.

Ketika dipakai bermain game ringan seperti Mobile Legend hp ini mampu berjalan dengan stabil di settingan High. Sedangkan game-game di atasnya seperti PUBG Mobile settingan yang didapat bisa sampai Smooth Ultra dengan rata-rata fps di 30 hingga 40 an fps.

Pilihan RAM dan memori internal yang ditawarkan juga beragam yakni terdiri dari RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB, RAM 8 GB dengan internal 256 GB, dan RAM 12 GB dengan internal 256 GB.

Baterai

Mengenai bagian baterainya hp ini disokong dengan baterai berkapasitas hampir 5000 mAh atau lebih tepatnya 4800 mAh. Satu hal lagi yang menjadi kelebihan dari hp ini adalah fitur fast chargingnya yang tidak main-main karena mendukung hingga kecepatan cas 67 watt.

Menurut klaimnya jika hp ini dicas dari nol menuju 80 persen waktu yang dibutuhkan hanya sekitar setengah jam saja. Daya tahan usia baterainya juga diklaim lumayan lama karena mampu bertahan hingga penggunaan lebih dari 4 tahun. Kapasitas baterai yang mendekati 5000 mAh tersebut sudah tergolong ideal untuk penggunaah sehari-hari.

Apabila digunakan dengan intensitas yang wajar baterai hp ini dinilai mampu bertahan hingga 1 harian lebih. Klaim lainnya juga menyatakan jika hp dicas selama 5 menit saja maka sudah bisa digunakan untuk menonton video selama hampir 3 jam.

Penutup

Beragam fitur yang disematkan pada Oppo A1 Pro 5G memang bisa saja menarik minat masyarakat Indonesia terutama dari fitur layar melengkung yang menjadi icon khas di hp ini. Berada di kisaran hp mid range tentu ada spesifikasi yang mungkin harus dipertimbangkan terutama bagi kalangan para gamers yang mencari performa lebih.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar