OPPO A52: Harga Terbaru, Spek Lengkap & Review

Masih ingat dengan hp Oppo yang sempat menjadi hp yang paling laris di kala pandemi 2 tahun silam? Apalagi kalau bukan hp Oppo A52. Hp tersebut memang menawarkan spesifikasi yang menarik dengan harga yang masuk akal yakni tidak sampai 3 jutaan. Bahkan sejak Oppo A52 dirilis orang-orang mulai membandingkan dengan spesifikasi yang ada pada Oppo A92.

Bagaimana tidak dengan selisih harga yang terpaut hingga 1 juta lebih spesifikasi antar kedua hp tersebut ternyata tidak jauh berbeda. Bedanya hanya ada di kapasitas RAM yang ditawarkan dan resolusi kamera belakangnya saja. Sisanya sama-sama mirip mulai dari chipset yang digunakan, kapasitas baterai, dan juga tampilan luarnya.

Supaya tidak penasaran mari kita mulai dari harganya.

Harga Oppo A52

  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 2.649.000

Spesifikasi Lengkap Oppo A52

  • CPU : Snapdragon 665
  • RAM : 6 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 16 MP wide
  • Kamera belakang : 12 MP Wide, 8 MP Ultrawide, 2 MP Macro, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,5”
  • Dimensi : 162 mm x 75,5 mm x 8,9 mm
  • Berat : 192 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Bicara tentang desain Oppo A52 sudah memiliki tampilan yang layak untuk dijadikan sebagai smartphone kelas menengah kekinian. Mengusung body belakang glossy dengan gradasi garis-garis cahaya sejajar yang akan berkilau atau berubah warnanya seiring hp terkena pantulan cahaya.

Kamera belakang oppo a52

Dimensi hp ini persis seperti Oppo A92 yang panjangnya 162 mm, dengan lebar 75,5 mm dan tebal 8,9 mm. Demikian juga dengan bobotnya yang sama-sama 192 gram. Bahan dan frame yang digunakan adalah poycarbonate tapi didesain oleh Oppo agar terlihat seperti terbuat dari kaca.

Di body sebelah kanan terdapat tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari atau fingerprint.

Ada jack audio 3,5 mm yang berada di bagian bawah body lengkap dengan speaker, lubang mic, dan lubang USB type C. Tersedia 2 macam warna yang bisa dipilih penggunanya yakni warna Twilight Black, dan Stream White dengan kombinasi warna hijau dan putih.

Kamera

Desain frame pada kamera belakang hp ini juga nampak tidak ada perbedaan dengan frame kamera belakang hp Oppo A92. Menggunakan 4 buah lensa kamera belakang hanya di bagian kamera utama saja yang mengalami perbedaan.

Jika pada hp Oppo A92 kamera utamanya sebesar 48 MP maka di hp ini resolusinya 12 MP. Lalu sisanya masih sama yakni 8 MP untuk lensa ultrawide, 2 MP lensa macro, dan 2 MP lensa depth. Sedangkan kamera depannya sama-sama berbentuk punch hole dengan resolusi yang sama juga yakni sebesar 16 MP.

Manfaatkan fitur filter yang ada di hp ini untuk memaksimalkan hasil foto menggunakan kamera depan saat dipakai selfie. Hasil kamera belakangnya jika dilihat-lihat juga nampak tidak ada perbedaan yang signifikan baik dari detailnya, tone warnanya dan bokehnya.

Sementara mengenai perekaman videonya untuk kamera belakang bisa support hingga 4K 30 FPS. Kemudian untuk kamera depannya hanya support di 1080p 30FPS.

Layar

Spesifikasi layarnya sama dengan Oppo A92 dengan luas layar 6,5 inchi yang tergolong lega tetapi juga tidak terlalu besar. Bezelnya sudah cukup tipis baik di bagian kanan maupun kiri layar namun di bagian bawah masih terasa tebal.

Panel yang digunakan yakni IPS LCD dengan resolusi FULL HD+ yang mantap jika dipakai untuk scrolling sosmed, browsing, dan bermain game. Digunakan untuk menonton film juga tidak ada masalah karena sudah dibekali sertifikasi Widevine L1 yang memungkinkan pengguna menonton film Netfilx dengan resolusi full atau tidak terkena kompres.

Ditambah lagi speakernya yang sudah stereo membuat pengguna rela betah berlama-lama menatap layar untuk sekedar menonton film.

Chipset CPU

Salah satu bagian yang juga sama persis dengan Oppo A92 adalah di bagian chipsetnya yang sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 665. Memang chipset tersebut bukan termasuk chipset yang terkencang di kelasnya karena di rentang harga yang sama sudah ada yang memakai Snapdragon seri 700 yang tentu lebih kencang. Tapi setidaknya chipset yang digunakan sudah cukup mumpuni untuk dipakai aktivitas harian maupun bermain game-game kekinian.

Sebagai contoh saat dipakai main game PUBG Mobile settingan yang didapat bisa sampai Smooth-High dengan rata-rata FPS di kisaran 30 FPS. Saat dipakai main game Mobile Legends settingan yang didapat bisa di set ke paling tinggi dengan gameplay yang lancar.

Lanjut ke bagian pengetesan performa jika hp ini dites memakai aplikasi benchmark antutu skornya ada di kisaran 180 ribuan.

Baterai

Kapasitas baterai yang besar yakni 5000 mAh menjadi salah satu alasan kenapa pengguna layak untuk memilih hp ini. Lengkap dengan dukungan kecepatan charger 18 Watt baterai hp ini memang terlihat sama dengan seri Oppo A92.

Ketahanan baterainya lumayan tangguh ketika digunakan untuk aktivitas harian dari yang ringan hingga berat screen on time yang didapat bisa di atas 10 jam. Jika dipakai bermain game PUBG Mobile selama 10 menit atau satu sesi permainan maka baterainya hanya berkuang sekitar 2 persen saja.

Kecepatan pengisian baterainya jika dari 10 persen menuju ke 50 persen butuh waktu sekitar 41 menit. Jika dicas sampai penuh maka baterainya butuh waktu kurang lebih 2 jam 20 menit.

Meski tidak bisa dibilang singkat tapi hal itu sangatlah wajar mengingat kapasitas baterai yang cukup besar.

Penutup

Oppo A52 adalah hp yang lebih worth it dibanding saudaranya yakni Oppo A92 dengan selisih harga yang sampai 1 jutaan tapi perbedaan spek antar keduanya tidak terlalu jauh. Di harga hampir 3 jutaan rasanya selain hp ini masih jarang ada hp lain yang menawarkan spek RAM 6 GB dengan memori internal 128GB, dan baterai berukuran 5000 mAh.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar