Harga Oppo A57 2022, Spesifikasi dan Review

Kabar gembira bagi Oppo lovers yang telah menanti-nanti kedatangan hp terbaru dari Oppo yaitu Oppo A57. Ini adalah seri A57 dengan wajah terbaru setelah Oppo juga pernah merilis seri A57 generasi pertama sekitar 5 tahun yang lalu. Memang di luar negeri hp ini sudah dirilis lebih dulu pada beberapa bulan belakangan yang dibekali dengan fitur 5G. Tapi sayangnya ketika masuk di Indonesia jaringan hp masih hanya mendukung di 4G saja atau belum 5G.

Penerus dari oppo A55 ini punya banyak key selling point yang menarik diantaranya sudah support Fast Charging 33 Watt, Ultra Linear Stereo Speaker, Oppo Glow Design, dan baterai 5000 mAh.

Agar tidak penasaran mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Oppo A57

  • RAM 4 GB/64 GB = Rp 2.399.000

Spesifikasi Lengkap Oppo A57

  • CPU = MediaTek Helio G35
  • RAM = 4 GB RAM
  • Memori Internal = 64 GB
  • Kamera depan = 8 MP wide
  • Kamera belakang = 13 MP wide, 2 MP Depth
  • Baterai = Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan = GSM / CDMA / CDMA 2000 / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar = 6,56”
  • Dimensi = 163,74 mm x 75,03 mm x 7,99 mm
  • Berat = 186 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Tampak belakang oppo a57

First impression dari desain hp ini berbentuk kotak mirip desain pada hp Oppo Reno 7 4G di harga 4-5 jutaan sehingga terlihat elegan dan berkelas. Dimensi hp memiliki panjang 163,74 mm, lebar 75,03 mm dan ketebalan hanya 7,99 mm. Untuk beratnya sendiri cukup ideal yakni di 186 gram.

Body bagian belakangnya dilengkapi dengan teknologi Oppo Glow Design yang mencegah timbulnya bekas sidik jari dan goresan-goresan kecil.

Seperti hp seri A dari Oppo pada umumnya hp ini juga sudah memiliki sertifikasi IP54 agar tahan terhadap debu maupun cipratan air. Terdapat sensor fingerprint yang diletakkan di sebelah kanan bersamaan dengan tombol power. Kemudian di sisi kirinya ada tombol volume dan SIM Tray Triple Slot yang mendukung hingga 1 TB.

Sisi bagian bawah hp terdapat 1 buah speaker, port USB type C, 1 lubang mic, dan jack audio 3.5. Sementara bagian atas dibuat kosong sehingga earpeace ditempatkan di depan tepatnya di atas layar. Tersedia dalam 2 varian warna yang bisa dipilih oleh pengguna yakni warna Hitam Bersinar dan Hijau Bersinar.

Kamera

Bagian frame kamera belakangnya dilapisi frame berbentuk persegi bewarna hitam dengan lensa yang didesain lebar.

Dipasangkan dua buah lensa pada kamera belakangnya yang beresolusi 13 MP untuk kamera utama dan 2 MP untuk kamera bokeh. Sementara kamera depannya mengadopsi desain waterdrop notch dengan resolusi kamera sebesar 2 MP saja.

Besaran resolusi yang ditawarkan memang bisa dibilang tidak terlalu besar untuk hp di kisaran harga 2 jutaan.

Hal itu bisa terlihat dari hasil jepretannya yang terlihat standar baik dari warna yang dihasilkan maupun detail. Tapi jika dipakai untuk sekedar mengabadikan momen masih cukup bisa diandalkan.

Mengenai perekaman videonya hp ini mendukung kualitas perekaman hanya di 1080p dengan kecepatan 30 fps tanpa adanya fitur stabilisasi ataupun slow motion.

Layar

Luas layar hp ini berukuran 6,56 inchi dengan menggunakan panel IPS LCD yang didukung tampilan kualitas HD+.

Memang meski kualitas layar belum mendukung FHD melainkan hanya HD+ tapi dari sisi efisiensi daya bisa dikatakan lebih unggul. Sudah 100% DCI-P3 saturasi warna layar yang dihasilkan cukup standar dengan kecepatan refresh rate yang hanya 60 Hz.

Pengalaman saat digunakan untuk menonton fim atau bermain sosmed berlama-lama terbilang nyaman apalagi sudah dilengkapi dengan fitur Eye Comfort.

Chipset CPU

Platform yang digunakan yaitu Helio G35 buatan MediaTek. Berbeda dengan varian A57 yang dirilis di luar negeri di mana chipsetnya menggunakan Dimensity 810. Performa yang dihasilkan otomatis juga berbeda karena jika dilihat dari fabrikasinya saja Helio G35 didesain 12 nm sedangkan Dimensity 810 sudah 6 nm.

Saat dites menggunakan aplikasi Geekbench skor yang didapat pada single core yakni sekitar 181 dan untuk multi core berada di angka 922. Tidak sampai disitu pengujian dilanjutkan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark dan skor yang didapat di kisaran 105 ribuan.

Urusan bermain game hp ini masih bisa diandalkan tapi jangan berharap lebih. Contoh saat dipakai bermain mobile legend settingan yang didapat mentok di grafik High dan frame rate Medium. Lalu saat dipakai main game PUBG Mobile settingan yang didapat bisa sampai di Balance-Medium. Tapi pada saat bermain sedikit kurang memuaskan karena terkadang mengalami frame drop atau lag.

Baterai

Bagian baterai hp Oppo A57 punya kapasitas yang besar yakni 5000 mAh dan sudah support fast charging SuperVOOC 33 watt.

Pengguna tidak perlu repot-repot mencari charger lagi karena sudah mendapatkan charger bawaan lengkap dengan kabel USB type C yang mendukung pengisian daya cepat tersebut. Hal ini menjadi poin plus tersendiri dibanding dengan seri-seri pendahulunya yang kebanyakan hanya dibekali fast charging 18 watt saja.

Durasi casnya cukup singkat terbukti saat hp dicas dari nol persen hingga full seratus persen hanya membutuhkan waktu sekitar 78 menit.

Bicara soal irit atau tidaknya tentu tidak usah diragukan lagi. Saat dipakai nonton youtube selama sekitar 40 menit konsumsi baterainya hanya 6 persen. Bagaimana jika dipakai bermain game? Ketika digunakan bermain game PUBG Mobile selama 1 jam baterai hp ini hanya berkurang sekitar 12 persen.

Penutup

Hp Oppo A57 mengalami berbagai upgrade baik dari desain yang sudah mengantongi sertifikasi IP54 maupun dari segi fitur seperti baterai yang support pengisian daya cepat SuperVOOC. Namun untuk performa tidak mengalami perubahan yang banyak sehingga kurang begitu cocok bagi pengguna yang menuntut performa lebih untuk bermain game-game yang berat.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar