Harga OPPO Reno6 Terbaru, Spesifikasi dan Review Lengkap

Pada pertengahan tahun ini Oppo mengeluarkan hp seri Reno terbarunya, yakni Oppo Reno6. Digadang-gadang keluarnya seri Reno 6 tersebut mampu meninggalkan kesan yang positif sama seperti seri sebelumnya, yaitu Oppo reno 5 yang telah dirilis lebih dulu sekitar 6 bulan ke belakang. Padahal seri pendahulunya masih tergolong ‘fresh from the oven’. Namun itulah realita ketatnya persaingan di dunia smartphone sekarang, apalagi seri Reno6 bersaing di zona yang sama di rentang harga 4 sampai 5 jutaan.

Bisa dibilang Oppo reno 6 adalah modifikasi dari Oppo reno 5 dengan menunjukkan wajah yang lebih segar dan beberapa fitur yang mengalami peningkatan. Apa saja fitur-fitur yang mengalami perubahan dan peningkatan di hp oppo terbaru ini? Mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Oppo Reno6

  • RAM 8GB/128 GB = Rp 5.199.000

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno6

  • CPU : Snapdragon 720G
  • RAM : 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 44 MP
  • Kamera belakang : Quad Camera 64MP Wide, 8MP Ultrawide, 2 MP Macro, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 4310 mAh, 50 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,4”
  • Dimensi : 159,1 mm x 73,3 mm x 7,8 mm
  • Berat : 173 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Di bagian desain Oppo reno 6 hadir dengan desain yang tipis dan ringan. Dengan ketebalan di kisaran 7,8 mm dan berat yang hanya 173 gram. Basicnya memang sama seperti body di hp oppo reno 5 yang tipis dan enteng, dengan panjang hp sekitar 159 mm serta lebar sekitar 73,3 mm.

Bagian belakang oppo reno6

Varian warnanya terdiri dari Aurora yang hampir mirip dengan warna Fantasy Silver di reno 5 tapi pantulan warna orangenya sedikit lebih kuat. Ada lagi warna Stellar black yang teksturnya sudah dibikin doff sehingga diklaim 100 persen bebas dari bekas sidik jari.

Kamera

Perbedaan yang cukup terasa dari Oppo reno 6 ini ada pada bagian kameranya, desain frame kameranya sudah berubah karena sudah terbuat dari besi dari yang mulanya dari kaca bening. Sisanya baik resolusi kamera, jumlah lensa belakang, masih sama yakni menggunakan format Quad camera yang terdiri dari 64MP lensa wide, 8MP lensa ultrawide, 2MP lensa macro, dan 2MP depth.

Gambar yang dihasilkan oleh kamera belakangnya cukup oke dari sisi warnanya, dan dynamic range-nya, serta video yang bisa merekam format 4K 30fps, atau 1080p hingga 120fps. Ada lagi fitur video yang tidak dimiliki oleh seri sebelumnya yakni adanya fitur efek video yang menghasilkan bokeh ala ala mirrorless.

Kemudian fitur portrait beautification sebagai fitur mempercantik wajah yang hadir di format video dan diklaim punya hasil yang lebih natural. Sedangkan kamera depannya juga sama yakni terletak di pojok kiri atas layar dengan resolusi kamera sebesar 44 MP. Mantap jika dibuat untuk berselfie ria.

Layar

Untuk layarnya sendiri Oppo reno 6 memakai layar yang cukup lebar dengan ukuran 6,43 inchi. Menggunakan panel AMOLED, resolusi layar sudah Full HD+ dan refresh rate mencapai 90Hz. Spesifikasi layar yang mirip dengan Oppo Reno 5, meski begitu untuk standar pertengahan tahun 2021 pun layarnya masih terbilang bagus.

Tidak terlalu lebar dan tidak terlalu kecil, sehingga pas di tangan, output warna yang dihasilkan masih terasa hidup dengan tingkat warna hitam yang total. Tak lupa juga disematkan sensor fingerprint di dalam layar. Untuk nonton film ataupun gaming tidak perlu diragukan lagi kejernihan dan kecepatan layarnya.

Chipset CPU

Oppo Reno 6 menggunakan chipset snapdragon 720G yang kualitasnya sudah teruji untuk menghandle pekerjaan apapun. Chipset tersebut sebenarnya sudah menjadi andalan Oppo sejak rilisnya Oppo reno 4, jadi sudah 3 generasi yang menggunakan chipset tersebut.

Performa tersebut jika dipake untuk bermain game seperti PUBG tidak ada masalah yang berarti, settingan yang didapat bisa sampai HD-High. Dipakai main PUBG terbukti enteng, lalu bagaimana dengan main mobile legend? Tentu settingan maksimalnya bisa rata kanan semua.

Mengenai benchmarknya hp oppo reno 6 ini mendapatkan skor 329 ribu an poin untuk benchmark menggunakan antutu. Kemudian skor benchmark menggunakan Geekbench mendapatkan skor 500 an untuk single core, dan 1700 an untuk multicore.

Baterai

Sementara di sisi baterainya sendiri punya kapasitas yang sama seperti pendahulunya, yakni 4310 mAh. Dengan layar yang sama dan mesin yang sama konsumsi dayanya tentu sama juga. Saat dibuat tiktokan selama sejam baterai berkurang sekitar 10-12 persen. Ketika dipakai bermain game seperti Mobile Legend selama setengah jam saja baterainya berkurang sekitar 10 persen.

Lalu untuk game PUBG mobile yang dipakai main selama setengah jam juga sama konsumsi baterainya di kisaran 10 persen. Kecepatan mengecas baterainya meski include dengan charger 65 watt namun maksimal daya yang bisa diterima oleh baterai hanyalah 50 watt.

Jadi untuk mengisi baterai dari nol menuju penuh hanya dibutuhkan waktu yang tidak sampai satu jam, yaitu sekitar 50 menit saja.

Penutup

Hp Oppo reno 6 ini memang 11-12 hampir mirip dengan seri yang sebelumnya, bedanya hanya ada di bagian desain, dan beberapa peningkatan fitur yang mengandalkan software. Keberadaan hp tersebut bisa dianggap sebagai cara oppo untuk menjawab tuntutan pasar akan kehadiran hp barunya.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar