OPPO Reno8: Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Bagi yang mengikuti perkembangan dunia smartphone pasti sudah tahu betul bahwasanya hp Oppo Reno adalah varian dari Oppo yang terlaris di pasaran. Setelah sukses merilis Oppo Reno7 series pada beberapa bulan lalu Oppo kembali mengumumkan penerusnya yakni Oppo Reno8 series.

Jajaran hp Oppo reno 8 yang dirilis secara global terdiri dari beberapa seri sekaligus, dan salah satu varian regulernya adalah hp Oppo Reno8 5G. Varian tersebut menawarkan peningkatan spesifikasi yang signifikan dibanding dengan seri sebelumnya, selain konektivitas yang sudah 5G, desain dan daleman-nya juga patut diapresiasi.

Memang ada beberapa spek yang dipertahankan seperti dari kapasitas baterai dan kamera depan. Untuk membahas lebih jauh mengenai Oppo Reno 8 5G mari kita mulai dari harganya.

Harga Oppo Reno 8 5G

  • RAM 8 GB/256 GB = Rp 7.999.000

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno 8 5G

  • CPU : MediaTek Dimensity 1300
  • RAM : 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Kamera depan : 32 MP wide
  • Kamera belakang : 50 MP Wide, 8 MP Ultrawide, 2 MP Macro
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,4”
  • Dimensi : 160,6 mm x 73,4 mm x 7,7 mm
  • Berat : 179 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Keren dan gagah adalah kesan pertama saat melihat tampilan luar hp ini dengan tetap tidak meninggalkan ciri khas desain pada seri sebelumnya terutama di bagian lensa kamera belakang. Lengkungan di tiap-tiap sudutnya menambah kesan mewah dengan desain mengotak seperti hp keluaran masa kini.

Bagian belakang hp oppo reno8

Ukuran hp tidak terlalu panjang yakni 160,6 mm dengan lebar 73,4 mm dan ketebalan body yang hanya 7,7 mm. Tergolong cukup tipis dan ringan karena beratnya berada di angka 179 gram saja. Tombol power terletak di sebelah kanan dengan adanya warna hijau kecil untuk memperindah tampilan body hp.

Lalu untuk tombol volume ada di sebelah kiri hp, sementara lubang speaker, lubang mic, port USB type C, dan SIM tray ada di bagian bawah. Perlu dicatat bahwa hp ini tidak menyediakan jack audio 3,5 mm seperti pendahulunya sehingga pengguna harus menggunakan adapter/converter jika ingin menggunakan headset.

Body belakangnya terdapat tulisan Oppo dan sudah mengusung Oppo Glow Design sehingga mencegah munculnya bekas sidik jari saat digunakan.

Oppo reno 8 5G menawarkan dua varian warna yang bisa dipilih penggunanya yakni warna Shimmer Gold, dan Shimmer Black.

Kamera

Dari sisi kamera desain frame kamera belakangnya memiliki bingkai yang elegan dengan 2 buah lensa berukuran besar layaknya model kamera hp sekarang dan 1 buah lensa makro berukuran kecil. Resolusi kamera utamanya sebesar 50 MP Wide menggunakan sensor Sony IMX766, dengan 8 MP lensa Ultrawide, dan 2 MP lensa Macro. Sedangkan untuk kamera selfie didesain punchole dengan resolusi sebesar 32 MP dan menggunakan sensor Sony IMX709.

Jadi untuk kualitas gambar dan warna yang dihasilkan overall lebih bagus ketimbang seri pendahulunya.

Fitur dari software bawaan kameranya juga bermacam-macam contohnya seperti fitur Slo-mo, Pro, Ekstra HD, Selang waktu, Panorama, dan lain sebagainya. Lalu terkait dengan kemampuan perekaman videonya hp ini sudah support hingga 4K 30 FPS untuk kamera belakangnya dan 1080p di 30 FPS untuk kamera depannya.

Sudah terdapat fitur penstabil gambar menggunakan gyro EIS baik di kamera depan maupun kamera belakangnya.

Layar

Tampilan layar hp ini hampir identik dengan seri sebelumnya dengan luas 6,4 inchi dan menggunakan panel AMOLED. Desain layarnya terlihat tebal terutama di bagian dagu atau layar bawah, tidak sebanding dengan bezel yang ada di sisi samping dan atas layar.

Resolusi layarnya sudah mendukung Full HD+ dan punya refresh rate 90 Hz sehingga cukup ideal untuk dipakai bersosmed ria ataupun bermain game. Maksimal kecerahan layarnya ada di 800 nits dengan kerapatan piksel yang mencapai 411 ppi tidak berbeda seperti pendahulunya.

Mengenai proteksi layarnya hp ini sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 5 yang dijamin aman dari goresan.

Chipset CPU

Urusan dapur pacu hp ini mengusung chipset terbaru buatan MediaTek yaitu Dimensity 1300 dengan fabrikasi 6 nm yang sudah mendukung konektivitas 5G. Chipset MediaTek Dimensity 1300 adalah penerus dari Chipset MediaTek Dimensity 1200 yang performanya masih sangat bisa diandalkan. Bahkan performa chipset MediaTek Dimensity 1300 hampir bisa disetarakan dengan chipset Snapdragon 870.

Dibekali dengan RAM yang besar yakni 8 GB hingga memori internal 256 GB hp Oppo reno 8 5G punya kombinasi maksimal untuk penggunaan sehari-hari. Lengkap dengan sistem pendingin vapor chamber berukuran besar membuat hp ini tetap terjaga suhu ponselnya dan stabil saat digeber.

Dalam pengujian performa menggunakan aplikasi benchmark antutu Oppo reno 8 5G mampu mencatatkan skor di kisaran 600 ribuan. Ketika digunakan bermain game seperti PUBG Mobile hp ini bisa diset Smooth-Extreme dengan kecepatanFPS yang stabil yakni di kisaran 60 FPS.

Baterai

Demi menopang semua performa yang ada Oppo Reno 5G masih mengandalkan baterai berkapasitas yang sama seperti pendahulunya, yakni 4500 mAh. Meski kapasitas baterainya tidak mengalami peningkatan namun dari segi teknologi pengisian cepatnya sudah diupgrade menjadi 80 watt. Sehingga kecepatan dalam mengisi baterai sudah jauh lebih kencang dibanding pendahulunya yang hanya 33 watt saja.

Terbukti saat hp dicas dari kondisi baterai sekitar 1 persen menuju penuh 100 persen hanya membutuhkan waktu sekitar 28 menit saja.

Efisiensi baterainya juga tergolong irit meski kapasitasnya tidak terlalu besar karena mampu bertahan seharian penuh saat dipakai dengan intensitas wajar. Kondisi baterai hp yang awalnya full ketika dipakai bermain game PUBG Mobile selama 2 jam 20 menitan ternyata masih menyisakan baterai sekitar 50 persen.

Penutup

Hp Oppo Reno 5G memang menawarkan upgrade yang cukup pesat di beberapa spesifikasinya seperti desain modern, chipset baru, kamera, dan kecepatan charger yang super ngebut. Dibalik itu semua ada sedikit bagian yang patut dipertanyakan seperti tidak adanya jack audio 3,5 mm, speaker mono, dan juga harga fix yang nantinya akan diumumkan di indonesia.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar