Harga Poco C40, Spek Lengkap & Review

Kabar gembira datang dari brand anak perusahaan Xiaomi yakni Poco yang akan merilis produk terbarunya di kelas entry level. Poco C40 adalah seri yang disebut-sebut segera hadir di Indonesia yang mana seri tersebut sebenarnya sudah lebih dulu dirilis di pasar vietnam. Kemungkinan besar Poco C40 masuk dalam kategori hp termurah dari Poco yang telah dirilis secara global selama ini.

Menjelang peluncuran hp tersebut Poco juga telah mengungkapkan beberapa spesifikasi utama baik melalui website resminya maupun di media sosialnya. Salah satu spesifikasi menarik yang ditawarkan diantaranya baterai berkapasitas besar sebesar 6000 mAh, dan sensor fingerprint yang diletetakkan di belakang.

Sebelum mengincar hp ini ada baiknya Poco fans menyimak pembahasan lebih dalam mengenai spesifikasi dan review lengkap Poco C40 terlebih dahulu.

Harga Poco C40

  • RAM 4 GB/64 GB = Rp 2.099.000

Spesifikasi Lengkap Poco C40

  • CPU = JLQ JR510
  • RAM = 4 GB RAM
  • Memori Internal = 64 GB
  • Kamera depan = 5 MP wide
  • Kamera belakang = 13 MP Wide, 2 MP Depth
  • Baterai = Li-Po 6000 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar = 6,71”
  • Dimensi = 169,6 mm x 76,6 mm x 9,2 mm
  • Berat = 204 gram

Review Lengkap

Tampilan yang diusung bisa dibilang terasa tidak asing lagi karena desainnya tidak jauh berbeda dengan hp Poco pada umumnya. Mengusung konsep back cover yang simple dengan logo atau tulisan Poco ukuran besar yang terpampang jelas di area frame kamera belakangnya.

Bagian kamera belakang poco c40

Dimensi hp Poco C40 memiliki panjang 169,6 mm dengan lebar 76,6 mm dan tebal mencapai 9,2 mm. sementara bobot hpnya sendiri berkisar di angka 204 gram.

Mengenai sensor fingerprint ditempatkan di belakang body tepatnya di dalam frame kamera belakang dengan responsivitas yang lumayan cepat. Uniknya lagi meski menargetkan kelas bawah body hp ini sudah mengantongi sertifikasi IP52 agar tahan terhadap debu maupun cipratan air.

Pilihan warna yang disediakan ada 3 macam antara lain Power black, Coral green, dan POCO Yellow dengan warna frame kamera dibuat hitam pada semua variannya.

Kamera

Untuk urusan kamera memang didesain menggunakan frame persegi panjang berbahan kaca yang lumayan besar di bagian belakangnya.

Terdiri dari 2 buah kamera belakang dengan kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depth yang punya resolusi 2 MP. Sedangkan kamera depannya didesain water drop notch dengan resolusi sebesar 5 MP yang memiliki bukaan f2.2. Hasil fotonya sedikit di luar dugaan karena dari semua segi baik itu warna, kecerahan, saturasi, semuanya terlihat balance.

Hanya satu saja yakni dari sisi detail terasa kurang menendang tapi bisa dibilang tidak ada masalah yang signifikan.

Kualitas video yang dihasilkan baik kamera depan maupun belakangnya sama-sama mendukung perekaman video maksimal di 1080p 30 FPS.

Layar

Spesifikasi layar hp ini mirip-mirip dengan spek hp xiaomi lain yakni Redmi 10C dengan ukuran layar yang luas sebesar 6,71 inchi.

Panel yang digunakan adalah IPS LD dengan dukungan resolusi masih di HD+ saja. Kecepatan layarnya juga cukup standar seperti hp kelas entry level pada umumnya yakni 60Hz. Namun untuk kualitas layar masih bisa diandalkan untuk aktivitas keseharian baik nonton film, browsing, bermain sosmed, dan seterusnya.

Untungnya layar Poco C40 ini sudah diproteksi dengan menggunakan kaca Corning Gorilla Glass agar lebih tahan terhadap goresan maupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Chipset CPU

Bagian yang justru menyita perhatian ada di dapur pacunya karena brand chipset yang diusung kurang begitu familiar terutama di pasar Indonesia. Bukan menggunakan chipset dari brand chipset kawakan seperti Qualcomm, bukan juga keluaran MediaTek, atau Unisoc, atau juga Kirin.

Melainkan menggunakan chipset produsen asal Shanghai, China yakni JLQ Technology tepatnya chipset seri JLQ JR510. Chipset tersebut dirancang dengan fabrikasi 11 nm Octa core yang performanya setara dengan MediaTek Helio G35 atau Qualcomm Snapdragon 450.

Ketika dites menggunakan aplikasi benchmark yaitu Geekbench skor single core yang didapat sekitar 160 an dan 570 an untuk skor multi core. Sementara dalam pengujian performa menggunakan aplikasi benchmark lainnya yakni antutu skornya bisa mencapai di kisaran angka 130 ribuan.

Dari situ dapat dilihat bahwa untuk penggunaan aktivitas yang ringan-ringan cukup bisa diandalkan terkecuali game-game dengan kebutuhan spek tinggi.

Baterai

Satu hal lagi yang membuat hp ini terasa spesial yakni kapasitas baterai besar tidak seperti rata-rata hp kelas entry level lainnya. Berkapasitas 6000 mAh Poco C40 diharapkan mampu menemani penggunanya tanpa harus cemas akan kehabisan baterai. Ketahanan baterai pada hp ini juga cukup mumpuni di mana hp bisa bertahan hingga 2 hari penuh jika digunakan secara wajar.

Jika dalam kondisi baterai full dan dipakai untuk menonton youtube selama 7 jam hp ini mempu menyisakan baterai sekitar 50 persen. Baterai yang besar tersebut telah dilengkapi dengan charger bawaan USB type C dengan kemampuan mengisi daya maksimal hingga 18 Watt.

Penutup

Dibalik harga yang murah untuk hp kelas entry level hampir semua fitur yang ditawarkan hp Poco C40 patut diapresiasi. Baik dari kualitas kamera, baterai 6000 mAh, dan desain luar hp ini cukup menarik perhatian. Hanya saja chipset yang diusung masih terasa asing meskipun performanya tidak begitu mengecewakan.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar