Harga Realme C30, Spesifikasi dan Review

Realme Indonesia baru saja mengumumkan kehadiran hp seri C terbarunya yakni Realme C30 dengan harga yang terjangkau di kisaran 1 jutaan. Meskipun harganya terjangkau namun siapa sangka kalau desain hp ini bakalan keren dan tidak seperti hp entry level pada umumnya.

Memang hp ini lebih dulu dirilis di India saat pertengahan Juni lalu, bedanya di Indonesia tersedia lebih banyak varian warna. Tetapi untuk pilihan RAM-nya Indonesia hanya kebagian satu varian saja yakni 2 GB RAM dengan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Sedangkan di India terdapat 2 varian yakni 2/32 GB dan 3/32 GB.

Selain tampilan luarnya fitur yang disajikan juga tak kalah menarik. Agar lebih jelasnya mari bahas mulai dari harganya.

Harga Realme C30

  • RAM 2 GB/32 GB = Rp 1.449.000

Spesifikasi Lengkap Realme C30

  • CPU = Unisoc T616
  • RAM = 2 GB RAM
  • Memori Internal = 32 GB
  • Kamera depan = 5 MP wide
  • Kamera belakang = 8 MP wide
  • Baterai = Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar = 6,5”
  • Dimensi = 164,1 mm x 75,6 mm x 8,5 mm
  • Berat = 182 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Desain yang dibawakan termasuk unik berbentuk kotak dengan vertical stripe atau garis-garis motif yang menyerupai motif tas koper. Diantara tekstur garis yang nyata tersebut terdapat logo realme emboss di bagian belakang bawah body hp.

Kamera Realme C30

Dimensi Realme C30 mempunyai panjang 164 mm dengan lebar 75,6 dan ketebalan yang hanya 8,5 mm. Untuk beratnya sendiri berada di kisaran 182 gram dengan begitu bisa disebut sebagai hp entry level yang tipis dan ringan.

Tombol volume dan tombol power ditempatkan di sebelah kanan hp dengan feel saat ditekan tidak terlalu clicky. Di sebelah kiri ada SIM tray slot yang mendukung memori eksternal hingga 1 TB. Lalu di bagian bawahnya ada jack audio, lubang mic, port micro USB dan lubang speaker.

Varian warna yang tersedia di Indonesia ada 3 macam meliputi Bamboo Green, Lake Blue, dan Denim Black.

Kamera

Frame kamera belakangnya dibuat datar tidak memiliki motir garis-garis seperti yang ada pada desain body belakangnya dan tepat di bawahnya terdapat tulisan AI Camera. Hanya dilengkapi satu buah lensa wide kamera belakang yang diameternya besar dengan resolusi 8 MP.

Realme kali ini jujur tidak seperti kamera hp entry level lainnya yang punya gimmick kamera lebih padahal hanya ada satu lensa kamera yang digunakan. Sedangkan kamera depannya berjenis water drop notch dengan resolusi 5 MP yang mendukung fitur Face unlock untuk keamanan penggunanya.

Tampilan UI kameranya standar hp realme dengan fitur portrait dan fitur lainnya yang terdiri dari panorama, professional, time lapse, dan Night mode.

Kualitas gambar yang dihasilkan kameranya menghasilkan warna yang pas terutama saat dipakai di outdoor atau kondisi kaya akan cahaya. Untuk kualitas perekaman videonya pada bagian kamera depan support di 720p sementara kamera belakangnya sudah support hingga 1080p.

Layar

Di bagian layarnya berukuran 6,5 inchi dengan screen to body ratio sekitar 88,7 persen menjadikan pengguna merasa lega saat menggunakan hp ini. Berpanel IPS LCD dengan dukungan resolusi HD+ warna yang dihasilkan sudah cukup memuaskan saat dipakai untuk nonton maupun bermain sosmed.

Kecerahan layarnya pun berada di angka 400 nits di mana cukup bisa membantu pengguna saat hp digunakan di cahaya yang terik. Sedikit tambahan saat menggunakan fitur layar seperti dark theme jika diaktifkan maka pinggirian layar akan nampak garis putih tipis dan akan hilang jika dark theme dimatikan.

Hal tersebut wajar ditemukan di hp-hp satu jutaan yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya dari OS yang digunakan.

Chipset CPU

Memakai chipset Unisoc T616 seharusnya performa hp ini kencang apalagi jumlah bloatware bawaan hp tidak begitu banyak. Chipset tersebut berfabrikasi 12 nm yang disinyalir punya kekuatan setara chipset buatan MediaTek yakni Helio G70.

Dipakai game casual tentu tidak masalah, seperti contoh pada game Pokemon Unite settingan defaulnya bisa di Medium-High dengan frame rate 58-60 FPS. Jika dipakai bermain game PUBG Mobile settingan yang didapat bisa sampai di HD-High dan cukup stabil meski tidak ada sensor gyroscope.

Saat diuji performanya menggunakan antutu versi 9 skor yang didapat hp ini mampu mencapai di kisaran 176 ribuan. Lalu ketika dites menggunakan aplikasi geekbench skor single-core yang didapat berada di angka 300 an, dan untuk skor multicore-nya ada di kisaran 780 an.

Baterai

Salah satu aspek yang bisa diunggulkan dari hp ini terletak di bagian baterainya yang berkapasitas besar yakni 5000mAh. Dilengkapi dengan charger bawaan yang masih belum fast charging berdaya 10 watt hp ini masih bisa diandalkan dalam menemani aktivitas harian penggunanya.

Kombinasi chipset yang irit daya serta OS yang dibuat seringan mungkin menjadi racikan yang cocok dengan kapasitas besar baterai hp ini. Digunakan dengan aktivitas sedang hp ini ternyata bisa bertahan hingga 2 harian atau jika pemakaiannya berintensitas lumayan tinggi seperti bermain game bisa tahan seharian penuh.

Sebagai contoh ketika hp digunakan untuk streaming youtube selama 3 jam baterai hp ini hanya berkurang sekitar 19 persen saja.

Penutup

Walaupun realme C30 menonjolkan sisi desain yang stylish dan solid tetapi dari sisi performanya juga sudah termasuk oke untuk harga hp di kelas 1 jutaan. Rencananya realme akan mengeluarkan varian tertingginya setelah merilis varian 2/32GB ini, yakni varian dengan RAM dan penyimpanan internal 4/64 GB.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar