Harga Realme C35

Di awal tahun ini realme baru saja memperkenalkan ponsel seri C terbarunya yaitu realme C35 yang menyasar kelas entry level. Banyak sekali perubahan yang terjadi dibanding realme C31 sebagai seri pendahulunya. Berkisar di rentang harga 2 jutaan ponsel tersebut menawarkan 2 varian dengan RAM sama-sama sebesar 4 GB dan kapasitas penyimpanan internal yang berbeda.

Chipset yang dipakai realme C35 bukan Mediatek ataupun Snapdragon seperti ponsel yang rilis di Indonesia pada umumnya, melainkan menggunakan chipset Unisoc. Apakah terobosan dengan menggunakan chipset tersebut menjadikan hp realme C35 mampu menarik minat masyarakat? Sebelum itu mari simak dahulu harganya.

Harga Realme C35

  • RAM 4 GB/64 GB = Rp 1.599.000
  • RAM 4 GB/128 GB = Rp 2.299.000

Spesifikasi Lengkap Realme C35

  • CPU : Unisoc Tiger T616
  • RAM : 4 GB RAM
  • Memori Internal : 64 GB 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP wide
  • Kamera belakang : Triple Camera 50 MP Wide, 2 MP Macro, 0,2 MP depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,6”
  • Dimensi : 164,4 mm x 75,6 mm x 8,1 mm
  • Berat : 189 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Sekilas tampilan body hp ini terlihat seperti hp brand kelas atas yang viral di kalangan kaum milenial sekarang yaitu Iphone.

Didukung fitur Dynamic Glowing Design dengan bezel kotak bermaterial 2D dan sisi-sisi hp yang dibuat tajam memberi kesan mewah padahal harganya hanya 2 jutaan. Backdoor hp terbuat dari kaca yang mungkin sebagian orang suka tapi tentu akan gampang meninggalkan sidik jari saat dipegang.

Disebut sebagai hp ultra slim dimensi hp ini punya panjang sekitar 164 mm dengan lebar di kisaran 75 mm dan ketebalan hp mencapai 8,1 mm. Beratnya sendiri sekitar 187 gram dengan sensor fingerprint yang berada di sisi kanan hp dan terbilang cukup responsif di kelasnya.

Bagian depan realme c35

Tersedia 2 varian warna yang bisa dipilih oleh pengguna yaitu Glowing Black bagi yang suka warna gelap dan Glowing Green bagi yang suka warna cerah.

Kamera

Inilah salah satu bagian yang membuat orang mengira bahwa hp ini adalah hp Iphone karena letak lensa kamera belakangnya didesain zig zag dipadu dengan frame kamera yang berbentuk kotak.

Terdapat 3 lensa kamera belakang dengan rincian 50 MP lensa wide, 2 MP lensa macro dan 0,3 MP lensa depth. Sementara di bagian kamera depannya mengusung model waterdop dengan resolusi kamera sebesar 8 MP untuk menjawab kebutuhan selfie penggunanya.

Kualitas video yang dihasilkan dari kamera belakangnya mendukung perekaman hingga format 1080p 30FPS. Sedikit berbeda dengan kamera depannya yang hanya bisa merekam video di 720P 30 FPS.

Hasil fotonya sendiri sudah tergolong oke terutama untuk hp 2 jutaan yang sudah punya kamera belakang sebesar 50MP.

Sedikit yang mungkin kurang di bagian kameranya yaitu tidak adanya lensa ultrawide sehingga untuk memotret objek dengan sudut pandang yang luas belum bisa.

Layar

Untuk layarnya secara first impression memang kurang begitu spesial atau bisa dibilang standar sama seperti yang ada di kelasnya.

Memiliki screen to body ratio sekitar 90,7 persen kekuatan cahaya layarnya berada di angka 600 nits yang bisa membantu pengguna saat hp dipakai di bawah terik matahari.

Bezel layar cukup tebal, kecepatan layarnya juga belum 90 Hz tapi sudah menggunakan panel IPS LCD dan support FULL HD+ yang mana hal itu tergolong jarang ditemukan untuk hp di harga 2 jutaan. Dengan spek layar tersebut tentu masih oke jika dipakai untuk nonton film, browsing-browsing, scrolling sosmed, ataupun bermain game.

Chipset CPU

Mengusung chipset buatan tiongkok yaitu Unisoc Tiger T616 yang mungkin menimbulkan pertanyaan bahkan keraguan banyak orang. Tapi jangan khawatir karena dengan fabrikasi 12nm dan didukung dengan CPU octa-core performanya diklaim powerful.

Saat dites menggunakan aplikasi benchmark Antutu versi 9 Realme C35 mampu mendapatkan skor di kisaran 229 ribuan.

Dibuat bermain PUBG Mobile settingan yang didapat bisa sampai HD-High dengan kecepatan rata-rata di 25 FPS. Untuk game-game medium lain seperti Mobile legend dan Apex tentu hp ini sangat bisa dimainkan dengan nyaman. Lain halnya dengan game-game yang berat sebut saja Genshing Impact kemungkinan besar performanya bakal drop.

Baterai

Kapasitas baterai yang diusung hp ini sangat lega berkat 5000 mAh segala aktivitas keseharian mampu dijawabnya, jadi pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai. Meski tergolong punya kapasitas baterai yang besar kecepatan mengecasnya juga sudah didukung dengan teknologi fast charge 18 Watt untuk mempersingkat waktu pengecasan.

Penggunaan baterainya juga termasuk hemat sebagai contoh saat dipakai bermain PUBG selama setengah jam konsumsi baterainya hanya berkurang sekitar 6 persen saja. Jika dipakai main Freefire selama satu jam yang awalnya baterai dalam kondisi penuh menjadi tersisa sekitar 83 persen.

Lama waktu pengecasannya tidak bisa dibilang cepat karena sesuai dengan kapasitasnya hp ini membutuhkan waktu 2 jam lebih untuk mengecas dari nol ke seratus persen.

Penutup

Realme C35 memiliki desain yang keren layaknya Iphone dan punya performa yang tidak kaleng-kaleng, serta kapasitas baterainya juga besar. Meski di beberapa aspek kurang begitu memuaskan seperti kamera yang belum ultrawide, dan kecepatan layar hanya 60Hz, namun untuk hp dengan harga 2 jutaan memang patut dipertimbangkan.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar