Harga Realme Narzo 50 5G, Spesifikasi & Review

Sekitar awal-awal tahun ini realme telah memperkenalkan hp seri Realme Narzo 50 dengan konektivitas yang belum 5G alias masih 4G. Dalam waktu dekat ini Realme nampaknya akan merilis ponsel seri terbarunya yakni Realme Narzo 50 5G. Tak hanya berbeda dari dukungan konektivitas jaringannya saja fitur-fitur yang ada di dalamnya juga pastinya mengalami beberapa perubahan.

Dari mulai upgrade pada bagian chipset yang digunakan, perbedaan dimensi maupun desain body hp, dan bagian-bagian lainnya. Selisih harganya pun bisa diprediksi akan lebih mahal daripada seri sebelumnya.

Info yang didapat berdasarkan pada website resmi indonesia hp ini punya satu varian memori saja. Untuk pembahasan lebih lengkapnya terkait spesifikasi dan review lengkap dari hp Realme Narzo 50 5G tersebut maka mari kita bahas lebih lanjut mulai dari harganya.

Harga Realme Narzo 50 5G

  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 3.399.000

Spesifikasi Lengkap Realme Narzo 50 5G

  • CPU : MediaTek Dimensity 810
  • RAM : 6 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP wide
  • Kamera belakang : 48 MP wide, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,6”
  • Dimensi : 163,8 mm x 75,1 mm x 8,1 mm
  • Berat : 190 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Dilihat dari sisi fisiknya hp ini tampil cukup simple dengan finishing body berbentuk mengotak tapi disudut-sudut hp dibuat tidak lancip atau curve.

Bagian belakang realme narzo 50 5g

Dimensi hpnya ternyata lebih compact daripada seri yang 4G yakni panjangnya sekitar 163,8 mm dengan lebar 75,1 dan ketebalan hp hanya 8,1 mm saja. Begitu juga berat hpnya sedikit lebih ringan yakni menjadi 190 gram sedangkan material masih sama-sama terbuat dari plastik.

Body belakang hp ini terdapat stiker bertuliskan narzo designed by realme atau tepatnya di bagian bawah hp di mana tata letaknya hampir sama dengan seri sebelumnya. Sisi samping body hp ada sensor fingerprint lalu bagian bawahnya terlihat jack hedphone serta port charger USB type C.

Pilihan warna yang tersedia ada 2 macam yakni Hyper blue, dan hyper black dengan masing-masing warna bernuansa matte.

Kamera

Desain kamera belakangnya sekilas nampak sama dengan yang versi 4G karena punya warna frame kamera yang sama-sama hitam.

Tebal kamera bump sedikit lebih tipis dikombinasikan dengan jumlah lensa yang lebih sedikit dari sebelumnya yakni 2 buah lensa kamera belakang. Meski hanya ada dua tapi diameter lensa dibuat lebih besar agar terlihat lebih menonjol dengan rincian 48 MP lensa wide dan 2 MP lensa depth.

Sedangkan kamera depannya berbentuk waterdrop dengan resolusi sebesar 8 MP. Jumlah resolusi yang sedikit lebih kecil dari seri sebelumnya yakni 16MP.

Untuk hasil gambarnya sendiri masih terbilang sangat memuaskan di kelasnya dengan hasil foto yang tajam baik di cahaya yang terang maupun malam hari.

Kualitas video yang dihasilkan baik kamera depan maupun kamera belakangnya sama-sama bisa merekam dalam format 1080p 30fps

Layar

Dari sisi layarnya meski sudah 5G namun realme masih setia dengan luas layar 6,6 inci dan panel layar IPS LCD. Satu hal yang sedikit disayangkan yakni di bagian kecepatan refresh ratenya karena mengalami downgrade dibanding seri yang 4G dari 120 hz menjadi 90 hz saja.

Walau kecepatan refresh rate hanya 90 hz namun untuk penggunaan seperti menonton, main sosmed, ataupun bermain game masih terbilang cukup nyaman. Di sisi lain realme narzo 50 5G memiliki tingkat kecerahan layar yang lebih unggul karena mencapai 600 nits dan prosentase rasio layar hp di angka 85,3%.

Sisanya untuk spesifikasi layar terbilang masih sama baik resolusi yang dihasilkan yang sama-sama sudah FHD+ maupun kerapatan piksel yang sudah 400 ppi.

Chipset CPU

Salah satu bagian yang mengalami peningkatan adalah di bagian chipsetnya karena sudah menggunakan chipset MediaTek Dimensity 810. Jelas dari sisi performa lebih unggul daripada seri terbarunya karena fabrikasi chipsetnya dibuat lebih kecil yakni 6nm dibanding 12nm.

Teknologi ekspansi RAM hingga 5 GB yang diaplikasikan di hp ini menjadikan pengguna lebih lega sehingga total RAM yang bisa dinikmati sebesar 11 GB. Jika dipakai bermain game ringan-ringan seperti mobile legend hasilnya lancar tidak ada masalah yang signifikan.

Lanjut ke game yang lebih berat lagi seperti PUBG settingan yang bisa didapatkan dengan menggunakan hp ini yakni di HD High. Saran bagi yang suka game berat settingan grafiknya sebaiknya sedikit diturunkan agar mendapatkan performa yang lebih lancar.

Skor benchmark hp ini jika di geekbench mendapatkan skor single core sekitar 600, dan multi core di kisaran 1800 an. Saat diukur menggunakan aplikasi benchmark berikutnya yakni antutu skor yang didapat berada di kisaran 348 ribuan.

Baterai

Bagian yang tidak banyak mengalami perubahan adalah dari sisi baterainya karena sama-sama punya kapasitas 5000 mAh. Begitu juga dukungan pengecasannya atau fitur Dart Charge yang support charger dengan daya sebesar 33 watt.

Baterai yang besar dikombinasikan dengan fitur dart charge 33 watt jelas membuat penggunanya semakin betah berlama-lama mengoperasikan hp ini. Lama mengecasnya terbilang cukup cepat karena bisa mengecas dari nol persen ke 50 persen hanya dalam waktu 30 menit saja. Total durasi yang dibutuhkan untuk mengecas hp dari 1 persen menuju ke seratus persen membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih sedikit.

Penutup

Bagi pengguna yang ingin mencari hp 5G di kelas menengah maka Realme Narzo 50 5G ini bisa jadi opsi utama dengan desain compact serta performa yang kencang. Hanya saja kualitas layarnya tidak sekencang varian yang 4G dan jumlah lensa kamera yang dipangkas seolah-olah memperlihatkan bahwa hp ini difokuskan untuk mengejar performa.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar