Realme Narzo 50A Prime: Harga, Spesifikasi Lengkap & Review

Tahun ini realme banyak mengeluarkan hp-hp seri terbarunya termasuk seri narzo yang dijual secara online. Salah satu seri narzo yang tidak lama ini dikeluarkan oleh realme adalah Realme Narzo 50a Prime. Seri tersebut bisa dibilang seri narzo yang paling rendah untuk saat ini yang telah dirilis oleh realme.

Meski yang paling rendah tapi apa yang dibawakan oleh hp ini tentunya tetap menarik untuk dibahas lebih dalam lagi. Bagaimana tidak hp ini mengadopsi chipset buatan Unisoc yang jarang ditemui di hp-hp rivalnya di indonesia. Apalagi seri narzo keluaran realme terkenal akan kualitas dan spek yang ditawarkan.

Apakah dengan menggunakan chipset unisoc hp ini mampu menarik perhatian masyarakat?

Harga Realme 50a Prime

  • RAM 4 GB/64 GB = Rp 1.749.000
  • RAM 4 GB/128 GB = Rp 1.949.000

Spesifikasi Lengkap Realme 50a Prime

  • CPU : Unisoc Tiger T612
  • RAM : 4 GB RAM
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP wide
  • Kamera belakang : 50 MP wide, 2 MP Macro, 0,3 Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,6”
  • Dimensi : 164,4 mm x 75,6 mm x 8,1 mm
  • Berat : 189 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Dilihat dari desainnya memang tidak bisa bohong, untuk hp kelas entry level realme 50a prime punya tampilan yang kelihatan mewah seperti layaknya hp di harga 4 hingga 5 jutaan.

Material body terbuat dari bahan plastik tapi dibuat menyerupai kaca dengan finishing glossy yang rawan meninggalkan bekas sidik jari.

Tampak belakang realme narzo 50a prime

Desainnya terasa bertambah mewah berkat bentuk kotak yang mulai dipakai realme di hp kelas entry levelnya seperti halnya desain pada C35 realme. Dimensi panjang hpnya sekitar 164,4 mm dengan lebar 75,6 mm dan ketebalan hp yang hanya 8,1 mm. Ditambah berat hp yang hanya berkisar 189 gram saja menjadikan hp ini nyaman digenggam.

Tata letak sensor fingerprintnya berada di sisi kanan body dan didesain cekung untuk memudahkan pengguna saat memakai fitur fingerprint. Warna yang disediakan ada dua macam yakni Flash Black, dan Flash Blue dengan tekstur Kevlar khas seri narzo 50.

Seperti biasa ada tulisan narzo di bagian belakang body hp dan satu lagi di hp ini tepatnya di sebelah kamera belakang terdapat tulisan Matrix AI Camera.

Kamera

Pada bagian kamera belakangnya didesain berbentuk kotak bewarna hitam dengan pinggiran yang dilapisi warna chrome untuk menonjolkan sisi kameranya.

Di dalamnya terdapat sistem 3 kamera yang mirip seperti realme 9 Pro dengan resolusi 50 MP lensa wide, 2 MP lensa Macro, dan 0,3 Depth sensor depth.

Sedangkan kamera depannya didesain water notch drop yang kelihatan lumayan jadul dengan resolusi kameranya sebesar 8 MP.

Buat standar hp 2 jutaan hasil fotonya lumayan oke meski masih ada yang lebih bagus lagi di harga yang sama.

Dalam keadaan low light hasilnya masih kelihatan oke apalagi jika dipakai di kondisi cahaya yang terang hasilnya cukup standar sesuai dengan harganya.

Lalu untuk perekaman videonya di kamera belakang mendukung 1080p 30 fps dengan fitur ala kadarnya, sedangkan di kamera depannya hanya bisa di 720 30fps saja.

Layar

Dari segi layar hp ini punya ukuran yang cukup besar yakni 6,6 inci dengan menggunakan panel IPS LCD. Kecerahan layarnya di angka 600 nits dan sudah FULL HD+ menjadikan hp ini punya kualitas warna layar yang bagus.

Kualitas layar yang dihasilkan tidak mengecewakan walau dibuat nonton, bermain game, warnanya sudah cukup memanjakan mata pengguna. Kecepatan refresh rate layar hp ini berada di angka 60 Hz, tapi untuk hp dengan rentang harga segitu masih terbilang wajar.

Chipset CPU

Dibekali dengan chipset Unisoc Tiger T612 hp ini punya karakter yang terbilang unik daripada hp yang lainnya. Buat pemakaian harian seperti chatting, main sosmed, foto-foto, dan aplikasi ringan lainnya tentu lancar-lancar saja.

Sementara jika dipakai bermain game seperti Mobile Legend hp ini sudah termasuk yang tercepat di kelasnya karena settingan maksimalnya bisa sampai High FPS. Lalu untuk game seperti PUBG Mobile settingan yang didapat bisa di Smooth-High 30fps dan hasilnya cukup stabil.

Dicoba main genshin impact juga playable dengan rata-rata fps di 20 hingga 30 an fps. Pengalaman yang jarang ditemui karena bisa memainkan Genshin Impact di hp 2 jutaan.

Saat dites menggunakan aplikasi antutu hp Realme Narzo 50a Prime mampu mencatatkan angka di kisaran 200 ribuan.

Baterai

Di bagian baterainya realme narzo 50a prime dibekali dengan daya yang sama seperti saudara-saudaranya yakni sebesar 5000mAh. Daya tahan baterainya juga tergolong cukup oke ditambah dengan fitur fast charging 18 Watt yang mampu mempersingkat waktu pengecasan.

Sayangnya pengguna tidak akan mendapatkan kepala charger di paket pembelian melainkan hanya mendapatkan kabel data saja.

Dipakai untuk bermain game selama 20 menitan konsumsi dayanya tergolong irit karena baterai hanya berkurang sekitar 6 persen saja.

Konsumsi daya jika dipakai aktivitas foto-foto dengan waktu yang sama yakni 20 menitan juga berkurang sekitar 4 hingga 6 persen.

Penutup

Dengan harga 2 jutaan pengguna bisa menemukan berbagai keunggulan di hp Realme Narzo 50a Prime seperti desain yang elegan, baterai besar, kualitas layar yang mantap, dan performa yang maksimal. Perlu digaris bawahi bahwa pengguna harus menyediakan kepala charger secara terpisah untuk mengecas hp ini karena di paket pembelian tidak disertakan.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar