Harga Realme Narzo 50i Prime, Spesifikasi dan Review

Demi menekan biaya operasional yang tidak sedikit Realme memproduksi hp varian Narzo yang penjualannya dilakukan secara online. Strategi ini ternyata sudah diterapkan oleh realme sejak 2020, dan hingga saat ini beberapa varian Narzo telah dirilis termasuk yang paling baru yakni Realme Narzo 50i Prime.

Seperti pada hp-hp realme varian Narzo yang lain hp ini juga menyasar kelas entry level di harga 1 jutaan. Realme Narzo 50i Prime ternyata rilis bebarengan dengan tablet pertama keluaran dari realme yaitu Realme Pad Mini pada bulan Agustus ini.

Menurut klaim realme hp ini adalah hp gaming terbaik di kelasnya dengan menyajikan spesifikasi yang menarik. Apakah betul demikian? Nah untuk mengetahuinya maka kita bahas terlebih dahulu harganya.

Harga Realme Narzo 50i Prime

  • RAM 3 GB/32 GB = Rp 1.399.000
  • RAM 4 GB/64 GB = Rp 1.699.000

Spesifikasi Lengkap Realme Narzo 50i Prime

  • CPU = Unisoc Tiger T612
  • RAM = 3 GB RAM, 4 GB RAM
  • Memori Internal = 32 GB, 64 GB
  • Kamera depan = 5 MP wide
  • Kamera belakang = 8 MP
  • Baterai = Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar = 6,5”
  • Dimensi = 164,1 mm x 75,6 mm x 8,5 mm
  • Berat = 182 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Kamera belakang realme narzo 50i prime

Meskipun kelasnya entry level tapi desain luar dari Realme Narzo 50i Prime tidak biasa. Desain pada body belakangnya lebih berkarakter dibanding dengan hp realme narzo sebelum-sebelumnya.

Garis-garis halus yang menjulang vertikal di bagian body belakangnya memiliki pola diagonal menyilang yang khas jika terkena pantulan cahaya. Framenya berbentuk flat dengan sedikit mengotak dan sudut-sudut hpnya melengkung tapi tetap menampilkan kesan yang solid. Feeling saat memegang hp terbilang nyaman dengan bobot yang hanya 182 gram saja. Sementara untuk panjang hpnya sendiri berukuran 164.1 mm, lebar 75,6 mm, dan tebal di 8,5 mm.

Ada jack audio 3,5 mm dan SIM tray slot yang sudah support memori eksternal hingga 1 TB. Namun untuk port charging masih menggunakan micro USB.

Tersedia dalam dua varian warna dengan finishing metallic yang bisa dipilih penggunanya yakni Dark blue, dan Mint Green.

Kamera

Frame pada lensa kameranya belakangnya didesain melebar dan hampir menutupi 1/3 body belakangnya seperti frame hp Poco M3.

Kali ini Realme berani tampil apa adanya tanpa kamera gimmick alias hanya kamera ada utama saja sebanyak satu buah lensa yang resolusinya 8 MP. Pindah ke kamera depan desainnya waterdrop notch dengan resolusi sebesar 5 MP yang cukup untuk kebutuhan selfie ria. Kamera depannya juga sudah mendukung fitur Face Unlock sebagai keamanan karena tidak ada fitur fingerprint di hp ini.

Hasil fotonya standar dengan beberapa fitur kamera yang bisa dimaksimalkan penggunanya seperti Panorama, Time lapse, maupun Night mode.

Kemampuan perekaman video hp ini bisa diset hingga Full HD 30 FPS untuk kamera belakang dan untuk kamera depan hanya bisa di HD 30 Fps saja.

Layar

Tampilan layarnya terlihat cukup luas berukuran 6,5 inch sama seperti layar hp realme C30 yang juga dirilis baru-baru ini. Panel yang digunakan adalah IPS LCD dengan resolusi HD+ berbekal kecerahan layar 400 nits sehingga cukup mumpuni saat dipakai di cahaya yang terang atau di siang hari. Ditambah lagi kerapatan pikselnya ada di 270 ppi, jadi masih oke jika digunakan untuk menonton film hingga bermain game.

Nampak bezel layar terlihat tebal baik di samping kanan dan kiri hp terutama di bagian bawah layar agak lebih menonjol.

Chipset CPU

Dari segi dapur pacu hp Realme Narzo 50i Prime menggunakan chipset yang sama dengan Realme C30 dan C31 yakni UniSoc T612. Bedanya hp ini memasangkan varian RAM yang lebih besar antara lain RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, dan RAM 4GB dengan penyimpanan internal 64 GB.

Disokong dengan Andorid versi 11 dan menggunakan Realme UI R Edition atau versi ringan dari Realme UI. Dalam pengujian performa menggunakan aplikasi antutu benchmark hp ini bisa dapat skor di kisaran 200 ribuan.

Saat dipakai main game seperti PUBG Mobile settingan bawaannya ada di Balanced-Medium dan bisa dipaksa diset hingga di HD-High atau Smooth-High.

Sayangnya hp ini tidak memiliki fitur Gyrocsope baik hardware maupun software yang bagi sebagian pengguna dirasa penting.

Baterai

Mengemas baterai berkapasitas besar yakni 5000 mAh yang mana sudah mulai dianggap biasa saja untuk hp keluaran terkini. Tapi ketahanan daya yang dimiliki memang terbukti sangat panjang, ditambah lagi ada fitur Mode Ultra Hemat atau Ultra Saving Mode yang bisa membuat hp semakin irit. Sehingga saat baterai tinggal 5 persen pengguna masih bisa menggunakan wa selama 1,5 jam, telepon selama 2,3 jam, dan mendengarkan musik di spotify hingga 4,1 jam.

Sayangnya tidak ada fitur fast charging di hp ini karena adaptor charge yang didukung maksimal hanya mentok di 10 Watt. Jadinya proses pengecasan memakan waktu yang tidak sebentar yakni dari kondisi baterai yang awalnya nol persen menuju penuh bisa sampai 3 jam.

Di dalam box pembelian juga tidak disertakan kepala charger melainkan hanya menyertakan kabel micro USB saja.

Penutup

Bagi yang ingin memiliki hp yang bisa dipakai gaming tapi budget mepet maka Realme Narzo 50i Prime bisa jadi salah satu piihan. Selain performa chipsetnya kapasitas baterai yang dipasangkan juga mampu memenuhi kebutuhan harian penggunanya apalagi desain hp sudah layak disejajarkan dengan hp-hp kekinian.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar