Harga Realme Pad Mini, Spek Lengkap dan Review

Pabrikan realme sekarang tidak hanya sekedar fokus untuk memproduksi hp saja melainkan juga mulai terjun ke dunia PC tablet. Sejak tahun lalu realme sudah memperkenalkan PC tablet pertamanya yang dikenal dengan Realme Pad. Belum sampai satu tahun dirilis Realme Pad kembali hadir dengan versi terbarunya yakni Realme Pad Mini.

Seperti namanya Realme Pad Mini muncul sebagai varian dengan bentuk yang lebih minimal tapi tetap menyajikan fitur dan spesifikasi yang menarik. Seperti baterai yang besar, chipset baru, desain fresh, dan beberapa aspek menarik lainnya.

Kabarnya tablet terbaru keluaran realme tersebut tidak lama lagi akan hadir untuk meramaikan pasar tablet di indonesia. Agar tidak penasaran maka mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Realme Pad Mini

  • RAM 3 GB/32 GB = Rp 2.699.000
  • RAM 4 GB/64 GB = Rp 3.299.000

Spesifikasi Lengkap Realme Pad Mini

  • CPU = Unisoc Tiger T616
  • RAM = 3 GB RAM, 4 GB RAM
  • Memori Internal = 32 GB, 64 GB
  • Kamera depan = 5 MP wide
  • Kamera belakang = 8 MP
  • Baterai = Li-Po 6400 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar = 8,7”
  • Dimensi = 211,8 mm x 124,5 mm x 7,6 mm
  • Berat = 372 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Secara mengejutkan Realme pad mini tampil dengan desain premium berbentuk mengotak dan lebih compact dibanding seri regulernya. Terdapat dua garis horizontal yang membelah di sisi atas dan di sisi bawa body belakang tablet ini menambah kesan aestetik.

Tampilan depan realme pad mini

Ukuran tablet Realme pad mini memiliki panjang 211,8 mm dengan lebar 124,5 mm dan tebal 7,6 mm. Meski kecil namun dari ketebalannya memang mengalami penambahan dibanding seri regulernya. Dibuat dari bahan metal yang nampak terlihat berat namun faktanya berat tablet ini hanya berbobot 372 gram saja.

Body belakangnya terdapat tulisan realme dan halus saat digeggam berkat finishing matte yang juga berfungsi untuk mencegah adanya bekas sidik jari. Ada jack audio di bagian bawah body, Port USB type C, speaker stereo, dan tak lupa slot SIM yang dikombinasikan dengan slot micro SD untuk menambah kapasitas internal jika dirasa kurang.

Tersedia dua macam warna yang bisa dipilih penggunanya yakni warna Gray dan Blue yang sama-sama bernuansa matte.

Kamera

Perubahan tampilan salah satunya ada pada frame kamera belakangnya di mana bulatan lensa dibuat lebih besar dan memiliki frame persegi yang mengelilingi lensa kameranya. Meski begitu besaran resolusi kamera belakangnya masih sama dengan varian regulernya yakni sama-sama beresolusi 8 MP lengkap dengan LED flash.

Berbeda halnya dengan kamera belakang untuk kamera depan resolusinya mengalami penurunan dari 8 MP menjadi 5 MP. Sejauh mata memandang hasil fotonya cukup bagus terutama dari sisi dynamic range yang luas, dan balance saat dipakai di cahaya yang terang. Sayangnya ketika dipakai di kondisi minim cahaya hasil fotonya berbanding terbalik baik dari detail yang kurang dan ada sedikit blur.

Mengenai kualitas perekamannya tablet ini hanya mampu merekam format 1080p di 30 FPS saja tanpa dilengkapi fitur penstabil gambar.

Layar

Hadir dengan ukuran layar lebih kecil dibanding varian regulernya yakni 8,7 inchi Realme Pad mini masih tetap menawarkan layar yang nyaman bagi penggunanya. Menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi layar sebesar 1340×800 piksel serta mempunyai kerapatan piksel di angka 179 ppi,

Spesifikasi tersebut membuat pengalaman visual pengguna sudah cukup terpuaskan khususnya untuk pemakaian harian. Bezel layar di sisi samping kanan kirinya sudah dipangkas menjadi lebih tipis sementara untuk bezel atas dan bawah masih terlihat menonjol.

Hal itu bertujuan untuk membantu mempertegas penggunaan layar ketika dalam mode landscape baik untuk menonton video maupun bermain game.

Chipset CPU

Dari segi mesin tablet ini menggunakan chipset yang tidak sama dengan varian regulernya yakni Unisoc Tiger T616. Sebenarnya chipset ini cukup bagus untuk penggunaan harian seperti browsing, multitasking, dan bermain sosmed.

Namun jangan berharap lebih terhadap performanya terutama bagi para gamers yang menuntut performa maksimal. Memang beberapa game masih bisa dihandle dengan baik khususnya game-game yang ringan hingga sedang. Contoh ketika dibuat main game seperti Mobile Legends tablet ini cukup bisa menghandle settingan tertingginya.

Lalu untuk game PUBG Mobile settingan yang bisa didapat bisa di Smooth High dengan fps rata-rata di 30FPS.

Overall performanya bisa diukur dengan menggunakan aplikasi benchmark antutu di mana skor yang didapatkan ada di kisaran 200 ribuan.

Baterai

Tenaga dari realme pad mini sedikit diturunkan dibanding varian regulernya yang menggunakan baterai 7100 mAh menjadi 6400 mAh. Wajar saja karena ukuran tablet lebih diperkecil dan bobotnya yang ringan namun tetap bisa diandalkan untuk menopang aktivitas harian.

Dalam pengujian menggunakan aplikasi bencmark baterai PC Marks tablet ini mampu bertahan hidup selama 16 jam. Saat dipakai bermain game PUBG Mobile selama sekitar 10 menit konsumsi daya baterainya hanya berkurang sekitar 6 persen.

Teblet ini dilengkapi dengan charger USB type C dan untuk kecepatan casnya masih sama-sama cepat yakni sebesar 18 Watt. Dengan demikian untuk durasi pengecasan baterai dari nol persen menuju ke 100 persen membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Penutup

Realme Pad mini sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan tablet dengan harga terjangkau, desain elegan, dan compact untuk kebutuhan sehari-hari. Performa chipsetnya tentu terbatas terutama saat digunakan untuk aktivitas berat seperti bermain game-game berat. Namun untuk pemakaian wajar seperti multitasking tidak usah diragukan lagi.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar