Harga Redmi 10a

Selang jarak satu bulanan sejak xiaomi merilis redmi 10c dengan harga yang murah xiaomi kembali meluncurkan seri penerusnya yakni redmi 10a dengan harga yang lebih murah. Dibuat di indonesia hp ini menawarkan garansi lebih lama dibandingkan dengan hp kompetitor lain yakni selama 15 bulan untuk penggantiaan unit dan baterai bawaan.

Hal itu menunjukkan bahwa xiaomi yakin akan kualitas produknya dan terbukti berani pasang badan untuk menawarkan garansi yang panjang. Menyasar kelas bawah dan punya selisih harga yang tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya tidak membuat hp ini serta merta memangkas semua fitur-fiturnya.

Bagaimanapun juga seri baru dengan lama pasti dibuat berbeda di beberapa bagian. Agar lebih jelasnya mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Xiaomi Redmi 10a

  • RAM 3 GB/32 GB = Rp 1.499.000
  • RAM 3 GB/64 GB = Rp 1.599.000

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 10a

  • CPU : MediaTek Helio G25
  • RAM : 3 GB RAM
  • Memori Internal : 32 GB, 64 GB
  • Kamera depan : 5 MP wide
  • Kamera belakang : 13 MP wide, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,53”
  • Dimensi : 164,9 mm x 77,1 mm x 9 mm
  • Berat : 194 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Secara desain memang redmi 10a terlihat tidak terlalu fokus pada tampilan luar melainkan fokus ke arah ketahanan atau durability yang kelihatan cukup solid.

Feel yang dirasakan saat memegang body hp terasa nyaman seperti halnya hp kelas menengah sebut saja redmi 10 dengan tekstur garis-garis kecil dibelakangnya.

Tampilan belakang redmi 10a

Dibagian belakangnya terdapat sensor fingerprint dan tidak jauh dari situ ada logo redmi kecil tepat di sebelah lensa kamera seperti halnya desain pada redmi 10c.

Dimensi hp ini punya panjang sekitar 164,9 mm dengan lebar 77,1 mm dan tebal yang mencapai 9 mm. Untuk beratnya sendiri sekitar 194 gram. Finishing pada bagian kanan kirinya didesain dengan bentuk 3D yang terlihat solid bukan berbentuk persegi.

Di body atas hp sudah ada jack audio dan dilengkapi juga sim tray slot serta micro SD bagi pengguna yang ingin menambah kapasitas penyimapanan hpnya. Pilihan warna yang bisa dipilih pengguna terdiri dari 3 macam warna antara lain Sky Blue, Chrome Silver, dan Graphic Gray.

Kamera

Desain kameranya identik dengan redmi 10c atau hp-hp poco dengan frame kamera dibalut warna hitam yang lumayan besar.

Jika dilihat di bagian kamera belakangnya lensa kameranya seolah-olah ada 4 buah lensa tapi nyatanya hanya ada 2 buah lensa saja.

Masing masing lensa kamera belakangnya punya resolusi 13 MP sebagai lensa utama dan 2 MP sebagai sensor depth. Sedangkan kamera depannya didesain dengan bentuk waterdrop dengan resolusi kamera sebesar 5 MP.

Buat hasil fotonya bisa dibilang sudah bagus untuk hp direntang harga 1 jutaan. Output warnanya tidak pucat dengan catatan saat mengambil foto harus sedikit bersabar agar hasil foto tidak blur.

Baik kamera depan maupun kamera belakangnya mampu merekam video dengan format 1080 piksel di 30fps.

Layar

Pengguna yang sudah terbiasa menggunakan layar hp kelas menengah ke atas pasti sedikit kaget saat pertama kali menatap layar hp ini. Wajar saja karena hp ini adalah hp basic dengan layar yang masih menggunakan panel IPS LCD dengan luas layar 6,53 inch.

Kualitas layar yang dihasilkan masih cukup oke jika dibuat untuk bermain sosmed berkat dukungan format HD plus atau 720 x 1600 piksel.

Tingkat kecerahan layarnya sendiri berada di angka 400 nits dan jika coba diterapkan warna layarnya masih cukup normal tidak begitu pudar atau memutih.

Chipset CPU

Dibekali dengan chipset dari mediatek yakni Helio G25 chipset ini sendiri adalah chipset yang umurnya sudah cukup lama karena sering dipakai di hp-hp keluaran tahun 2020 hingga 2021. Namun untuk saat ini performa chipset tersebut sebenarnya masih cukup oke jika dipakai untuk penggunaan yang tidak berat di aktifitas harian.

Kalau dilihat dari performa dalam bentuk angka seperti saat dites menggunakan aplikasi antutu skor yang didapat bisa mencapai 103 ribuan. Skor tersebut ternyata masih lebih kencang 10 hingga 15 persen daripada Helio A22 yang ada kompetitornya yakni di Infinix Hot12i.

Dipakai bermain game seperti Subway Surfer tergolong lancar bisa dapat 60fps meski sesekali menyentuh angka 50fps. Sementara untuk game mobile legend overall lancar tapi terkadang masih ada freeze tapi tidak terlalu sering.

Baterai

Dari sisi baterainya inlah merupakan salah satu bagian yang diunggulkan hp ini karena punya baterai berkapasitas 5000mah. Kapasitas baterai yang besar tersebut mendukung kecepatan charger 10 Watt yang diterapkan pada charger bawaan hp dalam box pembelian.

Menggunakan baterai besar tentu membuat konsumsi dayanya bisa dikatakan hampir sama dengan hp redmi 10c maupun kompetitor-kompetitor lain yang punya kapasitas baterai selevel.

Tidak seperti seri pendahulunya yakni redmi 10c yang port charger-nya sudah menggunakan USB type C pada hp ini portnya masih menggunakan micro USB.

Simak juga: HP Xiaomi Terbaru.

Penutup

Xiaomi redmi 10a adalah wujud terbaru dari seri pendahulunya termasuk xiaomi redmi 9a yang dirilis tahun lalu dengan berbagai upgrade di bagian desain maupun software. Hanya bermodalkan uang 1 jutaan pengguna sudah bisa memiliki hp dengan garansi yang lebih lama, dan fitur basic hp kekinian dengan kapasitas baterai yang besar untuk menjawab kebutuhan harian.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar