Harga ROG Phone 6, Spesifikasi dan Review

Tiap tahun Asus pasti mengeluarkan hp flagship andalannya yakni Asus Rog Phone yang selalu ditunggu-tunggu penggemar setianya. Setelah tahun lalu sukses meluncurkan Asus Rog Phone 5 sekarang Asus kembali merilis varian terbarunya yakni Asus Rog Phone 6. Ini adalah varian Rog 6 yang biasa karena masih ada satu lagi varian yang paling tinggi yakni Asus Rog Phone 6 Pro.

Perbedaan keduanya tidak terlalu signifikan karena hanya berbeda dari segi kapasitas RAM, desain luar hp, dan pilihan warna yang tersedia. Selebihnya hampir sama seperti sama-sama menggunakan chipset Snapdragon yang paling baru, baterai berkapasitas 6000 mAh, dan layar ngebut.

Jadi makin penasaran bukan? Oleh karena itu mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Rog Phone 6

  • RAM 12 GB/256 GB = Rp 14.799.000
  • RAM 16 GB/512 GB = Rp 16.999.000

Spesifikasi Lengkap Rog Phone 6

  • CPU : Snapdragon 8+ Gen 1
  • RAM : 12 GB RAM, 16 GB RAM
  • Memori Internal : 256 GB, 512 GB
  • Kamera depan : 12 MP wide
  • Kamera belakang : 50 MP Wide, 13 MP Ultrawide, 5 MP Macro
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh
  • Jaringan : GSM / CDMA / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,78”
  • Dimensi : 173 mm x 77 mm x 10,3 mm
  • Berat : 239 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Kesan pertama saat melihat tampilan luar hp ini memang mengesankan dan nampaknya asus masih mempertahankan sebagaian besar desain yang ada pada seri pendahulunya. Khususnya pada bagian seperti penempatan kamera belakangnya yang masih sama, posisi ventilasi udara, dan adanya lampu-lampu RGB khas hp Asus ROG.

Bagian belakang rog phone 6

Bahan frame terbuat dari alumunium dengan body belakang menggunakan kaca Corning Gorilla Glass 3 sehingga terkesan mewah.

Dimensi hp ini juga mirip-mirip dengan seri sebelumnya yang panjangnya 173 mm, dengan lebar 77 mm, dan tebal 10,3 mm. Begitu juga dari segi bobotnya yang berada di angka 239 gram. Lumayan terasa berat saat digenggam apalagi yang tidak biasa memegang hp-hp berat, dan lebih tebal dibanding rata-rata hp flagship pada umumnya.

Detailnya lebih fresh dengan pola garis-garis dan tulisan-tulisan diantaranya DARE TO PLAY pada bagian body belakangnya serta logo ROG yang kali ini lebih kecil. Bagi yang biasa menggunakan tombol L1, L2 seperti pada joystick ketika bermain game terdapat tombol yang serupa tapi tak sama tepatnya ada di samping body hp dengan istilah AirTriggers.

Body hp Asus Rog Phone 6 sudah lolos uji sertifikasi IPX4 sehingga tahan terhadap cipratan air dari segala arah. Warna yang tersedia untuk varian ini ada 2 macam yakni Phantom Black, dan Storm White. Lebih banyak dibanding dengan varian Pro yang hanya satu macam warna saja.

Kamera

Susunan kamera belakangnya sekilas terlihat sama seperti susunan kamera belakang seri sebelumnya, hanya saja framenya kali ini didesain sedikit lebih besar. Terpasang 3 buah lensa pada kamera belakangnya dengan 50 MP lensa Wide, 13 MP lensa Ultrawide, dan 5 MP lensa Macro. Demikian juga dengan posisi kamera depannya yang berada di kanan atas sama seperti pendahulunya. Tapi kali ini resolusinya dipangkas sehingga menjadi 12 MP saja.

Hasil foto kamera belakangnya kaya akan warna, ketajamannya juga oke, dengan dynamic range yang bagus meskipun di cahaya yang minim. Sedangkan kamera depannya overall bagus meski sedikit ada penurunan ketajaman dan noise terutama saat dipakai selfie di kondisi yang minim cahaya.

Mengenai kualitas videonya untuk kamera belakang bisa merekam hingga 8K di 24 FPS. Sementara kamera depan hanya mendukung di 1080p di 30 FPS saja.

Kamera belakangnya sudah dilengkapi dengan fitur Image Stabilization untuk menstabilkan gambar saat merekam meskipun di format tertingginya yaitu 8K.

Layar

Masuk dalam kategori hp gaming pastinya hp ini punya bentang layar yang cukup luas yakni 6,78 inchi dengan menggunakan panel AMOLED beresolusi 1080 x 2448 piksel. Kecepatan layarnya bahkan lebih dari hp-hp flagship atau hp gaming yang ada di pasaran. Bukan hanya 60 Hz, bukan juga 120 Hz, ataupun 144 Hz melainkan sudah mendukung refresh rate 165 Hz.

Layar 165 Hz tersebut akan memberikan efek yang signifikan pada penggunanya terutama saat digunakan bermain game-game yang menuntut kecepatan. Dukungan HDR 10+ dengan kecerahan layar hingga 1200 nits dan kerapatan piskel mencapai 395 ppi membuat tampilan layar hp ini nampak memuaskan.

Tak lupa layarnya juga sudah menggunakan Corning Gorilla Glass terbaru yakni Corning Gorilla Glass Victus untuk memberikan perlindungan layar secara maksimal.

Chipset CPU

Hp rog phone 6 dibekali dengan mesin snapdragon yang terbaru dan terkencang saat ini yakni Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset tersebut potensi performanya bisa lebih didongkrak lagi berkat adanya aplikasi bawaan Asus ROG phone yakni X Mode dan Armory Crate.

Lewat aplikasi ini pengguna bisa melihat bermacam-macam tool gaming termasuk mengatur sistem pencahayaan pada bagian body belakang hp.

Ketika diuji menggunakan aplikasi benchmark antutu skor yang didapat hp ini berhasil menyentuh angka di 1 juta 100 ribuan.

Dibuat main game-game standar hingga berat tentu bisa dilibas contohnya seperti game Call of Duty Mobile dan Apex Legends hp ini bisa diset rata kanan. Dicoba bermain game Genshin Impact dengan settingan High juga tidak ada masalah. Gameplay sangat stabil, bisa dapat FPS di kisaran 59,5 hingga 60 FPS, dan hampir tidak ada drop.

Baterai

Salah satu bagian yang masih dipertahankan ada di bagian baterainya yang berkapasitas besar yakni 6000 mAh. Konsumsi dayanya tergolong tak luput dari peranan penting chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipasangkan di hp ini.

Penggunaan wajar untuk aktivitas ringan seperti browsing, dan bermain sosmed bisa bertahan hingga 1 hari lebih bahkan 2 hari tanpa khawatir kehabisan baterai. Saat dipakai bermain game berat seperti Genshin Impact selama setengah jam baterainya hanya berkurang sekitar 15 persen.

Di dalam box pembelian terselip charger 65 Watt serta kabel data USB Type C to Type C yang diklaim mampu mengecas baterai dari 0 ke seratus persen hanya dalam waktu 40 menitan saja.

Bisa juga dipakai untuk mengecas gadget lain lewat fitur Reverse charging 10 Watt, dan sudah mendukung Power Delivery 3.0.

Penutup

Dibanding seri sebelumnya yang rilis di tahun lalu rog phone 6 rasa-rasanya tidak membawa perubahan yang signifikan terutama dari segi bentuk dan desain. Memang di bagian-bagian vital seperti chipset, dan refresh rate layarnya mengalami peningkatan. Namun ada juga yang didowngrade misalnya saja pada bagian kamera utama dan kamera selife-nya.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar