Harga Samsung A04s, Spek dan Review

Menurut kabar terbaru samsung akan segera merilis varian hp samsung galaxy yang terbaru yakni Samsung Galaxy A04S. Informasi mengenai Samsung A04S mulai beredar usai render perangkat tersebut terungkap ke publik. Hadir sebagai penerus dari varian Samsung Galaxy A03S yang lebih dulu dirilis pada tahun lalu hp ini masih menargetkan kelas pasar menengah ke bawah.

Dalam render yang beredar tersebut terlihat bahwa perangkat terbaru atau Samsung A04S memiliki desain yang lebih ciamik tanpa tonjolan kamera yang membuatnya berbeda dengan seri sebelumnya. Malahan hp ini disebut-sebut mengadopsi desain tampilan pada seri diatasnya yaitu Samsung A13 5G.

Tak cukup disitu saja bagian spesifikasi hp juga mengalami beberapa perubahan. Agar tidak penasaran mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Samsung A04S

  • RAM 3 GB/32 GB = Rp 2.599.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A04S

  • CPU = Exynos 850
  • RAM = 3 GB RAM
  • Memori Internal = 32 GB
  • Kamera depan = 5 MP
  • Kamera belakang = 50 MP Wide, 2 MP Macro, 2 MP depth
  • Baterai = Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar = 6,5”
  • Dimensi = 164,7 mm x 76,7 mm x 9,1 mm
  • Berat = 195 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Bagian belakang samsung a04s

Sesuai bocoran yang memperlihatkan render hp ini bisa dilihat bahwa tampilan luar Samsung A04S lebih menampilkan sisi elegan dan minimalis dibanding seri pendahulunya. Uniknya desain terbaru pada perangkat tersebut hadir tanpa membawa tonjolan kamera atau frame bingkai pada kamera belakangnya.

Dimensi hp ini memiliki panjang 164,7 mm dengan lebar 76,7 mm dan tebal di 9,1 mm. Ukuran ini nampak hanya sedikit berbeda dengan varian sebelumnya. Bobot hp juga tidak mengalami perbedaan yang signifikan dari awalnya 196 gram sekarang menjadi 195 gram saja.

Fitur sensor fingerprint yang dipasangkan bersamaan dengan tombol power masih dipertahankan, begitu juga dengan adanya jack audio 3,5 mm.

Varian warna yang tersedia untuk hp ini ada 4 macam antara lain ada warna Black, Green, White, dan Copper.

Kamera

Sementara di bagian belakangnya nampak 3 buah lensa kamera belakang yang tersusun secara vertikal ditambah satu buah lampu LED flash sebagai penerangannya. Resolusi kamera belakangnya masing-masing terdiri dari 50 MP lensa Wide, 2 MP lensa Macro, dan 2 MP sensor depth.

Hal itu menunjukkan bahwa resolusi kamera utama pada hp ini memiliki peningkatan yang signifikan dibanding pendahulunya. Sedangkan di bagian depan atau kamera selfie hp ini didesain sama yakni waterdrop notch dengan resolusi sebesar 5 MP saja.

Hasil fotonya tentu lebih mumpuni terutama saat memakai kamera utama dan untuk sisanya tidak jauh berbeda. Mengenai kualitas fitur perekaman videonya baik kamera depan maupun kamera belakang sama-sama support untuk merekam video di 1080p 30fps.

Layar

Di sisi lain samsung A04S menyematkan ukuran layar yang sama dengan pendahulunya yakni berukuran 6,5 inchi. Panel yang digunakan adalah PLC LCD dengan resolusi HD+ tapi sudah mendukung refresh rate yang lebih cepat yakni 90 Hz.

Bingkai atau bezel layar terlihat sedikit lebih tipis di samping kanan kirinya dengan dagu atau bezel bawah yang masih terlihat tebal. Tingkat kecerahan layar dari hp ini berada di angka 400 nits dengan kerapatan piskel yang mencapai 270 ppi.

Dengan begitu tampilan layarnya menjadi lebih smooth tanpa mengurangi kualitas warna yang dihasilkan saat dipakai scrolling sosmed ataupun bermain game.

Chipset CPU

Dari sisi performa samsung memasangkan chipset Exynos 850 yang memiliki performa unggul dibanding pendahulunya. Chipset tersebut performanya setara dengan mediatek helio G35 sedangkan pendahulunya menggunakan chipset besutan mediatek lain yaitu helio P35.

Performanya bisa dibuktikan dari hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark antutu dengan mencatatkan skor di kisaran 143 ribuan.

Diuji menggunakan aplikasi benchmark lainnya seperti geekbench skor yang didapatkan berkisar 150 an untuk single core dan 580 an untuk skor multi core. Dari situ terlihat bahwa hp ini lancar ketika dipakai multitasking, browsing, ataupun bermain sosmed. Untuk pemakain gaming juga tidak ada masalah dengan settingan yang wajar.

Di seri pendahulunya saja saat dipakai bermain ML atau Mobile Legend settingan yang didapat bisa di mode tinggi dengan frame rate High.

Baterai

Perihal bagian baterainya hp ini memiliki kapasitas baterai yang sama seperti seri sebelumnya yakni 5000 mAh. Meskipun kapasitasnya sama dukungan kecepatan casnya sedikit ditingkatkan dari awalnya 15 watt saja sekarang menjadi 18 watt.

Seperti biasa samsung telah mengaplikasikan charger port bukan USB type A lagi melainkan menggunakan USB type C 2.0 pada hp keluaran terbarunya. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai hp ini dari nol persen menuju penuh berkisar di 3 jam lebih.

Mengenai urusan konsumsi daya baterainya hp ini bisa bertahan seharian penuh dengan pemakaian wajar seperti main sosmed, browsing, termasuk saat dipakai bermain game sekalipun.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai spesifikasi hp samsung galaxy terbaru di lini seri A-nya yakni Samsung A04S yang akan menggebrak pasar global tidak lama lagi. Samsung A04S membawakan desain yang minimalis dengan beberapa bagian yang lebih disempurnakan baik dari sisi performa, kamera, dan layar yang lebih cepat.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar