Harga Samsung A23

Menginjak tahun 2022 ini samsung sudah merilis beberapa hp seri A diantaranya Samsung A53, A33, dan A13. Ada satu lagi hp seri A yang juga dirilis oleh Samsung belakangan ini bersamaan dengan seri A13 yakni Samsung Galaxy A23. Perbedaanya lumayan signifikan mulai dari tampilan body lebih fresh, penambahan fitur OIS pada kameranya, adanya fitur NFC, dan beberapa aspek lainnya.

Pengguna juga akan mendapatkan kartu perdana IM3 dengan paket data yang isinya 120GB jika membeli hp seri A23 ini. Agar lebih jelas mengenai spesifikasi dan review lengkap hp Samsung A23 tersebut maka mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Samsung A23

  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 3.499.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A23

  • CPU : Snapdragon 680
  • RAM : 6 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP wide
  • Kamera belakang : Quad Camera 50 MP Wide, 5 MP Ultrawide, 2 MP Macro, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 25 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE (belum 5G)
  • Ukuran Layar : 6,6”
  • Dimensi : 164,5 mm x 76,9 mm x 8,4 mm
  • Berat : 195 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Paras hp ini punya sedikit mirip dengan seri A53 Samsung tapi dengan material plastik dan finishing warna yang dibuat mengkilap atau glossy.

Dimensi keseluruhannya mempunyai panjang sekitar 164,5 mm, lebar di kisaran 76,9 mm dan tebal hp kurang lebih 8,4 mm.

Tampilan belakang samsung a23

Bobot hp bisa dibilang tidak terlalu berat dan juga tidak begitu ringan, berkisar di 195 gram adalah sebuah angka yang wajar karena di dalamnya terdapat baterai berkapasitas besar.

Lubang mic ditempatkan di bagian atas body hp dengan interface bagian bawah meliputi lubang untuk jack audio, microphone, port USB type C dan lubang speaker. Sebelah kanan body ada tombol volume dan tombol power hp yang merangkap juga sebagai sensor fingerprint. Untuk Slot SIM tray sendiri ditempatkan di sebelah kiri body hp. Terdapat logo samsung di bagian bawah body belakang hp yang terlihat samar-samar. Pilihan warna yang ditawarkan ada 3 macam antara lain Peach, Black, dan Blue.

Kamera

Bentuk frame kamera belakangnya lebih kelihatan timbul dibandingkan dengan seri A13 yang namapak rata. Menggunakan 4 buah lensa kamera belakang yang meliputi 50 MP kamera wide, 5 MP kamera ultrawide, dan masing-masing 2 MP untuk depth serta kamera macro.

Sedangkan di bagian depannya terdapat satu buah kamera yang bentuknya water notch drop dengan resolusi 8 MP. Mode yang ada di dalam kameranya ada mode Portrait, Photo ultrawide 0,5x, Pro, Panorama, Macro, dan Slow motion.

Hasil warna kamera hp ini dirasa lebih warm berbeda dengan hasil kamera A53 yang lebih ke cold atau ke biru-biruan.

Fitur perekaman videonya baik di kamera depan mapupun kamera belakangnya mendukung hingga format Full HD 30FPS. Tak lupa juga untuk menghasilkan output video agar maksimal samsung sudah memasangkan fitur OIS sehingga lebih stabil saat digunakan untuk merekam video.

Layar

Dari tampilan layarnya memiliki luas 6,6 inci dengan menggunakan panel PLS IPS berbeda dengan seri sebelumnya yang memakai panel AMOLED.

Begitu juga dengan resolusinya di mana hp ini support hingga Full HD+ tidak seperti seri A22 yang hanya support HD+. Sementara kecepatan layarnya atau refresh rate tidak mengalami peningkatan karena sama-sama sudah di 90Hz.

Jangan khawatir jika hp terkena goresan di layar karena layarnya sudah diproteksi menggunakan Corning Gorilla Glass 5.

Chipset CPU

Salah satu aspek yang cukup menjadi pembeda dari seri sebelumnya dengan seri yang satu ini adalah di bagian chipsetnya.

Pada seri A22 chipset yang digunakan yaitu mediaTek Helio G80, kali ini samsung sudah menggunakan chipset Snapdragon 680. Secara performa chipset Snapdragon 680 lebih unggul dibanding dengan chipset mediaTek Helio G80. Ditambah lagi fabrikasinya yang sudah 6nm membuat konsumsi baterainya lebih irit dibanding dengan Helio G80.

Performanya bisa terlihat saat dites menggunakan aplikasi benchmark Antutu di mana skor yang didapat mencapai 280 ribuan.

Jika dipakai bermain game juga tidak masalah, contoh main PUBG Mobile maksimal settingan yang didapat bisa di Smooth High dan cukup stabil di 30FPS.

Lihat juga: HP Samsung Terbaru.

Baterai

Spesifikasi baterainya juga menarik karena samsung memasangkan baterai berkapasitas 5000 mAh dan sudah support fast charging 25 Watt. Meski begitu di paket pembelian hp pengguna akan mendapatkan kepala charger dengan kecepatan yang hanya 15 Watt saja.

jika ingin memaksimalkan fitur pengecasannya maka pengguna bisa membeli charger 25 watt yang dijual secara terpisah.

Dalam penggunaan sehari-hari untuk kebutuhan browsing, main sosmed, nonton film hp ini diyakini mampu bertahan hingga 1 setengah hari bahkan lebih tergantung intensitas pemakaian.

Penutup

Sebagai penerus dari Samsung A22 yang telah dirilis tahun lalu Samsung A23 memiliki banyak perubahan positif baik dari segi kamera, performa, dan fitur baterainya. Memang untuk layarnya dari spesifikasi panel mengalami downgrade, tapi hal itu menjadi sepadan karena secara resolusi sudah ditingkatkan dari yang sebelumnya HD+ menjadi FHD+.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar