Harga Samsung A33 5G

Keberadaan hp 5G di Indonesia memang belum begitu banyak karena teknologi tersebut belum merata dan hanya ada di wilayah tertentu saja. Dari situlah Samsung mulai pasang badan dengan merilis beberapa hp 5G dan salah satu seri yang baru saja dirilis adalah Samsung A33. Penerus dari Samsung A32 tersebut menyasar kelas menengah dengan meningkatkan bagian-bagian yang dirasa kurang.

Dirilis secara bebarengan dengan seri A53 dan punya tampilan yang sekilas nampak sama namun apakah hp tersebut mampu membawa daya tarik pengguna lebih banyak? Mari kita bahas harganya terlebih dahulu.

Harga Samsung A33

  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 4.699.000
  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 4.999.000
  • RAM 8 GB/256 GB = Rp 5.499.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A33

  • CPU : Exynos 1280
  • RAM : 6 GB RAM, 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Kamera depan : 13 MP wide
  • Kamera belakang : Quad Camera 48 MP Wide, 8 MP Ultrawide, 5 MP Macro, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 25 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,4”
  • Dimensi : 159,7 mm x 74 mm x 8,1 mm
  • Berat : 186 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Secara tampilan desainnya hampir mirip dengan desain body samsung A53 baik secara finishing yang halus maupun feels saat hp dipengang.

Terasa lebih padat daripada seri sebelumnya atau tidak kopong jika diketuk-ketuk di body bagian belakangnya.

Tampak belakang samsung a33

Ukuran dari hp tersebut juga bisa dibilang hampir sama dengan seri A53 yakni panjangnya sekitar 159,7 mm dengan lebar 74 mm dan tebal yang sama-sama di angka 8,1 mm. Di sisi atas ada lubang mic dan SIM tray yang sudah Hybrid, tombol power dan volume di bagian kanan, lalu di bagian bawah ada lubang mic, speaker, serta port USB type C. Kemudian di bagian kiri body kosong dan lagi-lagi samsung tidak menyertakan jack audio sama seperti yang ada pada seri A53.

Body hp juga sudah terlindungi berkat sertifikat IP67 yang menjadikan hp jadi lebih tahan akan cipratan air maupun debu. Pilihan warna yang disediakan juga tidak berbeda dari kakaknya antara lain ada warna Black, White, Blue, dan Peach.

Kamera

Untuk urusan fotografi samsung A33 dilengkapi dengan 4 lensa di kamera belakangnya dengan desain dan tatanan kamera yang sama seperti saudaranya.

Konfigurasi kamera belakangnya meliputi 48 MP untuk kamera utama, 8 MP lensa ultrawide, 5 MP kamera macro, dan 2 MP kamera depth. Sedangkan kamera depannya didesain berponi dengan resolusi kamera depan yang sebesar 13 MP untuk keperluan foto selife penggunanya.

Hasil fotonya terlihat bersih, respon shutter-nya juga tergolong cepat, jika dipakai di malam hari tidak ada masalah karena memiliki fitur Night Mode.

Fitur OIS juga tidak lupa dipasangkan untuk membantu meminimalisir adanya guncangan saat kamera sedang digunakan.

Perekaman video kamera belakangnya sudah mendukung hingga 4K 30 FPS, atau pengguna juga bisa memilih video dengan kecepatan 60FPS tapi di kualitas 1080p. Begitu juga untuk kamera depannya yang mampu merekam hingga 4K 30fps namun tidak ada opsi 60FPS meski di set di kualitas 1080p.

Lihat juga: HP Samsung Terbaru.

Layar

Layarnya masih menggunakan desain Infinity U Display dengan bezel bagian bawah dibuat lebih tebal daripada ke tiga sisi lainnya. Luas layar hp ini berukuran 6,4 inci dikombinasikan dengan panel yang menggunakan Super AMOLED dan didukung refresh rate hingga 90 Hz.

Resolusi layarnya juga sudah FHD+ dan Support Fingerprint In Display atau bisa digunakan untuk menambah keamanan hp melalui fitur fingerprint di layar.

Bicara masalah keamanan layar kaca hp tersebut mengaplikasikan Corning Gorilla Glass 5 yang membuat layar menjadi lebih tahan terhadap goresan.

Chipset CPU

Di bagian dapur pacunya hp ini sudah dibekali dengan chipset besutan Samsung yakni Exynos 1280 berarsitektur 5nm. Memasangkan chipset yang sama seperti Samsung A53 membuat hp ini memiliki performa yang tidak jauh berbeda sehingga mampu melibas segala aktivitas yang dibutuhkan.

Performanya semakin nyata ketika diuji menggunakan aplikasi benchmark antutu versi 9 hp ini mendapatkan skor di kisaran 419 ribuan.

Chipset tersebut dipasangkan dengan 3 opsi memori antara lain RAM 6 GB dengan internal 128Gb, RAM 8 GB dengan internal 128Gb, dan yang paling atas yaitu RAM 8GB dengan internal 256Gb. Pengguna juga bisa memperluas RAM hingga 8 GB yang diambil dari memori internal berkat adanya fitur RAM Plus yang ada di dalam sistem operasinya.

Saat digunakan bermain game seperti PUBG overall masih aman hanya saja di settingan Smooth Ultra belum diunlock.

Pengguna tidak perlu khawatir karena hal itu bisa diselesaikan dengan adanya software update yang dikeluarkan oleh samsung kedepannya.

Baterai

Perkara baterai samsung menanamkan baterai berkapasitas 5000mAh dan sudah mendukung teknologi fast charging 25 Watt.

Dipakai seharian tentu awet dengan screen on time yang didapat saat dipakai secara intens berada di kisaran 9 hingga 10 jam. Tentu waktu yang didapat akan lebih banyak apalalgi jika pemakaiannya tidak terlalu intens atau normal-normal saja.

Sayangnya samsung tidak menyertakan charger bawaah di dalam box pembelian, hanya kabel USB type C saja yang disertakan. Namun jika pengguna memakai charger dengan daya 25 watt lama waktu pengecasan yang dibutuhkan hp tersebut dari nol hingga penuh berkisar di 1 jam lebih.

Penutup

Sudah mendukung konektivitas 5G ditambah performa dan tampilan body yang tidak jauh berbeda dengan seri A53 membawa kesan positif pada hp samsung Galaxy A33 ini. Bagian depan kamera yang masih menggunakan poni dan bezel bagian bawah layarnya yang lebih lebar mungkin akan menjadi hal yang sedikit diperbincangkan oleh calon pembeli.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar