Harga Samsung A53 5G

Dalam waktu 6 bulan saja sejak Galaxy A52Snya dirilis, kini Samsung telah bersiap kembali untuk merilis seri penerusnya yaitu Samsung A53 5G. Reputasi Samsung seri A5 sering dianggap sebagai seri paling worth it di rentang harga 6 – 7 jutaan. Tiap seri tersebut dirilis antusiasme masyarakat khususnya pecinta hp samsung sangatlah besar.

Bagaimanapun juga pembeli haruslah jelih dalam memilih hp karena seiring berjalannya waktu hp yang lebih dulu dirilis lama kelamaan harganya menjadi turun. Seperti seri A52S yang awalnya berkisar 6,5 jutaan menjadi 5,7 jutaan, itupun varian tertingginya. Dibandrol dengan harga yang lebih mahal daripada seri sebelumnya namun apakah fitur yang ditawarkan lebih banyak?

Harga Samsung A53 5G

  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 5.999.000
  • RAM 8 GB/256 GB = Rp 6.499.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A53 5G

  • CPU: Exynos 1280 5G
  • RAM:8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Kamera depan: 32 MP wide
  • Kamera belakang : Quad Camera 64 MP Wide, 12 MP Ultrawide, 5 MP Macro, 5 MP Depth
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, 25 W Fast Charging
  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar: 6,5”
  • Dimensi: 159,6 mm x 74,8 mm x 8,1 mm
  • Berat: 189 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Dilihat dari desainnya Samsung A53 5G punya tampilan yang mirip dengan Samsung A52S. Bedanya ada sedikit polesan di bagian belakang frame kamera yang jadi lebih indah.

Tekstur timbul pada frame kamera belakangnya dibuat menjadi lebih halus tidak seperti seri sebelumnya yang teksturnya terlihat lebih tajam.

Tampak belakang samsung a53 5g

Ukuran body hp ini memiliki panjang sekitar 159,6 mm dengan lebar 74,8 mm dan ketebalannya yang dibuat lebih tipis menjadi 8,1 mm. Sementara beratnya masih sama yakni dikisaran 189 gram saja. Letak tombol power ditempatkan di sebelah kanan dekat volume, di atas ada lubang mic, bagian kiri polos, lalu di bawah ada slot dual slim yang bukan hybrid, mic, beserta Port USB C.

Sayangnya port untuk headphone Jack tidak disertakan di hp ini, tidak seperti yang ada pada Galaxy A52S yang sudah memiliki headphone Jack. Untungnya fitur IP67 yang jadi senjata di Samsung A52 tidak dihilangkan yang menjadikan hp ini tahan air sedalam 1 meter, selama 30 menit.

Pilihan warna yang disediakan ada 4 macam, antara lain warna Awesome Peach, Awesome Black, Awesome White, dan Awesome Blue.

Kamera

Mengenai kualitas kameranya hp ini punya susunan kamera yang sama di bagian belakangnya yakni kamera wide sebesar 64MP, ultrawide 12 MP, makro 5 MP, dan depth sensor 5 MP. Kemudian kamera depannya sendiri masih sama dengan seri sebelumnya dengan besaran resolusi sebesar 32 MP.

Di dalam aplikasi kameranya terdapat beberapa fitur yang baru salah satunnya adalah “FUN” berisikan berbagai macam filter wajah yang bisa dipakai seru-seruan saat selfie. Buat hasil fotonya baik kamera belakang maupun kamera depannya hampir sama dengan hasil foto seri sebelumnya. Bahkan bisa dibilang hasil dari kamera hp ini adalah yang terbaik di antara hp kelas menengah lainnya hingga saat ini.

Jika dibuat foto outdoor bagus dengan warna kontras yang pas dan detail yang sedikit dipertajam tapi masih enak untuk dilihat. Untuk indoor masih bisa dibilang bagus dengan adanya fitur OIS untuk menstabilkan gambar kamera membuat hasilnya lebih stabil dan bisa menangkap cahaya lebih banyak.

Walau digunakan di cahaya yang minim atau low light hasilnya juga oke padahal settingan yang dipakai adalah Auto, apalagi jika settingan yang dipakai nightmode pasti hasilnya lebih maksimal lagi. Kualitas video yang dihasilkan baik kamera depan maupun belakang cukup bagus dan bisa mendukung perekaman hingga 4K 30FPS.

Baca juga: HP Samsung terbaru.

Layar

Kualitas panel layar Super AMOLED yang warnanya mampu memanjakan mata juga tetap bisa dinikmati di hp ini. Resolusi layarnya sudah Full HD+ dengan ukuran layar sebesar 6,5 inci ditambah refresh rate yang sudah 120 Hz sehingga cocok dibuat main game ataupun menonton film.

Sisanya hampir sama seperti kerapatan piksel dan proteksi layar yang digunakan masih menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Satu hal yang sama dari sisi layar dengan generasi sebelumnya adalah bagian bezelnya yang tidak bisa dibilang tipis.

Chipset CPU

Dibagian inilah Samsung merombak bagian chipsetnya yang awalnya menggunakan chipset Snapdragon 778G kini beralih menggunakan chipset buatan Samsung sendiri yakni Exynos 1280 5G. Memang chipset tersebut tergolong chipset exynos yang paling baru karena belum terdapat di hp lain dengan fabrikasi 5nm.

Saat diuji menggunakan aplikasi benchmark Antutu 9 performa dari Exynos 1280 mendapatkan skor di kisaran 434 ribuan. Alhasil performa chipset tersebut 20 persen lebih rendah daripada chipset Snapdragon 778G yang mendapatkan skor di angka 530 ribuan.

Performa single corenya juga minus 10 persen saat dites menggunakan aplikasi Geekbench dan 30 persen di bagian Multi-core-nya.

Ketika dibuat bermain game seperti Mobile Legend di grafis ultra dengan settingan high frame rate tentu masih bisa dapat 60FPS dan lancar.

Sedangkan saat dites bermain PUBGM performanya tidak begitu maksimal sama halnya dengan chipset keluaran terbaru lainnya sehingga settingan maksimalnya hanya di Smooth High saja.

Baterai

Di bagian kapasitas baterainya mengalami sedikit peningkatan dari yang awalnya 4500mAh menjadi 5000mAh. Konsumsi baterainya saat dibuat main Mobile Legend selama setengah jam hanya berkurang sekitar 8 persen saja.

Berbeda sedikit jika dipakai bermain game PUBGM selama setengah yang mengonsumsi daya hanya 7 persen. Baterianya sendiri mendukung teknologi pengecasan cepat 25 Watt sehingga butuh waktu 1 jam 23 menit untuk mengisi daya dari nol hingga 100 persen.

Penutup

Meski tergolong baru namun fitur-fitur yang ada pada Samsung A53 5G mengalami beberapa perubahan daripada seri sebelumnya yang salah satunya berdampak pada penurunan performa. Memang di sisi lain ada bagian yang mengalami sedikit upgrade seperti kapasitas baterainya dan tampilan desain yang pastinya lebih fresh.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar