Samsung Galaxy A03: Harga, Spesifikasi & Review

Belakangan ini hp yang masuk dalam kategori entry level semakin laris di pasaran sampai-sampai Samsung merilis seri A0 terbarunya yakni Samsung A03 pada awal tahun ini. Seperti yang kita tahu bahwasannya Samsung telah merilis seri A02 di tahun lalu dengan beberapa varian RAM paling besar adalah 4 GB dan penyimpanan internal hingga 64 GB. Bedanya dengan seri A03 kali ini di mana terdapat varian yang penyimpanan internalnya lebih besar yakni 128 GB.

Selain dari sisi storage yang mengalami peningkatan ada beberapa aspek lain yang juga diupgrade termasuk pada bagian kameranya.

Bagaimana dengan performa yang dihasilkan apakah sama, meningkat, atau justru turun? Langsung saja kita mulai dari harganya.

Harga Samsung A03

  • RAM 3 GB/32 GB = Rp 1.499.000
  • RAM 4 GB/64 GB = Rp 1.799.000
  • RAM 4 GB/128 GB = Rp 1.999.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A03

  • CPU = Unisoc T606
  • RAM = 3 GB RAM, 4 GB RAM
  • Memori Internal = 32 GB, 64 GB, 128 GB
  • Kamera depan = 5 MP wide
  • Kamera belakang = 48 MP wide, 2 MP
  • Baterai = Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar = 6,5”
  • Dimensi = 164,2 mm x 75,9 mm x 9,1 mm
  • Berat = 196 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Kesan pertama saat melihat desain hp Samsung A03 ini mirip dengan desain Iphone 11 terutama di bagian frame kameranya. Tekstur body belakangnya terdapat garis-garis halus dengan warna matte yang menyerupai jahitan kain sehingga menimbulkan efek kasar dan tidak gampang licin saat dipegang.

Kamera belakang samsung galaxy a03

Keseluruhan body dibuat dari material plastik dengan ciri khas logo atau tulisan Samsung yang ditaruh di bagian bawah belakang hp. Dimensi hp ini ternyata masih sama dengan seri A02 yang panjangya 164,2 mm, dengan lebar 75,9 mm, dan tebal 9,1 mm.

Dengan ukuran yang sama seperti seri sebelumnya bobot hp pada A03 ternyata dibuat lebih ringan dari yang awalnya 206 gram menjadi 196 gram.

Di sebelah kanan ada tombol volume dan tombol power, di sebelah kanan terdapat lubang mikrofon, lalu sebelah kiri terdapat SIM tray slot yang bisa menampung micro SD berkapasitas 1 TB. Kemudian di bagian bawah hp ada lubang jack audio 3,5 mm, lubang microphone, port charging micro USB, dan grill speaker.

Varian warna yang tersedia di seri Samsung A03 ini ada 3 macam, antara lain warna Hitam, warna Biru, dan juga warna Merah.

Kamera

Salah satu bagian yang menjadi kelebihan di seri A03 ini tidak lain tidak bukan ada di bagian kamera belakangnya yang memakai kamera utama 48 MP.

Sama sama punya 2 buah lensa di kamera belakangnya namun peningkatan kamera utamanya unggul jauh dibanding dengan seri A02 yang hanya 13 MP saja. Lalu untuk lensa kamera belakang yang satunya lagi punya ukuran resolusi yang tidak berbeda yakni sebesar 2 MP.

Hasil kamera belakangnya menonjol terutama saat dipakai di kondisi low light. Efek noise yang ditimbulkan juga lebih minimal, overall gambarnya lebih terang dan jauh lebih tajam. Sedangkan untuk kamera depannya baik desainnya dan resolusinya masih sama yakni menggunakan model notch drop dengan resolusi sebesar 5 MP.

Kualitas perekaman baik kamera depan dan juga kamera belakangnya mampu merekam hingga resolusi FHD 30 FPS.

Layar

Dari sisi layar tidak banyak ditemui perbedaan dengan seri sebelumnya mulai dari ukurannya, panel yang digunakan, dan dukungan resolusinya. Untuk ukuran layarnya masih sama-sama berukuran 6,5 inchi, menggunakan panel PLS TFT LCD dengan resolusi HD+ atau 720×1600 piksel.

Alhasil baik masalah kontras maupun saturasi warna kedua hp tersebut terlihat punya kualitas yang sama-sama bagusnya. Kecepatan refresh ratenya juga tidak mengalami peningkatan atau masih berada di angka 60 Hz. Namun demikian jika dibuat untuk nonton maupun bermain sosmed masih terbilang cukup enak.

Perlu diingat bahwa kualitas layar yang dihasilkan oleh samsung A03 ini berada di atas rata-rata layar hp entry level kompetitor lainnya.

Chipset CPU

Lanjut ke bagian dapur pacu samsung A03 menggunakan chipset yang paling baru dibanding dengan saudaranya sendiri atau samsung seri A03S.

Menggunakan chipset UNISOC T606 dengan fabrikasi 12nm tentu performanya lebih tinggi apalagi didukung dengan varian RAM dan internal storagenya yang beragam.

Ada 3 macam varian yang bisa dipilih penggunanya, antara lain varian RAM 3/32 GB, lalu varian 4/64 GB, dan yang paling atas 4/128 GB. Pada varian RAM 4 GB dengan internal storage 64 GB saat dites menggunakan aplikasi antutu skornya bisa mencapai 165 ribuan.

Saat dipakai buat main game seperti PUBG Mobile settingan yang didapat lumayan tinggi yakni bisa di Smooth-High bahkan mentok di HD-High. Performa saat memainkan game tersebut cukup lancar dengan sesekali mengalami frame drop. Tidak adanya sensor gyroscope juga menjadi pertanyaan buat hp ini.

Memang hp ini lebih ditujukan untuk bermain game-game ringan dan penggunaan casual seperti bermain sosmed, belajar online, dan lain sebagainya.

Baterai

Dari sisi baterainya tetap setia dengan kapasitas besar yakni 5000 mAh yang mana cukup bisa diandalkan untuk dipakai harian. Ketahanan baterai hp ini cukup menarik terbukti saat dipakai main game Mobile Legend dengan keadaan volume maksimal selama sekitar 23 menit baterai hanya berkurang 6 persen saja.

Sayangnya dari sisi pengisian daya hp ini hanya dibekali charger bertipe Micro USB dengan daya 7,75 watt yang belum fast charging. Kecepatan casnya dari 1 persen dalam waktu satu jam hanya terisi sekitar 35 persen saja, jika dilanjut selama 2 jam masih terisi sekitar 65 persen. Sehingga butuh waktu 3 jam 40 menitan untuk mengecas dari nol menuju ke seratus persen. Wajar karena kapasitas baterainya tergolong besar dan tidak ada fitur fast charging.

Penutup

HP Samsung A03 patut dijadikan pertimbangan bagi pengguna yang ingin mencari hp di kisaran 1 jutaan, apalagi sekarang sudah ada varian tertingginya yang menggunakan storage 128 GB. Cocok buat pemakaian sehari-hari yang menonjolkan penggunaan kamera dan penyimpanan luas asal tidak begitu menuntut performa untuk digeber bermain game.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar