Harga Samsung Galaxy A13

Brand samsung memang seringkali dikenal suka memproduksi hp flaghsip yang harganya bisa sampai belasan juta. Kali ini samsung membuat sedikit kejutan karena baru saja merilis hp kelas entry level dengan range di kisaran 2 jutaan yaitu Samsung Galaxy A13. Pendatang baru tersebut adalah penerus dari seri sebelumnya yakni Samsung Galaxy A12 yang sudah dirilis lebih dari setahun yang lalu.

Varian Samsung A13 yang resmi dirilis di Indonesia ada dua macam, antara lain varian dengan RAM 4 GB dengan storage 128 GB, dan varian RAM 6 GB dengan storage 128 GB pula. Penasaran seperti apa fitur-fitur yang ada di hp kelas entry level keluaran terbaru dari samsung tersebut? Mari kita bahas terlebih dahulu harganya.

Harga Samsung A13

  • RAM 4 GB/128 GB = Rp 2.499.000
  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 2.699.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A13

  • CPU : Exynos 850
  • RAM : 4 GB RAM, 6 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP wide
  • Kamera belakang : Quad Camera 50 MP Wide, 5 MP Ultrawide, 2 MP Macro, 2 MP Wide
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 15 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,6”
  • Dimensi : 165,1 mm x 76,4 mm x 8,8 mm
  • Berat : 195 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Sekilas tampilan dari hp ini tidak terlihat seperti hp 2 jutaan melainkan hp premium di atas 3 jutaan karena mengalami perubahan yang begitu signifikasn daripada seri sebelumnya.

Dimensi ukuran Samsung A13 tersebut memiliki panjang body sekitar 165mm, dengan lebar kurang lebih 76 mm dan ketebalan hp mencapai 8,8 mm. Sedikit lebih tipis 0,1 mm dibanding dengan A12 serta beratnya pun dibuat lebih ringan dari yang awalnya 205 gram menjadi 195 gram saja.

Bagian atas body hp ada lubang mic, lalu di bagian kananya ada tombol volume, tombol power yang sekaligus menyatu dengan sensor fingerprint. Kemudian di bagian bawahnya terdapat USB type C, grill speaker, headphone jack 3,5mm, dan lubang mic. Di sebelah kirinya ada SIM tray dan micro SD yang support hingga 1 TB.

Bagian belakang samsung a13

Seperti yang biasa dilakukan samsung akhir-akhir ini mereka suka mengeluarkan produk dengan warna yang cerah. Seperti pada hp ini pilihan warnanya antara lain Black, Blue dan Peach.

Simak juga: HP Samsung Terbaru.

Kamera

Untuk konfigurasi kameranya punya desain yang berbeda dari seri sebelumnya bahkan tata letak kameranya hampir sama seperti Samsung A32.

Kamera utama dari Samsung Galaxy A13 memiliki 4 buah lensa kamera dengan rincian 50 MP lensa wide, 5 MP lensa ultrawide, 2 MP macro, dan 2 MP depth. Sedangkan kamera depannya dibekali dengan lensa 8 MP yang punya fitur efek bokeh. Baik kamera belakang dan depannya sudah mendukung perekaman video hingga 1080p 30 FPS.

Hasil fotonya punya warna vivid khas samsung, gampang dioperasikan. Bagi yang ingin berpindah ke mode lain saat memotret harus sedikit bersabar karena ada jeda waktu beberapa saat.

Layar

Layar hp ini mengalami peningkatan dari seri sebelumnya berkat istilah Infinity V Display ukurannya sekarang menjadi lebih lega sebesar 6,6 inci.

Resolusi layarnya juga diupgrade menjadi FULL HD+ 1080 x 2408 pixel dan menggunakan panel PLS TFT dengan kerapatan pixel mencapai 400 ppi.

Teknologi PLS TFT berbeda dengan IPS LCD biasa karena PLS (Plane Lane Switching) adalah teknologi besutan samsung dengan kualitas gambar yang dihasilkan tidak kalah bagusnya.

Tentunya dengan layar luas dan resolusi yang besar membuat output warna lebih tajam cocok dipakai untuk nonton film, scrolling medsos bahkan bermain game.

Chipset CPU

Dari segi performanya hp ini masih mengusung chipset yang sama dari seri sebelumnya yakni menggunakan Exynos 850.

Saat dites menggunakan aplikasi benchmark antutu versi 8 skor yang didapat berada di kisaran 114 ribuan. Tapi untuk skor benchmark menggunakan apllikasi geekbench masih dibawah rata-rata yakni 120an untuk singlecore-nya, dan 450 an untuk multicore-nya.

Ketika dites bermain game seperti PUBG Mobile masih bisa mendapatkan settingan HD High ataupun Smooth Ultra dengan gameplay yang terkadang mengalami frame drop di momen tertentu. Kemudian saat dipakai bermain game MOBA seperti Mobile Legend performa masih aman aman saja jika settingan yang digunakan mengikuti settingan default dari hp.

Baterai

Di sisi baterai hp ini juga tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya karena punya kapasitas yang sama yakni 5000 mAh. Meski kapasita baterainya besar Samsung A13 dilengkapi dengan teknologi fast charging sebesar 15 Watt untuk mempercepat waktu pengisian baterai.

Baterai berkapasitas besar tersebut memang dirancang untuk mendukung aktivitas sehari-hari agar pengguna tidak khawatir akan kehabisan baterai.

Sebagai contoh jika dipakai nonton youtube salam 30 menit konsumsi baterainya hanya berkurang sekitar 7 persen saja.

Dalam penggunaan sehari-hari seperti browsing ataupun disertai bermain game dengan aktivitas normal bisa dapat screen on time hingga 8-9 jam.

Durasi pengecasan baterai dari nol persen menuju ke seratus persan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam setengah.

Penutup

Samsung A13 seperti membawa angin segar dengan segala perubahan yang dibawanya dari mulai desain terlihat lebih mewah, kualitas layar dan kameranya juga tidak bisa dipungkiri. Memang dari sisi performa masih ada kompetitor lain yang mampu menyainginya tapi dengan harga 2 jutaan samsung A13 sudah sangat menunjang untuk aktivitas keseharian.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar