Harga Samsung Galaxy M23 5G

Hp seri M besutan samsung memang selalu mengandalkan spek unggulan dengan harga yang masuk akal sehingga cocok bagi kaum mendang-mending seperti kebanyakan anak milenial sekarang. Hal itu masih berlaku karena kali ini samsung baru saja merilis hp seri M terbarunya yakni M23 di harga 3,5 jutaan.

Satu-satunya varian yang dirilis memiliki RAM sebesar 6GB dengan penyimpanan internal 128GB dan beberapa fitur yang cukup menggiurkan. Sebut saja fitur Triple Camera, dukungan layar Super Smooth Display, dan baterai lega sebesar 5000mAh yang support kecepatan cas 25 watt.

Lagi-lagi tidak charger bawawan tidak disertakan oleh samsung di box pembelian melainkan hanya ada kabel USB type C to C. Lalu berapa harganya?

Harga Samsung M23

  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 3.499.000

Spesifikasi Lengkap Samsung M23

  • CPU : Snapdragon 750 5G
  • RAM : 6 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP wide
  • Kamera belakang : Triple Camera 50 MP Wide, 8 MP Ultrawide, 2 MP Macro
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 25 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,6”
  • Dimensi : 165,5 mm x 77 mm x 8,4 mm
  • Berat : 198 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Kesan pertama hp ini kelihatan mewah meski berbahan plastik dengan warna yang dibuat metalik seolah-olah terbuat dari bahan metal.

Body belakangnya tercantum branding samsung serta frame kamera yang dibuat tipis membuat hp ini tidak seperti seri M sebelum-sebelumnya.

Tampilan belakang hp samsung m23

Di bagian bawah hp terdapat speaker, port charger, lubang mic, dan headphone jack yang bagi sebagaian orang mungkin mengira bahwa finishing-nya tidak terlalu rapi. Kemudian di sisi kiri dari hp tersebut ada tombol power yang berfungsi sebagai sensor fingerprint dan ada juga tombol volume.

Sisi sebaliknya atau di sisi kanan hp ada lubang sim tray yang sudah triple slot, sementara bagian atasnya hanya nampak lubang microphone.

Terkait dimensinya panjang hp berkisar 165 m dengan lebar 77 mm dan tebal mencapai 8,4 mm. Untuk beratnya sendiri hampir di 200 gram atau tepatnya 198 gram.

Pilhan warna yang tersedia bisa dibilang minimalis semua, ada 3 macam warna antara lain Deep Green, Light Blue, dan Orang Copper.

Kamera

Dari sisi kameranya samsung m23 memasangkan 3 buah lensa kamera belakang dengan lensa utama sebesar 50 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan Macro 2 MP.

Jika dibandingkan dengan galaxy A33 5G memang dari sisi angka speknya lebih besar, tapi di samsung m23 tidak memiliki OIS untuk menstabilkan gambar.

Gambar yang dihasilkan termasuk yang paling bagus diantara hp 3 jutaan dengan white balance yang akurat, HDR dan saturasi cukup imbang. Foto malam hari juga cukup bisa diandalkan karena noise yang dihasilkan minim dengan detail dan warna terangnya pas.

Masuk ke kamera depannya didesain dengan bentuk kamera poni beresolusi 8 MP yang mampu menghasilkan warna skin tone cukup oke jika dipakai untuk selfie.

Terkait perekaman videonya untuk kamera belakang sudah mendukung 4K 30 fps. Sementara kamera depannya maksimal bisa merekam 1080 30 fps.

Layar

Secara spesifikasi samsung memang memasangkan panel TFT LCD di layarnya namun jika dilihat-lihat perbedaannya tidak terlalu mencolok dan masih cukup enak dipandang. Buat ukuran layarnya sendiri ada di 6,6 inchi lengkap dengan resolusi FULL HD dan sudah mendukung refresh rate 120 Hz.

Perihal proteksi kaca samsung memasangkan Corning Gorilla Glass 5 yang mana sudah cukup oke untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Cuma di bagian bezel layarnya terutama di bagian bawah dan kanan kiri kelihatan terlalu tebal yang mungkin bagi sebagain orang tidak terlalu suka.

Baca juga: HP Samsung Terbaru.

Chipset CPU

Chipset yang digunakan sudah mendukung konektivitas 5G, yaitu Snapdragon 750. Menurut pengamatan chipset tersebut punya performa yang sama dengan Snapdragon 695 5G. Performa yang disajikan antar kedua chipset tersebut memang tidak jauh berbeda hanya selisih 5-10 persen saja.

Saat dites memakai aplikasi benchmark antutu versi 9 hasilnya hp ini mampu mencapai skor di kisaran 339 ribuan.

Buat dipakai main game-game casual seperti Mobile Legend tentu performanya bisa diandalkan dan tidak ada masalah. Terus untuk game yang lebih berat sebut saja PUBG Mobile settingan yang didapet bisa sampai Smooth-Ultra dan tergolong lancar bahkan tidak pernah drop. Sedangkan untuk game Genshin Impact performa yang didapat untuk settingan Lowest-30 fps juga masih lancar.

Baterai

Satu kelebihan yang dimiliki hp ini jelas ada di bagian baterainya, berbekal kapasitas baterai 5000mAh untuk penggunaan sehari-hari sudah tidak perlu diragukan lagi. Contoh tanpa wifi dalam sehari dipakai untuk zoom meeting, nonton netlfix, nonton youtube, dengerin musik hp ini tetap bisa dapat waktu aktif yang lumayan yakni di sekitar 8 jam.

Bahkan bisa dapat waktu aktif 6 jam lebih jika dipakai satu setengah harian dan masih punya sisa baterai sekitar 20 persen.

Konsumsi baterai saat dipakai gaming juga irit, terbukti dalam 30 menit bermain game ML hanya berkurang sekitar 7 persen saja. Kemudian dipakai bermain game Genshin Impact selama setengah jam juga baterai hanya berkurang sekitar 8 persen.

Semua itu bisa bekerja berkat dukungan fast charging 25 watt-nya yang hanya butuh waktu 30 menit saja untuk mengecas baterai dari 8 persen ke 50 persen. Waktu yang dibutuhkan bagi baterai tersebut untuk full charge atau penuh hanya berkisar di 1 jam lebih.

Penutup

Dukungan konektivitas 5G di hp mid range yang dibawakan oleh samsung M23 ini nampaknya cukup bisa menarik perhatian masyarakat. Selain 5G fitur-fitur lain seperti kamera, baterai besar, layar 120 Hz, performa chipset yang stabil, ditambah desain stylish membuat kesemua sisi hp samsung M23 ini kelihatan sama serunya.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar