Harga Samsung Galaxy S21 fe 5g

Sejak tahun lalu samsung telah mengeluarkan seri FE pertamanya dari hp flagship mereka yakni Samsung S20 FE. Sekarang samsung kembali melanjutkan tradisi tersebut dengan baru saja merilis seri FE terbarunya, yakni Samsung S21 FE. Sekedar informasi FE adalah kepanjangan dari Fan Edition atau seri murahnya dari hp flagship yang sudah dirilis oleh samsung di tiap tahunnya.

Seri Fe ini diluncurkan untuk memberikan alternatif bagi orang yang ingin merasakan hp Flagshipnya samsung tapi tidak ingin mengeluarkan uang lebih dari 10 juta. Lalu seperti apa spesifikasinya? Mari kita bahas harganya terlebih dahulu.

Harga Samsung S21 Fe

  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 8.949.000
  • RAM 8 GB/256 GB = Rp 9.949.000

Spesifikasi Lengkap Samsung S21 Fe

  • CPU : Exynos 2100 5G
  • RAM : 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Kamera depan : 32 MP wide
  • Kamera belakang : Triple Camera 12 MP Wide, 8 MP Telephoto, 12 MP Ultrawide
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, 25 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / CDMA / EVDO / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,4”
  • Dimensi : 155,7 mm x 74,5 mm x 7,9 mm
  • Berat : 177 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Pertama dari sisi desainnya samsung S21 FE ini memakai bahan polikarbonat, bukan kaca tapi finishingnya tetap halus dan nyaman di tangan.

Ukuran dari hp ini memiliki panjang sekitar 155 mm dengan lebar 74,5 mm dan ketebalan 7,9 mm. Karena memakai bahan polikarbonat beratnya hanya berkisar di 177 gram saja.

Tampilan belakang hp samsung s21 fe

Pilihan warna yang disediakan pun lebih fun meliputi warna Olive, warna Graphite, White, dan warna Lavender.

Fitur body khas hp flagship pun masih ada, contohnya seperti fitur IP68 yang bisa memberikan perlindungan pada hp dari air dan debu.

Kamera

Sementara tata letak kameranya masih sama yakni dengan 3 kamera berjajar vertikal persis seperti hp samsung S21 series lainnya. Kamera utamanya punya resolusi sebesar 12 MP dengan OIS, dan 12 MP kamera ultrawide. Hanya kamera telephoto saja yang berbeda speknya yaitu 8 MP dengan 30 x Space Zoom serta OIS.

Sementara kamera depannya sendiri memiliki resolusi sebesar 32 MP dengan kemampuan merekam video yang bisa di set ke 4K 60FPS.

Hasil dari kameranya secara kasat mata tidak ada perbedaan yang signifikan antara seri FE dengan seri flagshipnya.

Gambar foto yang dihasilkan punya warna yang sama-sama cerah, dynamic range dan detail juga oke. Dibuat foto dalam ruangan atau low light juga tidak jauh berbeda.

Layar

Perbedaan lain antara samsung S21 FE dan S21 regular bisa dilihat di bagian layarnya karena memiliki ukuran layar sebesar 6,4 inci. Berbeda dengan S21 biasa yang memiliki ukuran layar 6,2 inci dan juga S21 Plus yang punya ukuran layar 6,7 inci.

Ukuran layar Hp ini berada di tengah-tengah seri tersebut sehingga menjadi opsi tambahan bagi orang yang ingin mencari ukuran layar yang sesuai.

Panel layar yang digunakan juga selevel dengan kakaknya karena memakai panel Dynamic AMOLED 2x yang lebih bagus daripada panel Super AMOLED yang ada di S20 FE.

Resolusinya FULL HD+ dengan refresh rate mencapai 120 Hz variable dilengkapi proteksi layar yang sudah mengadopsi Gorilla Glass Victus.

Chipset CPU

Mesin yang dipakai di Samsung S21 FE ini pun sama seperti dengan seri-ser S21 regulernya yakni memakai chipset Exynos 2100 dengan RAM 8 GB.

Mengenai performa tentu sudah tidak usah diragukan lagi karena sangat lancar dan tidak ada masalah jika dipakai untuk pekerjaan sehari-hari seperti browsing, chatting, dan main sosmed.

Ketika dites menggunakan aplikasi benchmark antutu skor yang didapat dari hp ini berada di kisaran 425 ribuan. Dipakai bermain game seperti PUBG tentu masih aman-aman saja, settingan yang di dapat bisa sampai Smooth-Extreme.

Sedikit berbada saat dipakai untuk main game yang lebih berat seperti Genshin Impact, meski di settingan medium frame ratenya maksimal di 35 FPS saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu hp agar tidak sampai overheat dan tetap stabil dengan mengedepankan kenyamanan saat dipakai main game.

Lihat juga: HP Samsung terbaru.

Baterai

Soal baterainya punya kapasitas sebesar 4500 mAh yang punya daya tahan relatif kuat buat dipakai seharian asal masih dalam pemakaian wajar. Screen on time yang didapat rata-rata di kisaran 4-5 jam termasuk bermain game dalam waktu yang tidak lama.

Pada saat dibuat main game PUBG selama 2 jam dengan settingan Smooth Extreme konsumsi baterainya hanya terpangkas sekitar 34 persen saja. Meski kepala charger tidak disertakan saat pembelian hp ini sudah support charging maksimal di 25 Watt.

Tenang karena fitur Fast wireless charging 15 watt juga sudah didukung tanpa harus ribet dicolok menggunakan kabel charger.

Wireless power sharing juga mendukung sehingga bisa dibuat mengecas device lain seperti TWS, dan lain sebagainya hanya dengan menggunakan hp ini.

Penutup

Dibanding seri flagshipnya yang lebih mahal seri FE ini memiliki perbedaan yang tidak jauh berbeda. Bahkan bagi sebagaian orang perbedaannya hanya terletak di bagian-bagian yang sepele saja.

Cocok bagi orang yang ingin merasakan seri flagship dari hp samsung tapi dengan harga yang lebih murah atau tidak sampai 10 juta.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar