Samsung Galaxy Z Flip 4: Harga, Spesifikasi Lengkap & Review

Keseriusan samsung dalam meproduksi hp-hp inovatif tidak berhenti pada Samsung Galaxy S series saja. Selain seri S Samsung juga terus mengupgrade seri Z terbarunya dengan merilis Galaxy Z Fold 4 sekaligus memperkenalkan hp penerus dari Galaxy Z Flip 3 yakni Samsung Galaxy Z Flip 4.

Pada Galaxy Z Flip 4 ada beberapa perubahan yang patut diapresiasi terutama di bagian baterai yang sudah mengalami peningkatan dibanding generasi keduanya atau Galaxy Z Flip 3. Selain itu bagian desain sudah dipoles agar lebih sempurna lagi dan fitur-fitur lainnya yang tidak kalah menarik.

Harga yang ditawarkan justru mengalami penurunan jika dibanding dengan generasi sebelumnya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas harganya terlebih dahulu.

Harga Samsung Galaxy Z Filp 4

  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 13.999.000
  • RAM 8 GB/256 GB = Rp 14.999.000
  • RAM 8 GB/512 GB = Rp 16.999.000

Spesifikasi Lengkap Galaxy Z Filp 4

  • CPU = Snapdragon 8+ Gen 1
  • RAM = 8 GB RAM
  • Memori Internal = 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Kamera depan = 10 MP Wide
  • Kamera belakang = 12 MP wide, 12 MP ultrawide
  • Baterai = Li-Po 3700 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE /EVDO / CDMA / 5G
  • Ukuran Layar = 6,7”, 1,9” layar cover
  • Dimensi = 165,2 mm x 71,9 mm x 6,9 mm jika tidak dilipat, 84,9 mm x 71,9 mm x 15,9-17,1 mm jika dilipat
  • Berat = 187 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Secara garis besar tampilan luar dari hp yang bisa dilipat ini (flipable) tidak banyak mengalami perubahan yang signifikan. Konsisten dalam mempertahankan ciri khas dari galaxy flip yakni compact dan stylish serta nyaman saat dibawa kemana-mana.

Pinggiran body hp tidak lagi berbentuk cembung seperti generasi sebelumnya melainkan sudah mengotak agar terlihat lebih elegan.

Engsel samsung galaxy z flip 4

Begitu juga dengan bagian engsel atau hinge hp ini dirancang agar lebih tipis sekitar 1 mm tapi anehnya bobot hp menjadi sedikit lebih berat yakni menjadi 187 gram. Tidak hanya ukuran engsel yang dibikin lebih tipis tapi feel saat membuka tutup atau melipat hp jadi lebih terasa kokoh. Seperti halnya engsel yang ada pada galaxy Z Fold 4 kemampuan engsel di hp ini juga diklaim bisa tahan saat dibuka tutup sebanyak 200 ribu kali.

Ukuran hp menjadi lebih ramping terutama saat tidak dilipat panjangnya 165,2 mm, 71,9 mm untuk lebarnya dan untuk tebalnya masih sama di 6,9 mm. Sementara saat dilipat panjang hp adalah 84,9 mm dengan lebar 71,9 mm dan tebal yang sama yakni di kisaran 15,9-17,1 mm.

Sertifikasi IPX8 juga telah dikantongi agar hp dapat bertahan saat terendam air di kedalaman maksimal 1,5 meter selama setengah jam.

Pilihan warnanya bervariasi antara lain ada warna Bora Purple, Graphite, Pink Gold, Blue, Yellow, White, dan satu lagi warna Special Edition atau Bespoke.

Kamera

Untuk bagian kameranya tidak banyak perubahan yang signifikan baik dari desain frame kamera maupun resolusinya. Sama-sama memiliki 2 buah lensa kamera belakang dengan resolusi tetap yakni 12 MP lensa wide, dan 12 MP lensa ultrawide. Begitu pula dengan kamera depannya yang tata letaknya juga sama-sama ditengah atas dan menggunakan resolusi sebesar 10 MP.

Menurut info dari Samsung performa OIS atau penstabil gambar menjadi lebih baik entah itu untuk pengambilan foto maupun video. Fitur shortcut untuk mengambil foto lewat layar cover depan masih menjadi ciri khas Samsung galaxy Z Flip 4 dengan rasio yang lebih utuh atau tidak terpotong.

Kualitas kamera belakangnya sangat bagus terutama saat dipakai di kondisi cahaya yang terang dari detail jelas dan warna tergolong natural. Dukungan perekaman videonya tidak berubah yakni bisa merekam hingga 4K 60FPS untuk kamera belakang dan 4K 30 FPS untuk kamera depan.

Layar

Dari segi ukuran layar baik di bagian layar cover dan layar dalamnya masih sama yakni 6,7 inchi dan 1,9 inchi. Bezel layar sedikit didesain lebih tipis agar tidak begitu mencolok garis hitam yang berada di samping layar hp.

Layar utama dan layar cover samsung galaxy z flip 4

Panelnya juga tetap mengandalkan Dynamic AMOLED 2X untuk layar dalam dan Super AMOLED untuk layar covernya.

Mendukung HDR10+ dengan refresh rate 120 Hz rasio layar dalamnya sedikit meningkat dari 84,7% menjadi 85,4%. Resolusi layarnya masih sama di 1080 x 2640 piksel untuk layar dalam dan 260×512 piksel untuk layar cover.

Fungsi layar depan lebih dioptimasi antara lain untuk menampilkan notifikasi, membalas pesan singkat, dan sebagai live preview saat dipakai foto menggunakan kamera belakang hp. Pengguna baru memang perlu beradaptasi untuk memahami cara kerja layar dari hp ini karena memang layarnya sangat leluasa untuk dieksplore lebih jauh.

Kacanya telah diperkuat dengan menggunakan Corning Gorilla Glass Victus generasi terbaru yakni Corning Gorilla Glass Victus+.

Chipset CPU

Tak mau ketinggalan dengan saudaranya chipset dari Galaxy Z Flip 4 juga sudah menggunakan Snapdragon keluaran terbaru yakni Snapdragon 8+ Gen 1. Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa chipset ini memiliki efisiensi daya yang lebih baik dibanding dengan chipset generasi sebelumnya.

Performanya juga tentu lebih kencang apalagi hp ini memasangkan RAM sebesar 8 GB di semua variannya.

Skor antutu yang didapatkan bisa disejajarkan dengan hp-hp flagship yang lain yakni hampir menyentuh angka 1 jutaan. Diyakini hp ini bisa membantu pekerjaan multitasking atau jika dipakai bermain game dari game ringan hingga berat tentu masih bisa dimainkan dengan cukup nyaman.

Tentu sistem operasinya patut diacungi jempol karena menggunakan One UI terbaru yakni 4.1.1 yang lebih disesuaikan untuk mendukung produktivitas penggunanya saat mengoperasikan hp ini.

Baterai

Salah satu bagian yang diupgrade secara signifikan ada di bagian baterainya. Dari kapasitas baterai yang hanya 3300 mAh menjadi 3700 mAh atau meningkat sekitar 10 hingga 15 persen. Memang masih di angka 3 ribuan tapi efisiansi dayanya tidak bisa diremehkan begitu saja karena tidak lepas dari kecanggihan chipset yang ada di hp ini.

Kecepatan chargernya juga meningkat dari 15 Watt menjadi 25 Watt dibanding dengan generasi sebelumnya. Sehingga hp ini diklaim bisa mengecas dari nol persen menuju 50 persen hanya butuh waktu setengah jam saja.

Jelas selain lebih irit untuk dipakai harian pengguna juga tidak perlu menunggu lama saat mengecas baterai. Tapi perlu dicatat bahwa charger hp dijual secara terpisah.

Penutup

Galaxy Z Flip 4 memang cocok bagi pengguna yang ingin memiliki hp unik nan stylish dengan segala macam fitur keren di dalamnya. Bisa dilipat adalah salah satu kelebihannya dengan beberapa upgrade spesifikasi dibanding generasi sebelumnya menjadi faktor pembeda apalagi harga yang ditawarkan lebih murah.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar