Harga Samsung Galaxy Z Fold 4, Spesifikasi dan Review

Tepat di bulan agustus 2021 atau 1 tahun yang lalu samsung mengeluarkan hp futuristik yang dikenal dengan dengan Galaxy Z Fold 3. Hp yang bisa dilipat ini menjadi salah satu hp yang paling ditunggu oleh banyak masyarakat khususnya para penggemar samsung. Kali ini di bulan yang sama juga samsung kembali merilis varian terbarunya yakni Galaxy Z Fold 4.

Memang jika diamati lebih dalam lagi perbedaan spesifikasi antara generasi fold ke empat dengan generasi fold ke tiga tidak terlalu signifikan. Hanya ada beberapa seperti dari segi dimensi, chipset, kamera depan di dalam layar, dan durabilitas bodynya.

Dengar-dengar harga barunya juga diturunkan dibanding generasi sebelumnya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Samsung Galaxy Z Fold 4

  • RAM 12 GB/256 GB = Rp 24.999.000
  • RAM 12 GB/512 GB = Rp 26.999.000
  • RAM 12 GB/1 TB = Rp 30.999.000

Spesifikasi Lengkap Galaxy Z Fold 4

  • CPU = Snapdragon 8+ Gen 1
  • RAM = 12 GB RAM
  • Memori Internal = 256 GB, 512 GB, 1 TB
  • Kamera depan = 4 MP di layar, 10 MP cover camera
  • Kamera belakang = 50 MP wide, 10 MP telephoto, 12 MP ulrawide
  • Baterai = Li-Po 4400 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE /EVDO / CDMA / 5G
  • Ukuran Layar = 7,6”, 6,2” layar cover
  • Dimensi = 155,1 mm x 130,1 mm x 6,3 mm jika tidak dilipat, 155,1 mm x 67,1 mm x 14,2-15,8 mm jika dilipat
  • Berat = 263 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Secara umum desainnya masih sama dibanding seri pendahulunya dengan sedikit perubahan antara lain dimensi, luas bezel dan beratnya.

Layar samsung galaxy z fold 4 saat dibuka

Dalam keadaan terlipat Samsung Galaxy Fold 4 kelihatan lebih pendek sedikit dan bila dibuka atau dibentangkan akan terlihat lebih lebar. Jika tidak dilipat panjang hp ini adalah 155,1mm dengan lebar 130,1mm dan tebal 6,3mm. Namun jika dilipat lebarnya menjadi 67,1mm dengan tebal antara 14,2-15,8mm dan sama panjang.

Bobotnya sendiri sedikit diturunkan dari yang awalnya 271 gram dipangkas 8 gram sehingga menjadi 263 gram saja. Terlihat perbedaan di bagian hinge-nya atau engsel di mana Samsung mengaplikasikan Single Hinge Design agar engsel menjadi lebih slim.

Daya tahan engsel hp ini juga diklaim lebih baik dan lebih kuat agar tahan lipatan sebanyak 200 ribu kali buka tutup. Jadi ini menjawab rasa khawatir pengguna terhadap mekanisme engsel hp ini saat digunakan sehari-hari.

Bagian engsel samsung galaxy z fold 4

Bodynya juga sudah lolos uji sertifikasi IPX8 atau tahan terhadap air sama seperti generasi sebelumnya. Ada beberapa pilihan warna yang tersedia untuk hp ini antara lain warna Hijau tua, Hitam dan juga Putih.

Kamera

Bagian yang mengalami peningkatan ada di kameranya, modul kamera belakangnya sedikit lebih lebar dengan konfigurasi kamera seperti pada Galaxy S22. Ada 3 buah lensa di kamera belakangnya masing-masing memiliki resolusi 50 MP untuk kamera utama, 10 MP lensa telephoto bisa 3x optical zoom, dan 12 MP lensa ultrawide.Perbedaan resolusi kamera utamanya jauh meningkat dari yang hanya 12 MP di generasi Fold 3 menjadi 50 MP di generasi sekarang.

Kamera samsung galaxy z fold 4

Sementara kamera depannya beresolusi 10 MP dan ada under display camera atau kamera yang ada di dalam layar yang resolusinya sebesar 4 MP. Untuk under display camera di versi yang baru ini dirancang lebih rapat jadi tidak terlalu kelihatan kamera depannya dibanding versi sebelumnya.

Hasil kameranya secara statistik bisa dibandingkan dengan samsung galaxy S22 tapi bukan S22 versi yang ultra. Kualitas perekaman video untuk kamera belakang sudah support 4K 60 FPS lengkap dengan fitur OIS untuk penstabil gambar. Sedangkan untuk kamera depan mendukung perekaman di 4K 30FPS.

Layar

Spesifikasi layarnya tidak banyak berubah baik dari ukuran layar yang sama-sama 7,6 inchi untuk bagian dalam dan 6,2 inchi untuk luarnya. Bezel layarnya sudah dirancang lebih tipis dengan rasio body layar sebesar 90,9% dan support accesoris S Pen Samsung yang latency-nya semakin rendah yakni 3,3 ms saja.

Panel yang digunakan yakni Dynamic AMOLED 2X dan tiap layarnya mendukung refresh rate adaptive hingga 120 Hz. Teknologi dari layarnya menggunakan M612 OLED yang diklaim lebih terang dan punya daya tahan lebih lama. Serta sudah dilengkapi dengan kaca Super UTG atau Ultra Thin Glass yang lebih durable dibanding fold sebelumnya dikombinasikan dengan Corning Gorilla Glass terbaru yakni Corning Gorilla Glass Victus+.

Sayangnya saat layar dibentangkan masih ada lipatan vertikal yang terlihat tapi sudah lebih tersamarkan.

Chipset CPU

Tak kalah dengan hp premium lainnya Galaxy Z Fold 4 sudah menggunakan chipset besutan snapdragon yang paling kencang saat ini yakni Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset ini terkenal dengan efisiensi dayanya yang unggul 30 persen dibanding chipset seri sebelumnya atau Snapdragon 8 Gen 1. Performanya juga lebih kencang 100 Mhz jadi meskipun selisih sedikit tapi itu akan mempengaruhi saat dipakai menjalankan aplikasi atau game berat.

Sekalipun digunakan untuk main game sebagai contoh Call Of Duty mobile hp ini bisa melibas di settingan tertingginya dengan rata-rata stabil di 80 an FPS. Lanjut ke game sejuta umat yakni PUBG Mobile hp ini dapat diset hingga Ultra HD- Ultra dengan fps stabil do 40 FPS. Digeber untuk main game sekelas Genshin Impact pun masih tidak ada masalah yang berarti karena bisa dapat fps stabil di 40 FPS untuk settingan tertingginya.

Pada saat diuji menggunakan aplikasi bencmark antutu versi 9 hp ini mampu mencatatkan skor di kisaran 980 ribuan. Pengujian tidak berhenti disitu dan kali ini menggunakan aplikasi Geekbench skor single core yang didapat berkisar di angka 1300 an dan untuk skor multi core menyentuh angka di kisaran 4000 an.

Kecepatan storagenya juga menarik untuk dibahas karena sudah menggunakan teknologi UFS 4.0 atau 2x lebih cepat dibanding UFS 3.1 yang ada di rata-rata hp premium saat ini.

Baterai

Meski total kapasitas baterainya hanya 4400 mAh atau tidak berubah layaknya seperti generasi pendahulunya namun dari tingkat efisiensi daya jelas berbeda. Hal ini didukung berkat teknologi optimasi yang dihasilkan dari chipset Snapdragon 8+ Gen 1 sehingga mampu menghemat daya lebih banyak 30 persen dibanding seri sebelumnya.

Dukungan kecepatan casnya juga masih sama yakni 25 Watt untuk pengecasan biasa dan sedikit meningkat menjadi 15 watt untuk pengecasan wireless, serta reverse wireless charging 4,5 watt. Saat dicas menggunakan kabel biasa samsung mengklaim hanya butuh waktu setengah jam saja untuk bisa mengecas dari nol persen ke 50 persen.

Anehnya untuk menyempurnakan performa baterainya Samsung berkolaborasi dengan pabrikan LG, padahal samsung sudah mempunyai teknologi baterai sendiri yang tak kalah bagusnya.

Penutup

Samsung dengan Galaxy Z Fold 4nya bisa dibilang mempunyai misi untuk menyempurnakan segala spesifikasi yang dirasa kurang dari Galaxy Z Fold 3 atau generasi sebelumya. Harga yang ditawarkan lebih murah dengan teknologi yang disajikan tergolong lebih baru hp ini layak untuk dimiliki oleh orang-orang produktif yang suka bekerja secara multitasking.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar