Harga Samsung M22, Spesifikasi dan Review Lengkapnya

Setiap kali samsung mengeluarkan seri M terbarunya pasti pertama kali yang menjadi perhatian semua orang adalah kapasitas baterainya. Pada tahun lalu samsung sempat merilis seri Galaxy M21 yang ternyata cukup worth it dan banyak diminati masyarakat. Tahun ini juga samsung kembali merilis seri M penerus dari M21, yakni Galaxy M22 dengan kapasitas baterai yang tidak kalah besarnya. Tapi ada yang beda dari seri M sebelum-sebelumnya di mana samsung terlalu memfokuskan bagian baterainya yang besar-besar dengan mengorbankan beberapa bagian yang lain.

Kali ini samsung dengan galaxy M22nya menawarkan body hp yang ringkas, fitur oke, tanpa mengorbankan daya tahan baterai yang memang sudah terkenal awet di seri M. ingin tahu spesifikasi dan review lengkap dari galaxy m22 tersebut? Mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Samsung Galaxy M22

  • RAM 6GB/128 GB = Rp 2.700.000

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M22

  • CPU : Helio G80
  • RAM : 6 GB RAM,
  • Memori Internal : 128 GB,
  • Kamera depan : 13 MP
  • Kamera belakang : Quad Camera 48MP Wide, 8 MP Ultrawide, 2 MP Macro, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 25 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,4”
  • Dimensi : 159,9 mm x 74 mm x 8,4 mm
  • Berat : 186 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Memiliki desain yang simple dan minimalis, hp samsung galaxy M22 terbuat dari bahan policarbonate dengan corak garis-garis vertikal yang ada di bagian belakangnya. Finishing bodynya dibuat matte agar meminimalisir cetakan sidik jari. Warna yang tersedia ada Black, White, dan Light Blue.

Tampilan belakang samsung m22

Panjang hp ini sekitar 160 mm dan lebar di kisaran 74mm dengan ketebalan mencapai 8,4 mm.Tentu lebih ramping dibanding seri M21. Begitu juga dengan bobot hp ini di mana berat hp sekitar 186 gram atau menjadi lebih ringan dari seri sebelumnya.

Kamera

Di bagian kamera belakangnya terdapat 4 buah lensa yang ada di dalam frame berbentuk persegi, sementara letak lampu flashnya terdapat di luar frame tepatnya di bagian bawah frame. Masing masing lensa pada kamera belakangnya terdiri dari 48 MP lensa wide, 8 MP lensa ultrawide, 2 MP lensa macro, dan 2 MP lensa bokeh atau depth.

Sementara di kamera depannya sendiri galaxy M22 memposisikan kameranya di bagian tengah atas layar dengan resolusi sebesar 13 MP. Buat dipakai foto-foto hasilnya cukup bagus dengan detail yang lumayan oke, dengan warna ideal tapi tidak terlalu istimewa.

Format video yang dihasilkan baik kamera belakang maupun kamera depannya hanya mampu merekam format 1080p 30 fps.

Layar

Tidak cuma memakai panel Super AMOLED saja tapi HP Samsung terbaru ini sudah memakai refresh rate yang tinggi yakni kecepatannya 90 Hz. Dikombinasikan dengan One UI samsung yang responsif serta menggunakan resolusi layar HD+ membuat pengguna betah untuk dipakai browsing ataupun nonton film.

Ukuran layar yang 6,4 inch dirasa cukup ideal bagi sebagian orang apalagi hp ini sudah mengantongi sertifikan Widevine L1 yang mampu memaksimalkan tampilan layar aplikasi streaming seperti Netfilx.

Beda halnya layar hp para kompetitor dengan harga yang setara di mana kebanyakan masih menggunakan layar IPS LCD, tentu samsung M22 jauh lebih modern.

Chipset CPU

Kalau untuk performanya chipset Mediatek Helio G80 ini masih jadi andalannya brand Samsung. Mulai dari samsung seri A32, A22, M32, dan sekarang di galaxy M22. Chipset ini punya dua mesing turbo A76 yang bakal memegang peranan penting dalam mendongkrak tugas-tugas yang berat dengan tetap mengefisiensikan daya pada baterai agar tahan lama.

Ketika dipakai main game seperti PUBG mobile bisa dapat settingan Smooth-Ultra, cukup lancar karena masih bisa dapat 40 fps. Mabar mobile legend juga cukup oke karena bisa High Frame Rate di 60fps, meski settingan grafiknya hanya mentok di High saja tidak bisa sampai Ultra.

Saat dites menggunakan aplikasi benchmark seperti Geekbench skor yang didapat untuk single corenya dapat di 370 an, dan untuk multicore-nya di 1300-an. Skor yang didapatkan jika dites dengan aplikasi benchmark antutu versi delapan mencapai skor di kisaran 200 ribuan.

Baterai

Walau tidak sebesar seri M sebelum-sebelumnya, kapasitas 5000mAh yang disematkan pada M22 adalah kapasitas baterai yang masih terbilang besar. Daya tahan baterainya jika dipakai satu hari penuh dengan aktifitas penggunaan yang intens terbukti masih bisa bertahan.

Sebagai gambaran jika digunakan untuk beraktifitas sehari-hari dalam penggunaan yang wajar sepeti zoom meeting, mabar, nonton film, dipakai navigasi GPS, hp ini baru low bat ketika besok paginya.

Turunnya prosentase baterai pada hp ini masih terbilang wajar, saat dipakai untuk menyalakan google maps dengan GPS selama 30 menit baterainya berkurang 4 persen saja. Jika dipakai untuk zoom meeting sektiar 1 jam baterainya berkurang sekitar 6 persen saja. Begitu juga saat dibuat main game Mobile Legends 1 pertandingan atau 30 menitan hanya berkurang 6 persen.

Charger bawaan yang diberi oleh samsung memiliki daya hanya 15 watt saja. Sehingga proses pengisian baterai dari 10 ke 100 persen butuh waktu sekitar 1 jam 55 menit. Sayang sekali padahal hp ini sudah support fast charging samsung yang outputnya sebesar 25 W. Tentu kita harus beli chargernya secara terpisah jika ingin mengecas hp lebih cepat lagi.

Penutup

Menyasar kalangan menengah ke bawah dengan harga 2 jutaan hp samsung Galaxy M22 menawarkan desain yang minimalis, layar yang oke, dan tentunya kapasitas baterai yang besar. Bagi kita yang membutuhkan fitur-fitur lain seperti NFC untuk transaksi digital, Widevine L1 untuk nonton film di aplikasi streaming, jangan ragu-ragu meminang hp ini.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar