Harga Samsung M33

Selang beberapa hari sejak samsung merilis hp seri M23 samsung kembali merilis seri lanjutannya yakni Galaxy M33. Sama-sama diusung dengan konektivitas 5G kedua hp tersebut memang punya perbedaan yang tidak terlalu signifikan.

Buat yang mengikuti perkembangan hp samsung dari tahun lalu pasti tahu kalau hp ini membawa desain khas seri M. Padahal di seri M23 samsung sempat memberi kejutan dengan mengusung tampilan hp yang unik dibanding dengan seri sebelum-sebelumnya. Tapi ternyata di seri M terbarunya inilah samsung kelihatan ingin menampakkan kembali tampilan khas hp seri tersebut.

Selisih tanggal rilis antar kedua hp yang tergolong singkat akan menimbulkan rasa penasaran dan pertanyaan di mata masyarakat. Berapa sih harganya?

Harga Samsung M33

  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 3.799.000
  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 3.999.000

Spesifikasi Lengkap Samsung M33

  • CPU : Exynos 1280
  • RAM : 6 GB RAM. 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP wide
  • Kamera belakang : Quad Camera 50 MP Wide, 5 MP Ultrawide, 2 MP Depth, 2 MP Macro
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 25 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,6”
  • Dimensi : 165,4 mm x 76,9 mm x 9,4 mm
  • Berat : 198 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Finishing hp samsung M33 terlihat lebih mewah karena mengadopsi warna matte dibanding hp samsung M23 yang baru rilis.

Beralih ke tata letaknya di sisi kanan hp ada tombol power yang berfungsi sebagai fingerprint scanner, lalu disampingnya terdapat tombol volume rocker. Kemudian di sisi atas ada microphone untuk noise cancellation, dan di sisi kiri ada SIM tray triple card slot. Tulisan brand samsung seperti biasa berada di bagian belakang bawah body hp. Letak lubang microphone satu lagi, jack audio, port USB type C dan lubang speaker terdapat di sisi bawah hp.

Tampak belakang samsung m33 5g

Ukuran dimensinya memiliki panjang sekitar 165 mm dengan lebar 76,9 mm dan tebal 9,4 mm. Mengenai bobot hp ini sama seperti seri sebelumnya yakni 198 gram.

Terdapat 3 varian warna yang bisa dipilih antara lain warna Blue, Brown, dan Green yang akan sedikit berubah warna jika terkena pantulan cahaya di sudut tertentu.

Kamera

Bicara tentang frame kameranya hp ini mirip dengan seri M samsung keluaran tahun lalu baik itu seperti seri M22 maupun M32.

Bentuk kameranya mengotak dan tepat dibagian bawah framenya terdapat sebuah lampu LED Flash yang berfungsi untuk pencahayaan saat memotret.

Berbekal 4 buah lensa kamera di bagian belakangnya dengan rincian 50 MP wide, 5 MP ultrawide, 2 MP depth, dan 2 MP macro hasilnya tentu bisa memuaskan. Sementara kamera bagian depannya berbentuk poni dengan mengusung resolusi kamera sebesar 8 MP untuk keperluan selfie penggunanya.

Format yang dapat dicapai dengan perekaman hp ini yakni bisa sampai 4K 30fps dengan kamera belakangnya, dan FULL HD 30 Fps dengan kamera depannya. Fitur-fitur kameranya bervariasi ada Night mode, Pro, Single Take, Super Slow mo, Panorama, dan tentu masih banyak lagi.

Simak juga: HP Samsung Terbaru.

Layar

Bagian inilah hp samsung M23 dengan M33 memiliki banyak kemiripan. Baik dari panel yang digunakan yakni LCD berukuran 6,6 inchi lengkap dengan resolusi FULL HD Plus. Kecepatan layarnya juga 120 Hz serta punya fitur Infinity V display sehingga masalah kenyamanan sudah pasti bisa disamakan dengan kualitas seri M23 samsung.

Bezel layarnya sendiri pada sisi kiri, kanan, dan atas tergolong tipis, berbeda dengan bezel bagian bawah hp yang terlihat tebal. Panel tersebut memang tidak bisa dibandingkan dengan layar Super AMOLED, akan tetapi kualitasnya sekilas sama dan jika dilihat dari sisi samping warna layar tidak pudar.

Chipset CPU

Di sini samsung memasangkan chipset Exynos 1280 di mana chipset tersebut sama dengan yang dipasangkan di hp seri A terbaru samsung! Jadi untuk masalah kecepatan hp ini layak disejajarkan dengan performa hp seri A yang dimiliki samsung.

Varian RAM yang ditawarkan ada 2 macam yakni 6 GB, dan 8 GB dengan masing-masing storage sebesar 128 GB. Bagi yang masih merasa kapasitas RAM-nya kurang pengguna bisa memanfaatkan fitur RAM plus yang bisa di-extend sesuai dengan besaran kapasitas RAM bawaan hp.

Performanya bisa dibuktikan dengan hasil tes menggunakan antutu versi 9 yang sedikit tinggi dibandingkan seri sebelumnya yakni mencapai 395 ribuan.

Jika dipakai mabar game PUBG grafik yang didapat hp ini bisa sampai settingan Smooth-High. Bahkan kemungkinan bisa lebih tinggi lagi seiring dengan adanya upgrade sistem dari samsung. Sementara untuk game seperti Mobile Legend yang lebih ringan dari PUBG tentu settingan tertingginya bisa dilibas dengan mudah.

Baterai

Lalu untuk bagian baterainya hp ini punya kapasitas baterai yang berbeda sesuai dengan wilayah rilisnya.

Khusus samsung M33 versi india kapasitas baterainya mencapai 6000 mAh, berbeda dengan Indonesia yang hanya 5000mAh. Tapi jangan khawatir untuk fitur fast charging-nya sama-sama mampu mendukung kecepatan cas 25 Watt. Durasi pengecasannya memang tergantung dengan versi hp yang digunakan dan dilihat dari kapasitas baterainya.

Misal pada hp samsung M33 dengan kapasitas baterai 6000 mah dibutuhkan waktu sekitar 1 jam setengah untuk mengecasa dari nol persen ke penuh. Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk hp samsung M33 yang berkapasitas 5000 mAh durasi pengecasannya akan lebih cepat.

Perihal keiritan-nya jangan dianggap remeh sama seperti seri sebelumnya hp ini bisa menemani aktivitas sehari-hari pengguna tanpa takut kehabisan baterai. Sebagai contoh jika dipakai bermain game PUBG selama satu jam setengah kapasitas baterai hanya berkurang sekitar 29 persen saja.

Penutup

Samsung M33 hadir untuk memberikan opsi baru bagi pengguna serta mengisi celah harga di antara Samsung Galaxy M23 5G dengan Galaxy A33 5G. Apalagi dengan dipasangkan-nya chipset Exynos 1280 membuat hp ini masuk dalam kategori hp termurah di jajarannya yang menawarkan performa serta tampilan baru.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar