Vivo T1 5G: Harga Terbaru, Spesifikasi dan Review

Punya dana pas-pasan tapi ingin cari hp yang sudah support jaringan 5G? Vivo T1 5G bisa jadi pilihan utama karena harganya murah cuma di 3 jutaan. Awalnya mungkin banyak yang skepsits karena menurut klaimnya hp ini adalah hp 5G paling cepat di kelas mid range dengan turbo performance.

Memang selama ini vivo memproduksi hp di harga 3 jutaan dengan mengandalkan fitur-fitur tertentu saja seperti kamera, desain, atau baterainya. Tapi setelah melihat harga dan juga spek yang ada di dalamnya kepedean vivo yang tiba-tiba memunculkan hp Vivo t1 5G ini jadi semakin masuk akal. Tanpa berlama-lama untuk membuktikan apakah hp tersebut adalah yang tercepat dikelasnya mari kita bahas terlebih dahulu harganya.

Harga Vivo T1 5G

  • RAM 4 GB/128 GB = Rp 2.999.000
  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 3.399.000

Spesifikasi Lengkap Vivo T1 5G

  • CPU : MediaTek Dimensity 810 5G
  • RAM : 4 GB RAM, 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 16 MP wide
  • Kamera belakang : Triple Camera 50 MP Wide, 2 MP Depth, 2 MP Macro
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,6”
  • Dimensi : 164 mm x 75,8 mm x 8,3 mm
  • Berat : 187 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Nampak dari segi desain bisa dibilang cukup familiar seperti hp-hp vivo seri Y baik itu warnanya maupun bentuknya.

Feel saat dipegang lumayan enak, teksturnya agak licin dengan balutan matte di setiap warnanya. Build quality-nya juga oke.

Tampak belakang vivo t1 5g

Ukurannya sendiri cukup standar karena memiliki panjang sekitar 164 mm, dengan lebar 75,8 mm dan tebal 8.3 mm. Kemudian untuk beratnya sendiri ada di angka 187 gram. Didesain dengan dua varian RAM yakni RAM 4 GB dan ada juga yang 8 GB dengan selisih harga tidak jauh berbeda.

Warna yang ditawarkan ada dua antara lain Starlight Black dan Rainbow Fantasy yang bisa berubah warna jika terkena pantulan cahaya.

Kamera

Pertama-tama dari sisi desain kamera berbentuk kotak pada bagian frame kamera belakangnya dengan garis tipis di samping frame yang menjadi pembeda dari seri lainnya. Setup kamera belakangnya menggunakan triple kamera dengan kamera utama 50 MP, kamera bokeh 2MP, dan kamera super macro 2MP.

Hasil foto outdoor di kondisi cahaya yang cerah terlihat bagus baik dari warnanya yang natural, tidak lebay, dynamic range masih oke, untuk detailnya sedikit oversharpen tapi tidak kusam. Sementara untuk foto indoor juga masih asik kecerahan warna masih tetap terjaga, tapi untuk detail sudah terlihat kurang.

Berbeda lagi jika dipakai foto low ligth detailnya akan terasa terlalu halus, dan mudah goyang jadi harus ekstra stabil saat memotret malam hari.

Model pada kamera depan-nya juga masih berbentuk tetesan air atau notch drop dengan ukuran resolusi kamera sebesar 16 MP. Video yang dihasilkan baik dari kamera depan maupun belakang maksimal bisa merekam 1080p di 30fps. Simak juga: HP Vivo Terbaru.

Layar

Bagian layar dari Vivo T1 5G ini memang tidak terlalu menonjol atau terbilang masih standar dengan dukungan Refresh Rate 60 Hz. Hal itu sedikit disayangkan karena kebanyakan hp keluaran terbaru sudah menggunakan refresh rate yang tinggi di 120 Hz atau paling tidak 90 Hz.

Berukuran 6,59 inchi layarnya menggunakan panel IPS LCD dan sudah memiliki resolusi FULL HD untuk menghasilkan kualitas warna yang enak dilihat meski tidak secerah layar AMOLED.

Layarnya dikombinasikan dengan DCI P3 color gamut sehingga cukup nyaman jika dipakai nonton film atau bermain game.

Chipset CPU

Menariknya chipset yang dipakai Vivo T1 5G ini juga kencang, yakni MediaTek Dimensity 810 5G. Berbeda dengan chipset-chipset hp sekelasnya di harga yang sama.

Skor benchmark dibanding chipset Snapdragon 680 memang lebih tinggi. Dites menggunakan antutu versi 9 hp ini mampu mencatatkan angka yang cukup mantap di kisaran 370 ribuan. Begitu juga skor benchmark di geekbench yang lebih unggul 20 hingga 30 persen baik di single core maupun multicore-nya.

Buat performa main gamenya sendiri jika dipakai bermain Mobile Legend settingan grafisnya sudah pasti aman.

Untuk game PUBG Mobile bisa dijalankan di settingan yang mulus Smooth-High dan mentok di frame 40 FPS. Lebih bagus daripada di Snapdragon 680 yang masih lock di 30FPS. Sementara untuk game-game berat seperti Genshin Impact rata-rata yang didapat bisa 36,6 FPS di mode lowest atau biasa. Jika diganti di mode Performance frame ratenya bisa nambah hingga 40FPS.

Cuma ada sedikit catatan jika dipakai main agak lama hp tidak panas tapi frame rate akan melambat ke 24 hingga 30 fps untuk menjaga suhu. Setelah kurang lebih 5 menitan performa akan naik kembali.

Baterai

Pada komponen baterai hp ini memiliki kapasitas baterai 5000 mAh yang cukup ideal untuk hp keluaran sekarang.

Ketahanan baterainya untuk penggunaahn sehari-hari seperti saat dipakai nonton youtube selama sejam sangat irit karena hanya mengonsumsi baterai 4-5 persen saja.

Dibuat untuk scrolling tiktok selama sejam juga tidak masalah baterai hanya berkurang sekitar 7 persen. Digunakan untuk bermain game seperti Mobile Legend atau PUBG selama setengah jam kurangnya hanya sekitar 6 persen.

Fitur fast charging 18 Watt di charger bawaannya cukup membantu meskipun tidak bisa dibilang cepat. Butuh waktu setengah jam untuk mencas baterai biar terisi 37 persen. Sedangkan untuk mengecas baterai secara penuh butuh waktu sekitar 2 jam 8 menit.

Penutup

Sekelas hp realme ataupun xiaomi saja keberadaan hp 3 jutaan yang sudah support 5G terbilang masih langka. Jadi dengan adanya hp ini pilihan hp 5G di rentang harga segitu semakin bertambah. Apalagi performa yang dihasilkan oleh Vivo T1 5G ini patut diakui dan layak disandingkan dengan para kompetitor tanpa mengorbankan fitur-fitur yang lainnya.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar