Harga Vivo V25 5G, Spesifikasi dan Review

Tepat pada tanggal 17 Agustus tahun ini Vivo meluncurkan hp V25 series terbarunya di India yang terdiri dari Vivo V25 dan V25 Pro. Kemudian negara Thailand dan Indonesia juga akan menjadi tempat berlabuh selanjutnya. Kedua ponsel tersebut adalah penerus dari V23 series yang telah dirilis lebih dulu atau pada awal Januari 2022.

Salah satu perubahan yang paling ketara dibawakan oleh Vivo V25 series dibanding seri pendahulunya terletak pada desainnya. Kali ini Vivo tidak lagi menggunakan 2 buah lensa kamera selfie seperti pada V23 seriesnya melainkan menggunakan 1 buah lensa saja.

Tentunya baik Vivo V25 dengan V25 Pro memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing. Untuk spesifikasi dan review lengkap hp Vivo V25 mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Vivo V25

  • RAM 8 GB/128 GB = Rp 6.000.000

Spesifikasi Lengkap Vivo V25

  • CPU = MediaTek Dimensity 900
  • RAM = 8 GB RAM
  • Memori Internal = 128 GB
  • Kamera depan = 50 MP
  • Kamera belakang = 64 MP Wide, 8 MP Ultrawide, 2 MP Macro
  • Baterai = Li-Po 4500 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar = 6,44”
  • Dimensi = 159,2 mm x 74,2 mm x 7,8 mm
  • Berat = 186 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Tampak belakang vivo v25 5g

Hadir dengan desain flat atau desain mengotak seperti pendahulunya Vivo V25 tampil lebih fresh dengan lensa kamera belakang yang dirancang lebih besar. Menerapkan color changing display pada body bagian belakangnya sehingga warna hp otomatis bisa berubah ketika terkena sinar UV.

Umumnya backdoor hp yang terbuat dari kaca akan cepat kotor dan gampang meninggalkan sidik jari, tapi tidak dengan hp ini karena sudah menggunakan Flourite AG Glass. Desain hp berbentuk mengotak tetapi juga ergonomis untuk mendukung kenyamanan saat hp digenggam.

Dimensi hp ini memiliki panjang 159,2 mm dengan lebar 74,2 mm dan tebal 7,8 mm. Memang sedikit lebih tebal dari pendahulunya hal itu dikarenakan kapasitas baterai yang bertambah.

Bobotnya juga mengalami sedikit peningkatan yakni menjadi 186 gram. Adapun warna yang tersedia ada 3 macam antara lain Diamond Black, Sunrise Gold, dan Aquamarine Blue.

Kamera

Di bagian desain kamera belakangnya sudah mengikuti perkembangan hp-hp keluaran sekarang dengan memasngkan 2 buah lensa yang berbentuk lebar dan 1 buah lensa yang berukuran kecil. Camera bump atau frame di kamera belakangnya berbentuk kotak yang tidak begitu menonjol sehingga tetap terlihat estetik.

Kedua buah lensa kamera belakang tersebut memiliki resolusi sebesar 64 MP kamera Wide, 8 MP kamera ultrawide, dan 2 MP lensa macro.

Sedangkan kamera selfienya hanya dipasangkan 1 buah lensa yang didesain waterdrop notch dengan resolusi sebesar 50 MP yang bisa menghasilkan foto selfie dengan kualitas cukup bagus. Hasil foto kamera belakangnya tidak ada masalah yang berarti baik dari warnanya, bokeh, dan juga auto fokusnya relatif cepat, meskipun digunakan di malam hari detailnya juga masih oke. Hal tersebut memang didukung berkat adanya fitur OIS kamera yang berfungsi untuk menstabilkan kamera saat digunakan untuk foto maupun video.

Mengenai kualitas video yang bisa dihasilkan baik dengan menggunakan kamera depan ataupun kamera belakang sama-sama mendukung format 4K di 30fps.

Layar

Spesifikasi layarnya sendiri tidak jauh berbeda dengan pendahulunya misalnya dari panel yang digunakan yakni AMOLED dengan refresh rate maksimal 90 Hz. Terdapat opsi refresh rate yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna yakni 90 Hz, 60 Hz, atau refresh rate adaptive yang cukup membantu bagi pengguna yang malas setting-setting layarnya.

Resolusi layar masih konsisten di angka 1080 x 2404, mendukung HDR10+, dan memiliki kerapatan piksel 409 ppi. Letak perbedaannya hanya di ukuran layar yang sedikit diperkecil menjadi 6,44 inchi. Meski begitu kualitas gambar yang dihasilkan tidak usah diragukan lagi.

Bezel layar pada hp ini tidak terlalu tipis dan tidak pula terlalu tebal di bagian samping-sampingnya. Hanya saja pada bezel bagian bawah terlihat sedikit lebih lebar tapi tidak terlalu mengganggu.

Chipset CPU

Performa dari hp ini sedikit mengalami perubahan karena menggunakan chipset MediaTek Dimensity 900. Jika dibandingkan dengan seri pendahulunya atau Vivo V23 5G chipset yang digunakan yakni MediaTek Dimensity 920.

Sehingga bisa dilihat bahwa chipsetnya memang mengalami sedikit penurunan tetapi untuk fabrikasinya masih sama-sama di 6 nm dan sama-sama mendukung konektivitas 5G. Performa yang dihasilkan tentu sudah lebih dari cukup bila dipakai untuk multitasking bahkan bermain game sekalipun. Misalnya saja saat dipakai game PUBG Mobile settingan yang didapat bisa di set ke Smooth-Extreme dengan gameplay yang stabil.

Sebagai catatan hp Vivo V25 sudah memiliki fitur NFC, serta sensor gyroscope hardware yang tentu akan sangat berguna bagi beberapa orang.

Apabila dipakai main PUBG lancar maka saat digunakan untuk main game dengan kelas yang lebih ringan seperti Mobile Legend hasilnya tentu bisa lebih lancar lagi pada settingan tertingginya. Ketika dites menggunakan aplikasi benchmark antutu hp ini bisa mencatatkan angka di kisaran 460 ribuan.

Baterai

Kapasitas baterai yang dipasangkan di hp ini lebih besar dibanding seri sebelumnya dari yang awalnya cuma 4200 mAh sekarang menjadi 4500 mAh. Meski jika dilihat dari peningkatannya tidak terpaut jauh namun hal itu untuk menjaga agar ponsel tetap ringan dan ramping.

Fitur kecepatan casnya juga masih dipertahankan dengan adapter bawaan yang sudah support fast charging 44 Watt menggunakan kabel USB type C.

Menurut klaimnya hp ini bisa mengecas dari kondisi baterai 0 persen menuju ke 61 persen dalam waktu kurang lebih 30 menit saja.

Bicara tentang konsumsi dayanya hp ini bisa tahan seharian penuh dengan penggunaan normal seperti browsing, main sosmed, foto-foto, dan bermain game dengan intensitas yang wajar.

Penutup

Perubahan yang diusung di hp ini dari satu sisi sangat positif seperti pada bagian desain lebih fresh, kamera, baterai besar, dan beberapa spesifikasi yang lain. Hanya saja chipset yang digunakan tidak lebih baik dari seri sebelumnya meskipun performa yang didapat tidak berbeda jauh.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar