Harga Vivo X80, Spesifikasi Lengkap dan Review

Nampaknya Vivo tidak suka berlama-lama untuk merilis hp kelas flagship terbarunya karena dalam satu tahun ini sudah ada dua seri flagship yang dirilis. Setelah merilis Vivo X70 series di akhir tahun kemarin Vivo kembali bersiap merilis varian terbarunya yakni Vivo X80 series pada pertengahan tahun ini.

Tidak tanggung-tanggung ada dua varian X80 yang segera dirilis secara bersamaan antara lain seri X80 biasa dan satu lagi varian tertingginya yaitu X80 Pro. Fitur-fitur yang ditawarkan tentu tidak sembarangan terutama pada bagian kameranya yang menggunakan lensa Zeiss.

Untuk kesekian kalinya Vivo bekerja sama menggarap proyek kamera hp flagshipnya dengan produsen lensa optik yang telah mendunia tersebut. Supaya lebih jelas mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Vivo X80

  • RAM 12 GB/256 GB = Rp 11.999.000

Spesifikasi Lengkap Vivo X80

  • CPU = Mediatek Dimensity 9000
  • RAM = 12 GB RAM
  • Memori Internal = 256 GB
  • Kamera depan = 32 MP wide
  • Kamera belakang = 50 MP Wide, 12 MP Ultrawide, 12 MP Telephoto
  • Baterai = Li-Po 4500 mAh
  • Jaringan = GSM / HSPA / LTE / CDMA / CDMA 2000 / 5G
  • Ukuran Layar = 6,78”
  • Dimensi = 165 mm x 75,2 mm x 8,8 mm
  • Berat = 203 gram

Review Lengkap

Kamera belakang vivo x80

Desain pada Vivo X80 seri yang biasa dengan X80 Pro terlihat serupa tapi tak sama. Meski sama-sama didesain estetik menggunakan frame alumunium tapi dimensi antar keduanya berbeda.

Dimensi hp pada X80 dibuat sedikit lebih ringkas dengan panjang 165 mm, lebar 75,2 mm dan tebal yang hanya 8,8 mm. Bahkan bobotnya saja selisih hingga 12 gram dibanding versi pro yang 125 gram. Sedangkan versi biasa hanya 203 gram saja.

Untuk seri X80 yang biasa tidak ada sertifikat IP rating yang menandakan body hp bisa bertahan jika terkena cipratan air maupun debu. Berbeda dengan versi Pro yang sudah mengantongi sertifikasi IP68.

Di bagian atas hp terdapat sensor IR blaster untuk remote infrared dan tulisan Professional Photography yang dicetak kecil di sebelahnya. Untuk bagian bawahnya ada grill speaker, kemudian SIM tray tanpa memori slot, dan USB type C yang digunakan untuk mengecas sekaligus sebagai pengganti jack audio karena tidak disertakan.

Warna yang tersedia untuk kedua varian X80 terbagi 3 menjadi macam meliputi warna Cosmic Black, Urban Blue, dan Orange.

Kamera

Salah satu bagian yang ditonjolkan dari vivo X80 series ini tidak lain tidak bukan ada di bagian kameranya.

Frame luar kamera belakangnya didesain lebar berbentuk persegi dengan tetap kelihatan mewah. Terdapat tulisan Zeiss dan frame dalam berbentuk bulat yang menyelimuti semua lensanya. Tulisan Zeiss bukan hanya stiker atau accessories saja melainkan benar-benar menggunakan teknologi zeiss baik optik maupun coating-nya.

Teknologi T* lens coating dari zeiss tersebut memungkinkan untuk mencegah adanya flare saat kamera digunakan sehingga gambarnya lebih jelas dan tidak bocor. Jumlah lensa kamera belakang di tiap varian x80 ini tidak sama, untuk X80 biasa ada 3 buah lensa sedangkan X80 pro terdapat 4 buah lensa.

Lensa kamera utama di varian X80 beresolusi sebesar 50MP, dengan 12 MP lensa telephoto, dan 12 MP lensa ultrawide. Sedangkan untuk kamera depannya sama-sama memiliki resolusi sebesar 32 MP dengan lensa yang didesain waterdrop ditempatkan di bagian tengah atas layar.

Kamera utamanya memiliki teknologi OIS untuk menstabilkan gambar saat digunakan untuk memfoto maupun merekam video. Hasil fotonya natural baik dari warna, bokeh, saturasi, tergolong alami serta dari sisi dynamic range juga tidak ada masalah. Dengan mengaktifkan fitur zeiss pada kameranya warna gambar, karakter, dan tone akan terlihat lebih dimaksimalkan. Sementara kualitas video yang dihasilkan bisa sampai 4K 60 FPS untuk kamera belakangnya, dan support format 4K 30 FPS untuk kamera depannya.

Layar

Ukuran layar pada kedua varian X80 memang sama-sama berukuran 6,7 inchi dengan teknologi dan panel yang digunakan berbeda.

Jika pada seri X80 panelnya menggunakan AMOLED yang mendukung HDR, namun di seri X80 Pro panelnya menggunakan LTPO AMOLED generasi ke 3 dan support HDR 10+. Perbedaan panel tersebut menghasilkan kualitas yang berbeda baik dari ukuran resolusi maupun keiritan daya pada layarnya.

Mengenai resolusi di versi pronya adalah 1440 x 3200 piksel dengan kerapatan piksel 517 ppi, sedangkan di versi biasanya 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan piksel 388 ppi. Memang dari segi kecepatan refresh rate-nya dan kekuatan cahaya dari layar hp tersebut sama yakni bisa sampai 120 Hz dan 1500 nits.

Perihal kenikmatan layarnya tentu keduanya sudah sangat oke jika dipakai menonton film, browsing, ataupun bermain game.

Chipset CPU

Mesin yang digunakan antar kedua varian X80 ini juga tidaklah sama. Di varian x80 biasa menggunakan chipset Dimensity 9000 sementara di varian X80 Pro menggunakan Snapdragon 8 Gen 1. Performa kedua chipset tersebut memang tidak bisa disamakan dan mempunyai perbedaan karakter masing-masing. Keduanya menggunakan teknologi khas vivo yang biasa disematkan di hp flagshipnya yakni Cip V1+Vivo untuk membantu saat processing image-nya.

RAM yang digunakan juga tergolong besar yaitu 12 GB yang bisa ditambah hingga 4 GB lewat extended ram lengkap dengan memori internal 256 GB. Jika dibandingkan saat digunakan untuk merender video 4K 60FPS dengan durasi video sekitar 1 menit bisa selesai dalam waktu sekitar 1 menit dengan selisih waktu lebih cepat 5 detik untuk versi Pro-nya.

Lanjut ke dalam sesi pengetesan menggunakan aplikasi antutu di seri X80 yang biasa ini bisa menyentuh skor antutu sekitar 973 ribuan. Apabila dites untuk bermain game hp vivo x80 series ini tentu bisa melibas game apa saja sekalipun game spek berat dengan lancar dan stabil.

Baterai

Kapasitas baterai antara kedua varian-nya memiliki sedikit perbedaan, pada X80 biasa berkapasitas 4500 mAh dan pada X80 Pro berkapasitas 4700 mAh. Sedikit disayangkan jika melihat rata-rata hp flagship keluaran sekarang di mana kapasitas baterai di bawah 5000 mAh sudah mulai jarang digunakan. Selain itu di varian pro sudah mendukung fast wireless charing yang tidak dimiliki oleh varian regulernya.

Tapi jangan khawatir teknologi fast charging menggunakan cas dan kabel USB type C bawaan sudah mendukung kecepatan cas berdaya 80 Watt. Dengan daya yang besar tersebut digadang-gadang bisa mengecas hp dari kondisi baterai nol persen menuju 100 persen hanya dalam waktu 38 menit saja.

Untungnya dilihat dari teknologi baik dari chipset dan sistem operasi yang digunakan masih bisa mengejar efisiensi daya untuk aktivitas harian meskipun baterai tidak sampai 5000 mAh.

Penutup

Vivo X80 series adalah hp flagship dari Vivo dengan 2 varian yang masing-masing memiliki beberapa ciri khas tersendiri diantaranya kualitas layar, chipset, baterai, dan terutama di bagian kamera. Smartphone tersebut seolah dikhususkan untuk pengguna yang suka fotografi dengan menyajikan teknologi kamera terkini dari Zeiss.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar