Vivo Y21 & Y21s: Harga, Spesifikasi dan Review Lengkapnya

Setelah lumayan lama sejak seri Y yang terakhir dirilis sekitar setahun lalu yakni seri vivo Y20, tibalah saatnya vivo merilis seri Y HP Vivo terbaru di tahun ini. Tidak tanggung-tanggung dua seri Y langsung dirilis secara bersamaan pada beberapa waktu yang lalu, yaitu vivo Y21 dan Y21S. Meski vivo lagi gencar-gencarnya merilis hp flagship dengan seri X-nya seperti X60, X70, X70 PRO, dan seterusnya, namun nampaknya vivo juga tidak melupakan begitu saja masyarakat kalangan bawah.

Menyasar kelas entry level kedua hp tersebut diharapkan mampu menarik perhatian masyarakat yang menginginkan hp Vivo dengan harga murah, dan desain yang ciamik. Agar lebih tahu mengenai spesifikasi lengkap serta perbedaan di antara hp Vivo Y21 dengan vivo Y21s maka mari kita bahas lebih detail.

Harga Vivo Y21

  • RAM 4GB/64 GB = Rp 2.155.000

Harga Vivo Y21s

  • RAM 4GB/128 GB = Rp 2.599.000

Spesifikasi Vivo Y21

  • CPU : Mediatek Helio P35
  • RAM : 4 GB RAM,
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP
  • Kamera belakang : Dual Camera 13 MP Wide, 2 MP Macro
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,51”
  • Dimensi : 164,3 mm x 76,1 mm x 8 mm
  • Berat : 182 gram

Spesifikasi Lengkap Vivo Y21S

  • CPU : Mediatek Helio G80
  • RAM : 4 GB RAM, 6 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 8 MP
  • Kamera belakang : Triple Camera 50 MP Wide, 2 MP Macro, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,51”
  • Dimensi : 164,3 mm x 76,1 mm x 8 mm
  • Berat : 182 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Dari segi desain kedua hp itu memilki desain dan tata letak yang sama, baik vivo Y21 maupun Y21S mempunyai panjang sekitar 16 cm, lebar 7cm, dan ketebalan yang hanya 0.8 cm. Sama-sama menggunakan bahan policarbonate dengan finishing glossy dan terdapat framing kamera berbentuk kotak atau persegi bewarna hitam. Tak lupa logo vivo disematkan di bagian bawah belakang body hp dengan tulisan vivo yang vertikal dari bawah ke atas.

Tampilan belakang hp vivo y21

Di bagian samping sebelah kanan ada sensor sidik jari yang jadi satu dengan tombol power dan tombol volume. Slot sim tray terletak di atas body. Sementara di bagian bawah hp terdapat jack audio 3,5 mm, lubang microphone, speaker, dan sudah mengusung charging port berbentuk USB type C.

Tampak balakang vivo y21s

Pilihan warna yang disediakan untuk vivo y21 terdapat warna Diamond Glow, dan Midnight Blue. Lalu untuk y21s tersedia warna Midnight Blue, dan Pearl White.

Kamera

Untuk urusan kamera kedua hp ini memang ada sedikit perbedaan, di vivo y21 memiliki dua lensa kamera belakang sedangkan pada y21s ada 3 buah lensa. Kamera belakang y21 memiliki resolusi sebesar 13 MP yang berfungsi sebagai kamera utama, 2 MP kamera bokeh. Kemudian 3 buah lensa yang ditanamkan di bagian belakang vivo y21s memiliki resolusi lebih besar, yakni meliputi 50 MP kamera utama, 2MP kamera bokeh, dan 2 MP kamera macro.

Pada bagian kamera depannya bisa disimpulkan punya spek yang sama persis baik tata letak kameranya dengan gaya notch, maupun besaran resolusinya di angka 8 MP. Hasil foto dari kedua hp itu mempunyai kualitas yang sama bagusnya. Perbedaannya hanya dari segi komposisi warnanya saja di mana y21s memiliki warna yang cenderung lebih kuning.

Layar

Tidak ada perbedaan yang berarti di bagian layar dari kedua hp tersebut karena sama-sama mempunyai lebar layar sebesar 6,51 inchi. Resolusi layarnya masih menggunakan HD+ 720×1600 piksel dengan menggunakan panel IPS LCD serta refresh rate hanya 60HZ saja.

Walaupun keduanya memiliki spek layar yang sama ternyata untuk kontras dan komposiis warna yang dihasilkan sedikit berbeda, jika diamati vivo y21s punya warna yang sedikit menonjol dibanding y21.

Chipset CPU

Performa yang dimilki y21s lebih unggul daripada y21 biasa karena sudah menggunakan chipset mediatek Helio G80, sementara vivo y21 masih memakai chipset helio P35. Ketika dites untuk bermain game PUBG vivo y21 mentok di settingan Smooth-medium atau Balance-medium dengan frame rate yang cukup oke meskipun terkadang ada sedikit delay.

Berbeda dengan Vivo Y21S yang jika dipakai game PUBG settingan bisa sampai Smooth Ultra bahkan bisa sampai HD-high, sehingga performa frame ratenya pasti lebih lancar. Skor benchmark untuk vivo Y21 saat dites menggunakan antutu mampu mendapatkan skor di kisaran 94 ribuan. Sedangkan skor antutu vivo y21s berada di angka 193 ribuan.

Lihat juga: Harga Vivo X70 Pro

Baterai

Sama sama diperkuat dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang cukup bisa diandalkan karena dengan daya segitu hp tersebut punya daya tahan lebih lama daripada rata-rata hp di kelasnya. Terbukti ketika diuji salah satunya jika dipakai nonton youtube selama 1 jam hanya mengurangi konsumsi baterai sekitar 10 persen saja.

Dibuat nonton IG Reels selama 30 menit berkurang sekitar 4 persen, atau main tiktok selama setengah jam Cuma berkurang 3 persen. Dipakai bermain game mobile legend dengan grafik High dan HDR diaktifkan selama 10 menit hanya berkurang 3%. Begitu juga saat dipakai main PUBG selama 30 menit dengan settingan HD-HIGH baterai juga hanya berkurang 3% saja.

Penutup

Memang dari segi desain baik vivo y21 maupun y21s tidak mempunyai perbedaan yang signifikan, kecuali dari pilihan warna yang disediakan.

Masalah performa tentu vivo y21s berada di atas kertas, jadi dengan selisih harga yang sedikit kita bisa mendapatkan hp vivo yang lebih powerfull dengan desain yang terlihat sama seperti y21.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar