Harga Vivo Y21a

Lagi-lagi produk terbaru dari Vivo baru saja dirilis di Indonesia yakni Vivo Y21a. Tidak heran sebenarnya karena sudah banyak seri Y21 yang sudah dirilis lebih dulu oleh Vivo. Mulai dari seri Y21 regular, Y21s, kemudian Y21t, hingga seri yang paling baru sekarang ini. Digadang-gadang hp ini mampu menggantikan varian regularnya yang cukup sukses menarik perhatian pasar di tahun lalu.

Pengguna akan mendapatkan sebuah softcase dan satu buah charger bawaan dari Vivo dilengkapi kabel data jika membeli hp ini. Harga yang ditawarkan untuk varian 4GB dengan memori internal 64GB berada di kisaran 2,3 jutaan. Apakah dengan harga tersebut hp ini worth it untuk dipinang?

Harga Vivo Y21a

  • RAM 4 GB/64 GB = Rp 2.399.000

Spesifikasi Lengkap Vivo Y21a

  • CPU : MediaTek Helio P22
  • RAM : 4 GB RAM
  • Memori Internal : 64 GB
  • Kamera depan : 8 MP wide
  • Kamera belakang : Dual Camera 13 MP Wide, 2 MP Macro
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,51”
  • Dimensi : 164,3 mm x 76,1 mm x 8 mm
  • Berat : 182 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Dimulai dari segi desainnya Vivo Y21a ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan Vivo Y21 regulernya baik di bagian kamera maupun logo Vivo yang terletak di belakang bodynya.

Bahan yang digunakan adalah polikarbonat dengan finishing kaca yang dapat membuat hp ini rawan kotor karena terkena bekas sidik jari.

Dimensi body hpnya mempunyai ukuran yang sama dengan seri sebelumnya yakni panjang berkisar di 164,3 mm, kemudian lebar 76,1 mm dan ketebalan hp mencapai 8mm. Untuk sensor fingerprint ditempatkan di kanan hp tepat di bawah tombol volume, lalu di atas ada sim tray, dan dibagian kiri hp polos.

Kemudian di posisi bawah terdapat sebuah lubang speaker dilengkapi dengan port USB type C dan mic serta tidak lupa juga disertakan port audio jack 3.5mm.

Tampak belakang hp vivo y21a

Kamera

Lanjut di bagian kameranya hp ini sudah menggunakan teknologi multi camera di bagian kamera belakangnya dengan lensa aspherical yang berguna untuk mengurangi distorsi warna.

Menganut sistem dual camera resolusi kamera utamanya sendiri sebesar 13 MP, ditambah dengan kamera macro sebesar 2 MP. Sedangkan kamera depannya masih menggunakan model waterdrop dengan resolusi kamera sebesar 8 MP. Hasil kameranya memiliki warna yang cukup oke dan tidak terlalu over untuk sekelas hp dengan harga 2 jutaan.

Kualitas perekaman videonya baik kamera belakang maupun kamera depannya sudah mendukung video 1080p dengan kecepatan 30Fps.

Baca juga: HP Vivo Terbaru.

Layar

Bagian layarnya juga tidak banyak berubah yakni masih menggunakan panel IPS LCD dengan ukuran layar seluas 6,51 inci. Kualitas output daripada layar hp tersebut sudah mendukung format HD+ dengan resolusi sebesar 720 x 1600 pixel.

Dengan spesifikasi layar segitu memang sudah menjadi hal yang standar dari hp kelas-kelas entry level untuk memuaskan mata konsumennya. Gambar yang dihasilkan juga masih cukup bagus jika dipakai untuk keperluan sehari-hari baik itu menonton video, bermain sosmed, serta aktivitas browsing.

Chipset CPU

Buat performanya sendiri Vivo Y21a ini sudah memakai chipset MediaTek Helio P22 yang berbeda dengan seri regulernya.

Cukup mengagetkan karena chipset tersebut performanya agak ketinggalan daripada chipset P35 yang dipasangkan di seri regulernya. Jika dipakai bermain game seperti Mobile Legend settingan yang didapat bisa rata kanan tapi terkadang ada frame drop. Spot amannya gunakan settingan low biar lebih lancar mainnya.

Sementara untuk game PUBG Mobile bisa dapat settingan di Balance High dengan frame rate yang kurang begitu lancar. Sebaiknya settingan di atur di Smooth Balance demi kenyamanan saat bermain.

Begitu juga jika dipakai bermain game Apex Legends yang hanya bisa di set di Smooth Balance, jika lebih dari itu resikonya frame akan mengalami drop.

Skor yang didapat saat dites menggunakan aplikasi bencmark Antutu versi 8 hp ini mendapatkan angka di kisaran 90 ribuan.

Baterai

Salah satu nilai plus yang dimiliki oleh hp Vivo Y21a adalah di bagian baterainya. Berkapasitas 5000 mAh pengguna sudah tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan baterai saat dipakai sehari-hari.

Tak lupa juga fitur fast charging 18 Watt yang diterapkan di hp ini mampu membantu mempersingkat waktu pengecasan baterai.

Lama waktu mengecas baterai yang dibutuhkan dari kondisi baterai habis hingga penuh kembali butuh waktu sekitar 2 jam-an. Durasi cas tersebut tergolong standar mengingat kapasitas baterai hp yang besar dengan kecepatan charger di angka 18 W.

Penggunaan baterainya sangat irit terbukti saat dipakai untuk scroll-scroll tiktok selama satu jam baterainya hanya berkurang sebesar 4 persen saja. Digeber bermain game Mobile Legend yang tergolong game ringan selama setengah jam konsumsi baterainya cuma berkurang sekitar 5 persen.

Game berat seperti PUBG Mobile juga tidak ada masalah karena konsumsi baterai hanya berkurang 5 persen per-game atau sekitar 30 menit hingga 45 menitan.

Penutup

Ada 3 poin selling yang dimiliki oleh hp ini yakni desain lebih baru, baterai berkapasitas besar dengan fitur pengecasan cepat 18W, serta memori RAM 4GB yang bisa diextend sebesar 1 GB. Sedikit hal yang disayangkan dari hp Vivo Y21a ini adalah chipset yang dipasangkan justru mengalami downgrade daripada di seri sebelumnya sehingga performa juga ikut menurun.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar