Vivo Z1 Pro: Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap

Mari sejenak flashback ke belakang terutama di tahun 2019 lalu di saat vivo mengeluarkan banyak seri hp dari mulai seri S, seri Y, seri V, hingga yang terbaru yakni seri Z. Sesaat setelah merilis vivo seri S1 tidak butuh waktu lama bagi vivo untuk mengeluarkan seri Z terbarunya yakni Vivo Z1 Pro yang dikhususkan untuk para gamers. Di awal peluncurannya hp ini menuai banyak sekali pujian karena jarang-jarang pabrikan besar mengeluarkan hp gaming dengan budget menengah. Alhasil hp vivo ini sukses membuat gebrakan di pasar ponsel kelas menengah.

Namun waktu terus berjalan dan kini di tahun 2021 timbul pertanyaan, apakah vivo Z1 Pro masih layak untuk dibeli dan bersaing kelasnya? Simak jawaban serta review lengkapnya yang kita mulai dari segi harganya.

Harga Vivo Z1 Pro

  • RAM 4GB/64 GB = Rp 1.900.000
  • RAM 6GB/128 GB = Rp 2.300.000

Spesifikasi Lengkap Samsung Vivo Z1 Pro

  • CPU : Snapdragon 712
  • RAM : 4 GB RAM, 6 GB RAM
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB
  • Kamera depan : 32 MP
  • Kamera belakang : Triple Camera 16 MP Wide, 8 MP Ultrawide, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / CDNA/ HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,53”
  • Dimensi : 162,4 mm x 77,3 mm x 8,9 mm
  • Berat : 201 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Secara tampilan desain dari Z1 pro ini tergolong cakep di mana peletakan kamera depannya sudah punch hole di bagian kiri atas layar. Body depan dan belakangnya terbuat dari plastik dengan panjang 162,4 mm, kemudian lebar 77,3 mm dan ketebalan hp sektiar 8,9 mm.

Berat dari hp vivo ini sekitar 201 gram, tidak bisa dibilang berat dan tidak bisa pula dibilang ringan namun relatif nyaman saat dipegang. Penempatan tombolnya juga unik karena tombol fingerprint ada di bagian belakang hp dan ada lagi tombol Google Assistant yang diletakkan di sebelah kananya.

Kesan warna yang dipancarkan tidak monoton, ada sedikit sentuhan shiny saat terkena cahaya. Pilihan warna yang tersedia ada 3 macam, yakni Sonic Blue, Sonic Black, dan Mirror Black.

Tampak belakang vivo z1 pro

Kamera

Bentuk frame kamera belakangnya yang memanjang secara vertikel membuat hp ini terlihat rapi dengan mengusung triple camera. Tiga buah lensa kamera tersebut punya resolusi 16 MP pada lensa utama, 8 MP pada lensa ultrawide, dan 2 MP sensor depth.

Sementara untuk kamera depannya memiliki gaya punch hole dengan resolusi sebesar 32 MP dan bukaan lensa sebesar F/2.0. Mengenai hasil fotonya relatif bagus jika digunakan di cahaya yang terang cocok digunakan untuk pemula yang hobi fotografi.

Sedangkan hasil videonya bisa sampai resolusi 4K 30 fps untuk kamera belakangnya yang juga dilengkapi dengan Image Stabilization untuk menstabilkan gambar saat merekam video. Kemudian pada kamera depannya sendiri hanya bisa merekam video Full HD atau beresolusi 1080 piksel 60fps.

Layar

Mengenai layarnya cukup enak dipandang dan nyaman di mata meski masih menggunakan panel IPS dengan luas layar berukuran 6,53 inch. Berbeda dengan seri Vivo S1 yang berpanel AMOLED sehingga tidak ada fitur always on display ataupun fingerprint on display di hp ini.

Resolusi yang digunakan yakni 1080 x 2340 piksel atau Full HD+ ditambah rasio layarnya yang lebar berada di angka 19,5 : 9. Proteksi layar yang ada di hp ini bukan menggunakan Corning gorilla glass seperti pada rata-rata hp umumnya, melainkan menggunakan SCHOTT Xensation™ ¬3D Glass Protection.

Perlindungan layar tersebut mempunyai skor 690 saat diuji kekerasasan Vickers atau salah satu metode pengetesan untuk menguji kekerasan layar kaca. Hampir sama dengan skor kekerasan layar kaca pada pengujian corning gorilla glass yang memiliki skor 650 an.

Chipset CPU

Mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 712 membuat hp ini patut dimasukkan di jajaran hp gaming kelas menengah. Ketika diuji menggunakan skor antutu chipset tersebut mampu menyentuh skor di angka 181 ribuan. Beda dengan skor snapdragon 710 yang skornya di kisaran 150 ribuan.

Pas hp ini dipakai untuk membuka atau menutup apps tentu saja prosesnya lancar apalagi jika dipakai untuk chatting atau aktifitas enteng lainnya. Jika dipakai untuk main game seperti Mobile Legends hp ini mampu dimainkan dalam mode high frame rate.

Begitu juga dengan game PUBG vivo z1 pro yang bisa sampai settingan smooth ultra meski di case-case tertentu agak sedikit kelihatan lambat. Namun itu semua tidak menjadi masalah karena Vivo juga telah menambahkan fitur multi turbo buat kita yang suka main game.

Baterai

Kapasitas baterai yang besar membuat para pengguna hp ini merasa lelah dalam artian lelah karena sering dipakai tapi baterainya masih saja tidak habis-habis. Untuk penggunaan sehari hari dengan aktifitas yang ringan seperti main sosmed, atau chattingan hp ini mampu bertahan selama 2 hari.

Konsumsi dayanya juga irit sekali terbukti saat dipakai buat main game PUBG sekitar 20 menitan baterainya berkurang sekitar 5- 6 persen. Dipakai nonton youtube selama 2 jam dengan kecerahan layar dan kualitas video yang tergolong tinggi baterainya hanya berkurang sekitar 19 persen.

Teknologi Dual Engine Fast Charging yang juga diterapkan di hp seri lain dari vivo ini bisa menarik daya dari berbagai charger hingga 18 W.

Kecepatan pengisiannya juga lumayan cepat dari 0 hingga 30 persen membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Jika full maka hp ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Lihat juga: HP Vivo terbaru.

Penutup

Secara overall kemampuan dari hp Vivo Z1 Pro ini masih tidak jauh berbeda dengan keluaran hp sekarang terutama di bagian chipset serta baterainya yang berdaya besar. Jadi bagi kita yang kepikiran atau ada rencana untuk membeli hp Vivo Z1 Pro di tahun ini jangan ragu-ragu untuk meminang hp ini karena masih sangat worth it dan harganya juga pasti sudah turun.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar