Harga Xiaomi 11T 5G, Spesifikasi dan Review Lengkap

Sejak beberapa bulan lalu sejak xiaomi mempensiunkan merk Mi mereka, sekarang xiaomi tidak lagi memberikan embel-embel Mi pada hp produksi terbarunya. Hal ini bisa dilihat di hp keluaran terbaru dari xiaomi yakni Xiaomi 11 T. Sebelumnya xiaomi memang telah mengeluarkan seri pendahulunya yaitu Mi 10 T di tahun lalu dan cukup menuai respon positif di masyarakat. Mematok harga di kisaran 6 jutaan spek yang ditawarkan oleh Mi 10 T bisa dibilang bersaing dengan hp 10 juta keatas.

Begitu juga dengan xiaomi 11 T, harganya masih tetap dijaga di kisaran yang sama dengan kakaknya. Racikannya pun demikian, xiaomi memakai chipset yang statusnya paling tinggi saat ini.

Harga Xiaomi 11T

  • RAM 8 GB/256 GB= Rp 5.900.000

Spesifikasi Lengkap Samsung Xiaomi 11T

  • CPU: MediaTek Dimensity 1200 Ultra 5G
  • RAM: 8 GB RAM
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Kamera depan: 16 MP
  • Kamera belakang: Triple Camera 108 MP Wide, 8 MP Ultrawide, 5 MP Telephoto
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, 67 W Fast Charging
  • Jaringan: GSM / 5G/ HSPA / LTE
  • Ukuran Layar: 6,67”
  • Dimensi: 164,1 mm x 76,9 mm x 8,8 mm
  • Berat: 203 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Secara desain xiaomi 11 T masih terasa familiar seperti desain yang ada pada hp xiaomi keluaran sebelumnya yakni dengan layar yang lebar dan terdapat frame bewarna hitam di bagian belakangnya.

Panjang hp ini sekitar 16,4 cm dengan lebar di kisaran 7,69 cm ditambah tebalnya yang mencapai 8,8 mm sehingga tidak terlalu besar saat dibawa ke mana-mana.

Tampilan belakang xiaomi 11t

Bobot xiami 11 T ini berada di angka 203 gram membuat hp ini sedikit lebih ringan daripada hp keluaran sebelumnya yang beratnya mencapai 216 gram. Di body sebelah kanan hp ada tombol power yang merangkap dengan sensor sidik jari, kemudian di sisi atas ada mikrofon dan lubang speaker yang sudah didukung dengan Dolby Atmos.

Sementara di body bagian kiri tidak ada apa alias kosong, kemudian di bawah ada sim tray dual nano SIM, lubang microphone, port USB type C, dan speaker yang satunya lagi. Pilihan warna dari hp ini terdiri dari 3 warna yakni Celestial Blue, Meteorite Gray, dan juga Moonlight White.

Baca juga: HP Xiaomi terbaru lainnya.

Kamera

Resolusi kamera belakang yang ditawarkan hp ini terbilang juara karena punya resolusi yang besar yakni 108 MP pada kamera utamanya. Selain kamera utamanya yang resolusinya besar, xiaomi 11 T juga memiliki 2 lensa kamera belakang lagi yang masing-masingnya adalah lensa ultrawide dengan resolusi 8 MP, dan 5 MP lensa telephoto.

Meski punya resolusi kamera utama di atas 100 MP, namun hasil fotonya tidak terlalu mengagetkan karena hampir sama dengan hasil foto hp kisaran 4-5 jutaan pada umumnya.

Warna yang disajikan berasa lebih ditajamkan dari software processing kameranya, saat cahaya terang juga kadang terlihat oversaturated. Video yang dihasilkan dari kamera belakangnya cukup oke karena sudah mendukung format video 4K 30fps. Di bagian kamera depannya memiliki resolusi 16 MP dengan dukungan perekaman video yang masih 1080p 30fps.

Layar

Lanjut dibagian layar hp ini memiliki ukuran layar yang lumayan besar yakni 6,67 inci dengan resolusi Full HD+. Panel yang digunakan sudah AMOLED dengan kontras rasio 5 juta dibanding 1. Kecerahan maksimalnya 1000 nits dan untuk sampling rate berada di 480 Hz.

Sudah support HDR 10 plus serta kaca yang digunakan seperti kaca di hp-hp kelas flagship yakni Gorilla Glass Victus. Soal refresh rate tentunya bisa sampai 120 Hz dan Xiami 11 T sudah mendukung teknologi adaptive Sync.

Chipset CPU

Mengenai dapur pacu xiaomi mengandalkan chipset terbaik dari MediaTek yang ada di tahun ini yakni Dimensity 1200 ultra. Ada kata ultranya karena xiaomi sudah melakukan kustomisasi terhadap chipset 1200 agar cocok dengan karakter hp Xiaomi 11 T.

Saat di tes menggunakan aplikasi benchmark di antutu 9 hp ini mendapatkan skor di kisaran 600 ribuan lebih sedikit.

Dipakai buat main game moba atau apapun itu dengan settingan yang tinggi masih bisa dilibas dengan mudah apalagi jika sekedar dipakai untuk pekerjaan harian tentu tidak terasa apa-apa. Terbukti jika dipakai main PUBG mobile hp ini bisa unlock settingan tertingginya yakni Smooth-90FPS yang levelnya sudah di atas HD- Extreme. Tapi ketika dibuat main game Genshin Impact untuk settingan medium performanya serasa dilimit untuk menjaga suhu hp agar tetap stabil. Khususnya di 5 menit awal angkanya bisa dapat 50-60 fps.

Baterai

Bicara tentang baterai xiaomi 11 T sudah memakai baterai berkapasitas besar 5000mAh. Dengan begitu daya tahan hp ini pastinya awet untuk pemakaian wajar sehari-hari. Sebagai gambaran jika dipakai untuk sosmed dan chatting selama 1 jam hp baterai hanya berkurang 9 persen saja.

Konsumsi daya saat main mobile legend dengan settingan mentok selama 30 menit hanya berkurang Cuma 6 persen. Sedangkan jika dipakai main PUBG mobile dan untuk Genshin impact dengan waktu yang sama yakni 30 menit konsumsi baterainya mencapai 10 persen dan 14 persen.

Teknologi charging yang dibundle di xiaomi 11 T ini juga sudah termasuk ngebut karena memakai charger berdaya 67 Watt. Xiaomi mengklaim bahwa baterai hp ini mampu mengisi daya dari 0 hingga 100 persen dalam waktu 36 menit saja.

Penutup

Hanya dengan harga di atas 5 jutaan saja bisa dibilang sangat worth it untuk mendapatkan hp chipset dan kaca kelas Flagship, layar enak dilihat, baterai berkapasitas besar dan charging yang kencang. Bagi kita yang cari performa hp tanpa terlalu memerhatikan segi kamera dan desain, xiaomi 11 T ini adalah pilihan yang tepat karena menawarkan harga yang murah dengan performa sekelas hp flagship.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar