Harga Xiaomi Redmi 10 5G, Spesifikasi Lengkap dan Review

Lagi-lagi xiaomi resmi memperkenalkan hp 5G murah terbarunya di Indonesia yakni Redmi 10 5G dengan harga di bawah 3 juta. Walaupun dibandrol dengan harga hampir menyentuh 3 jutaan namun xiaomi redmi varian angka selalu ditunggu-tunggu masyarakat karena selain dikenal murah variannya juga banyak.

Padahal xiaomi pernah beberapa kali merilis hp 5G murah seperti Poco M3 Pro 5G, dan Redmi Note 10 5G di tahun 2021 yang speknya juga mirip-mirip dengan hp Redmi 10 5G ini.

Ada dua varian RAM yang dirilis antara lain RAM sebesar 4 GB dengan memori internal 128 GB, dan RAM 6 GB dengan memori internal yang sama. Untuk info lebih lengkapnya mari kita bahas mulai dari harganya.

Harga Redmi 10 5G

  • RAM 4 GB/128 GB = Rp 2.699.000
  • RAM 6 GB/128 GB = Rp 2.999.000

Spesifikasi Lengkap Redmi 10 5G

  • CPU : MediaTek Dimensity 700 5G
  • RAM : 4 GB RAM, 6 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB
  • Kamera depan : 5 MP wide
  • Kamera belakang : 50 MP Wide, 2 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,58”
  • Dimensi : 164 mm x 76,1 mm x 8,9 mm
  • Berat : 200 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Desain belakang redmi 10 5g

Tampilan luar hp Redmi 10 5G didesain dengan wajah baru dengan tekstur garis-garis kecil tipis yang melingkar di bagian body belakangnya. Dimensi hp ini memiliki panjang 164 mm dengan lebar 76,1 mm dan ketebalan 8,9 mm. Sementara untuk bobotnya sendiri di 200 gram yang mana cukup ideal.

Bahan yang dipakai terbuat dari polycarbonate yang akan terasa langsung feeling-nya pada saat hp dipegang. Terdapat tulisan 5G berukuran kecil yang terpampang di bagian belakang body hp lengkap dengan logo Redmi yang menjadi ciri khas hp varian Redmi.

Tombol power yang ada di sebelah kanan hp merangkap juga sebagai sensor fingerprint, tepat di sampingnya ada tombol volume. Di sisi atas hp ada IR Blaster dan headphone Jack 3,5 mm. Kemudian untuk slot SIM terletak di bagian kiri body yang sudah mendukung triple slot. Lalu di bagian bawahnya ada lubang microphone, port USB Type C, dan grill speaker yang masih mono.

Pilihan warna yang tersedia ada 3 macam warna antara lain Graphite Gray, Chrome Silver, dan Aurora Green.

Kamera

Desain kamera belakangnya nampak mengikuti hp-hp keluaran tahun ini di mana lensa dibuat lebar dengan 2 buah lensa saja. Kedua lensa tersebut terdiri dari lensa utama dengan resolusi 50 MP, dan lensa depth yang resolusinya sebesar 2 MP. Sementara kamera depannya didesain waterdrop notch yang berada di tengah atas layar dengan resolusi 5 MP.

Hasil foto menggunakan kamera belakangnya cukup bagus, detailnya tajam, dan warnanya tidak kusam ataupun berlebihan.

Kamera selfienya menghasilkan foto yang biasa-biasa saja dengan warna yang tidak terlalu kaya dan kelihatan kurang natural di bagian detailnya. Baik kamera depan maupun kamera belakangnya hanya mendukung perekaman video maksimal di 1080 piksel 30 FPS saja.

Layar

Bagian depannya hp ini punya layar yang tergolong luas yakni 6,58 inchi dengan menggunakan panel IPS LCD. Meski panel layar masih menggunakan IPS tapi refresh rate layarnya sudah support 90 Hz. Jadi cukup kencang jika dibuat main game maupun bersosmed ria. Tetapi jika diamati lebih dalam lagi warna layarnya condong ke biru-biruan dan overall memang terlihat seperti kualitas layar hp 2 jutaan.

Bezelnya juga bukan bezel paling tipis yang biasanya ada di hp-hp di kisaran harga 2 jutaan terutama di bezel bagian bawah.

Kabar baiknya layar hp ini sudah mengaplikasikan kaca Corning Gorilla Glass 3 untuk mencegah hp terkena goresan. Tapi alangkah lebih baik jika menambahkan tempered glass agar lebih aman.

Chipset CPU

Satu hal yang menjadi andalan di hp Redmi 10 5G adalah di bagian mesinnya yang menggunakan chipset MediaTek Dimensity 700. Dengan fabrikasi 7 nm chipset tersebut diyakini punya performa dan manajemen efisiensi daya yang tidak bisa dianggap remeh.

Performanya bisa terlihat ketika diuji menggunakan aplikasi benchmark antutu dengan skor di kisaran 300 ribuan. Sedangkan saat dites dengan aplikasi benchmark Geekbench 5 skor single core-nya berkisar di angka 560 an dan 1700 an untuk skor multi-core. Lanjut dites konsistensi performanya menggunakan 3D Mark Wild Life overall skor yang didapat mencapai 1100 an dengan rata-rata fps 7,10 yang stabil di 99,5 persen.

Kekuatan chipsetnya tidak sampai disitu saja, ketika dipakai bermain game seperti PUBG Mobile settingan yang didapat bisa di Smooth-Ultra. Hanya saja jika pengguna mengaktifkan fitur gyro saat memainkan game akan sedikit terasa delay karena hp ini menggunakan virtual gyro. Untuk game Moba sekelas Mobile Legends settingan yang didapat bisa di High dengan gameplay yang stabil.

Saat dicoba bermain game berat sekalipun seperti Genshin Impact masih cukup bisa dimainkan dengan nyaman meski di settingan Low.

Baterai

Dari segi baterainya Redmi 10 5G memiliki kapasitas baterai yang relatif besar yakni 5000 mAh dengan dukungan fitur fast charging yang mencapai 18 Watt.

Baterai besar tersebut diduetkan dengan chipset Dimensity 700 akan menghasilkan sistem efisiensi daya yang bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Hal itu nampak pada saat dipakai bermain game PUBG Mobile selama 30 menit baterainya hanya berkurang sekitar 7 persen saja. Begitu juga ketika dipakai mabar game Mobile Legeds dengan waktu yang sama pula baterainya hanya berkurang kurang lebih 7 persen. Sementara jika dibuat main game Genshin Impact dengan settingan rata kiri konsumsi dayanya sekitar 9 persen dalam waktu 30 menit.

Lalu untuk penggunaan harian seperti nonton youtube selama 1 jam baterainya berkurang hanya 5 persen saja.

Penutup

Redmi 10 5G tidak menunjukkan perbedaan spesifikasi yang signifikan dibanding dengan hp-hp 5G keluaran xiaomi sebelumnya di rentang harga yang sama. Menonjolkan konektivitas 5G dan chipset yang digunakan hp ini juga bakalan ketat dalam menghadapi persaingan antar kelas dari brand-brand hp yang lain.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar