Xiaomi Redmi 9C: Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap

Melanjutkan kesuksesan seri Redmi, Xiaomi kembali merilis varian Redmi 9 yang diberi nama Redmi 9c. Ponsel pintar kelas entry level ini datang untuk menjawab kebutuhan kita semua. Lain daripada hp keluaran para kompetitornya yang harganya setara, Xiaomi dengan Redmi 9c-nya berusaha menawarkan performa terbaiknya.

Kemampuan yang ditawarkan hp ini cukup merata baik dari sisi kameranya, chipsetnya, kapasitas baterainya serta fitur unggulan lain yang ada di hp ini. Tampilannya juga tidak seperti varian Redmi 9 lainnya, Redmi 9c memiliki tekstur yang dipercaya berguna untuk mencegah adanya bekas sidik pada bagian belakang hp.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai harga, spesifikasi dan review lengkap hp Redmi 9c ini mari kita simak!

Harga Xiaomi Redmi 9c

  • RAM 3 GB/32 GB = Rp 1.300.000
  • RAM 4 GB/64 GB = Rp 1.500.000

Spesifikasi Lengkap Redmi 9c

  • CPU : Helio G35
  • RAM : 3 GB, 4 GB RAM
  • Memori Internal : 32 GB, 64 GB
  • Kamera depan : 5 MP
  • Kamera belakang : Triple Camera 13MP Wide, 2MP ultrawide, 2MP Depth
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Layar : 6,53”
  • Dimensi : 164,9 mm x 77 mm x 9 mm
  • Berat : 196 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Bukan polos tapi bertekstur unik pada bagian belakang hpnya, inilah ciri khas tampilan Redmi 9c dan itu diklaim mampu meminimalisir bekas sidik jari ketika digunakan. Ukuran hp ini tidak jauh berbeda dengan hp pada umumnya yang panjangnya sekitar 164,9 mm, dengan lebar 77 mm, dan tebal mencapai 9 mm.

Tampak belakang hp xiaomi redmi 9c

Berat hpnya tidak sampai 200 gram jadi tidak bisa dikatakan berat melainkan hanya sekitar 196 gram saja. Tersedian 3 pilihan warna yang bisa kita dapatkan antara lain Midnight Gray, Sunrise Orange, dan Twilight Blue. Semua warnanya memiliki tekstur yang khas.

Simak juga: HP Xiaomi Terbaru.

Kamera

Dilengkapi dengan triple kamera AI atau adanya 3 lensa di kamera belakangnya agar kita mampu mengabadikan dalam keadaan apapun. Rincian lensanya meliputi 13 MP kamera utama, 2 MP sensor Depth, dan 2 MP lensa makro, serta tidak lupa diselipkan lampu flash LED untuk membantu pencahayaan dikala kondisi minim cahaya.

Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi sebesar 5 MP, yang bisa berguna untuk mengoperasikan fitur kemananan melalui AI Face Unlock atau sekedar selfie biasa. Penempatan kamera depannya sendiri mengusung model notch yang berada di tengah-tengah atas layar. Dan untuk kamera belakangnya disusun secara persegi yang posisinya ada di bagian kiri hp.

Baca juga: Harga Xiaomi Redmi Note 10, 10S & 10 Pro.

Layar

Disokong dengan layar imersif berukuran 6,53” menggunakan panel IPS, Redmi 9c mampu menyuguhkan gambar yang cukup oke karena sudah mendukung kualitas HD+. Rasio aspek pada layar Redmi 9c ini berukuran 20:9 dengan tingkat keceraha 400 nit yang bisa menjaga kualitas gambar agar tetap maksimal meski digunakan di bawah terik matahari.

Xiaomi juga mengklaim bahwa hp ini sudah mendapat sertifikasi perlindungan cahaya biru, sehingga mampu menjaga mata kita agar selalu nyaman walau digunakan selama berjam-berjam.

Sayangnya hp ini tidak menyediakan fitur perlidungan terhadap layar seperti gorilla glass jadi kita harus lebih berhati-hati dalam hal penggunaan sehari-hari.

Chipset CPU

Dari segi performa hp ini menggunakan chipset Helio G35 dari MediaTek untuk memastikan pengalaman penggunaan yang lancar. Terbukti ketika digunakan untuk bermain game semisal Free Fire ataupun Mobile Legends hp ini bisa disetting rata kanan dengan performa yang stabil.

Sementara untuk game PUBG kita hanya bisa bermain di settingan Smooth Medium dan hasilnya lumayan lancar hanya agak lag tapi tidak begitu mengganggu. Saat dites menggunakan aplikasi antutu skor yang didapat dari hp ini tidak sampai di angka 100 ribu, melainkan ada di kisaran skor 98 ribuan.

Lihat juga: Harga Poco X3 Pro dan X3 NFC.

Baterai

Di dalam Redmi 9c tertanam baterai dengan kapasitas jumbo yaitu 5000 mAh. Akan tetapi besarnya kapasitas baterai tidak diimbangi dengan kecepatan pengecasan yang tinggi. Daya yang digunakan ketika mengecas sebesar 10 Watt saja. Sehingga untuk mengecas dari nol menuju seratus persen membutuhkan waktu sekitar 2 jam 50 menit.

Untuk konsumsi baterainya sendiri jika digunakan bermain game PUBG selama 3 jam lebih baterainya masih tersisa sebesar 53 persen. Hp baru mulai mati saat bermain selama 6 jam lebih. Diklaim memiliki jumlah siklus pengisian daya hingga 1000, baterai Redmi 9c diyakini mampu bertahan selama 2,5 tahun jika digunakan sehari-hari tanpa terjadi degradasi.

Simak juga: Harga Poco M3.

Penutup

Sedikit dilema juga bagi kita yang akan meminang hp ini karena di satu sisi baterainya punya kapasitas yang besar, di sisi lain hp ini belum mendukung fitur fast charging. Kembali lagi pada harga yang ditawarkan, apakah dengan harga segitu sudah sebanding dengan apa yang kita butuhkan? Jawabannya tentu setiap orang akan berbeda tergantung dengan kebutuhannya.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar