Samsung A52S: Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap

Sejak indonesia mulai membangun jaringan 5G di beberapa tempat banyak produsen hp yang mulai memperkenalkan produk 5G mereka. Salah satunya adalah Samsung, di bulan agustus kemarin samsung telah merilis hp 5G terbaru mereka yang diberi nama Samsung Galaxy A52S 5G. Ini adalah seri terbaru lanjutan dari seri samsung galaxy A52 5G yang sempat dirilis beberapa bulan lalu. Ada bagian yang dipertahankan contohnya desain yang sama serta body yang tahan air ataupun debu.

Tapi beberapa spek lebih dipoles dan lebih disempurnakan lagi seperti kamera yang sudah OIS tak lupa yang paling penting adalah dari sisi performanya. Agar kita tahu mengenai bagian apa saja yang mengalami upgrade beserta ulasan lengkapnya dari HP Samsung terbaru ini mari kita bahas lebih detail mulai dari harganya.

Harga Samsung A52S 5G

  • RAM 8GB/256 GB = Rp 6.249.000

Spesifikasi Lengkap Samsung A52S 5G

  • CPU : Snapdragon 778G 5G
  • RAM : 6 GB RAM, 8 GB RAM
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Kamera depan : 32 MP
  • Kamera belakang : Quad Camera 64MP Wide, 12MP Ultrawide, 5 MP Macro, 5 MP Depth
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, 25 W Fast Charging
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Ukuran Layar : 6,5”
  • Dimensi : 159,9 mm x 75,1 mm x 8,4 mm
  • Berat : 189 gram

Review Lengkap

Desain dan Dimensi

Jika dilihat dari desain dan tampilan bisa dikatakan bahwa hp samsung A52S 5G memiliki desain yang sama seperti pendahulunya yaitu Samsung A52 5G. Terbuat dari bahan polikarbonat dan bersertifikasi IP67 menjadikan hp ini tahan dari debu dan air. Fitur yang belum tentu dimiliki oleh para kompetitornya.

Tampak belakang hp samsung a52s

Dimensi dari hp ini mempunyai panjang sekitar 160mm dengan lebar 75mm dan ketebalan hp hanya 8,4 mm. Sementara beratnya sendiri hampir 190 gram yang masih relatif oke jika dibawa-bawa. Varian warna yang tersedia ada 4 macam, yaitu Awesome Black, Awesome White, Awesome Purple, dan Awesome Mint.

Kamera

Di bagian warnanya hampir tidak mengalami perubahan seperti kamera yang ada di seri sebelumnya. Baik itu resolusinya, warnanya, detailnya, dan lowlightnya masih tajam dan terang.

Menggunakan quad camera di bagian kamera belakangnya yang terdiri dari 64MP lensa wide, 12MP lensa ultrawide, 5MP lensa macro, dan 5MP depth. Selain punya resolusi kamera yang cukup besar juga dilengkapi fitur OIS yang berguna untuk menstabilkan gambar ketika melakukan perekaman.

Sementara di bagian kamera depannya mengadopsi style notch camera dengan resolusi sebesar 32 MP yang sudah support perekaman video 4K 30 fps.

Layar

Pada bagian layarnya samsung tetap mempertahankan ukuran layar yang lebarnya 6,5 inch dan menggunakan panel yang sama yakni Super AMOLED dengan resolusi Full HD+.

Kaca yang dipakai sudah corning gorilla glass 5 tapi untuk kecepatan layarnya sudah mengalami kenaikan menjadi 120hz dari seri sebelumnya di A52 yang refresh rate-nya masih 90Hz. Sensor sidik jarinya juga ada dilayar layaknya hp samsung pada umumnya dengan kecepatan serta akurasi yang bisa diandalkan meski terkadang masih ada miss-nya.

Chipset CPU

Bagian chipset adalah bagian yang mengalami peningkatan dari yang sebelumnya menggunakan snapdragon 720G sekarang menggunakan snapdragon 778G.

Hasilnya performa yang didapat jauh lebih tinggi sekitar 50 persen jika dilihat dari skor antutu 9 dengan skor 466 ribuan. Berbeda dengan chipset snapdragon 720G yang skornya sekitar 325 ribuan. Begitu juga dengan skor Geekbench yang selisihnya beda 30 persen sehingga menjadi 769 untuk single corenya, dan selisih skor sampai 60 persen yakni menjadi 2879 untuk multicorenya.

Perbandingan hasil benchmark samsung a52s dengan samsung a52

Ketika dibuktikan bermain game PUBG, galaxy A52S 5G ini bisa dapat settingan maksimal Smooth-Extreme. Sebenarnya bisa sampai HDR ultra akan tetapi angka fpsnya mentok di 40fps. Jika dipakai main game-game berat seperti Genshin Impact juga masih sanggup dihandle dengan mudah. Main di preset medium 60fps masih nyaman bisa sampai 40 fps dengan gambar yang bagus.

Baterai

Walau performa hp samsung A52s ini lebih tinggi dari adiknya, namun baterainya masih punya karakter yang sama. Kapasitas daya yang dipakai yaitu 4500 mAh dan didukung dengan fitur fast charging 25 W untuk mempercepat waktu pengisian baterai.

Untuk pemakaian yang sedang-sedang saja dan tidak terlalu intensif hp ini mampu bertahan selama 8 jam screen on time. Bila dipakai lebih intens lagi seperti dibuat main game, pushrank, bisa dapat screen on time selama kurang lebih 6 jam lebih.

Penutup

Kali ini samsung A52S 5G sudah memakai chipset yang terbaru untuk menjawab keluhan gamer yang kurang puas terhadap seri A52 kemarin. Sehingga performa yang didapat pun tidak main-main. Meski di beberapa bagian spesifikasinya sama tapi bagi para gamer yang yang menuntut performa lebih tinggi bisa jadi bahan pertimbangan untuk meminang hp ini.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar