Ukuran Kertas A4

Kertas A4 adalah salah satu ukuran kertas yang paling banyak digunakan di Indonesia untuk keperluan pembuatan dokumen apapun. Tidak hanya itu, pengaturan default pada hampir semua jenis gadget juga menggunakan A4 khususnya dalam hal cetak dokumen. Bukan hanya menjadi ukuran default di Indonesia, jenis kertas ini juga telah diakui secara internasional.

Persetujuan dan standarisasi kertas dengan ukuran A4 bisa ditemukan dalam sertifikasi ISO 216. Standar tersebut mengatur ukuran kertas yang berlaku secara Internasional. Meskipun A4 sangat populer terkadang kita tidak dapat menemukan preset ukuran tersebut di beberapa aplikasi. Sehingga kita harus mengaturnya manual dengan panjang dan lebar yang sesuai standar.

Kertas ukuran a4 dalam cm mm inci pixel

Ukuran Kertas A4 dalam cm

Dalam satuan centimeter, kertas A4 memiliki ukuran 21 x 29.7 cm. Lebar dari kertas tersebut adalah 21 cm. Panjang kertas A4 adalah 29.7 cm. Ukuran tersebut sedikit lebih kecil dibandingkan kertas F4.

Satuan centimeter ini biasanya digunakan pada Microsoft Word. Selain itu juga sering digunakan untuk mengukur kertas secara langsung dengan penggaris. Centimeter memang paling banyak digunakan di Indonesia.

Ukuran A4 dalam mm

Kertas ukuran A4 dalam satuan milimeter adalah 210 x 297 mm. Di mana lebarnya adalah 210 mm. Sedangkan panjangnya adalah 297 mm.

Satuan milimeter tergolong jarang digunakan karena sudah ada centimeter. Namun satuan ini lebih presisi sehingga digunakan jika ingin mendapatkan nilai yang lebih presisi.

Ukuran A4 dalam Inci

Dalam inci, kertas A4 berukuran 8.27 x 11.69 in. Artinya lebar kertas adalah 8.27 in dan panjangnya adalah 11.69 in. Meskipun sangat jarang digunakan di Indonesia, satuan inch populer di Internasional khususnya Amerika Serikat.

Ukuran Kertas A4 dalam pixel

Ukuran kertas A4 dalam satuan pixel adalah 2480 x 3508 px dengan menggunakan resolusi 300dpi. Tinggi kertas tersebut adalah 2480px sedangkan panjang dari kertas adalah 3508px. Tentunya dpi atau ppi yang digunakan adalah 300. Umumnya ukuran di atas digunakan pada aplikasi edit foto seperti Photoshop dan lainnya.

Jika kita berbicara tentang pixel maka biasanya digunakan untuk keperluan fotografi. Misalnya untuk cetak foto. Oleh karena itu pada nilai pixel di atas kita menggunakan resolusi 300dpi agar hasil gambar tidak pecah. Hal tersebut sesuai dengan rekomendasi minimal untuk cetak foto atau gambar.

Cara Mengatur Kertas A4 di MS Word

  1. Buka aplikasi Microsoft Word pada laptop atau PC.
  2. Klik menu Layout.
  3. Klik pada tanda panah pada bagian Page Setup.
  4. Setelah itu klik pada tab menu Paper.
  5. Pilih A4 pada bagian Paper size. Jika tidak ada maka pilih Custom size lalu isikan 21 cm pada Width, sedangkan Height menjadi 29.7 cm.
  6. Klik OK.

Cara Mengatur Kertas A4 pada Aplikasi Photoshop

  1. Buka Photoshop.
  2. Klik File lalu pilih New.
  3. Ubah satuan menjadi Pixels pada bagian Width dan Height.
  4. Masukkan 2480 pada Width. masukkan 3508 pada Height.
  5. Masukkan 300 pada Resolution dan pastikan satuannya adalah Pixels/Inch.
  6. Klik OK.

Penggunaan Ukuran A4

Ukuran A4 digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Penggunaan tersebut juga sudah terstandar secara internasional sehingga Anda bisa menggunakannya baik di Indonesia maupun di negara lain. Berikut ini adalah beberapa penggunaan kertas A4 yang paling sering ditemui.

Untuk Dokumen Resmi

Ukuran A4 masih digunakan sebagai syarat utama pencetakan dokumen penting. Bahkan tugas akhir seperti skripsi atau makalah juga masih menggunakan ukuran A4 sebagai ukuran standar yang digunakan. Dokumen legal seperti proposal atau berbagai surat lain juga masih menggunakan kertas A4 sebagai ukuran standar yang disepakati.

Untuk Cetak Foto

Tidak jarang A4 juga digunakan untuk mencetak foto. Tentunya bukan pada kertas HVS melainkan kertas foto a4 yang lebih tebal dan glossy. Kita dapat print secara full dengan mengatur margin menjadi 0.

Untuk Poster

Meskipun terlihat agak kecil namun poster A4 tidak kalah populer. Poster dengan size tersebut dapat ditempel di mading atau lainnya. Untuk membuatnya sangat mudah dengan satuan pixel di atas jika menggunakan Photoshop. Atau dapat memanfaatkan aplikasi MS Word yang lebih mudah dengan satuan cm di atas.

Untuk Pembuatan Sertifikat

Sertifikat sebenarnya memiliki dimensi yang cukup fleksibel. Namun yang paling sering digunakan adalah ukuran A4 dan F4. Tentunya kertas sertifikat lebih tebal dibandingkan HVS biasa.

Untuk Ukuran Default Pengaturan Kertas Secara Internasional

Bukan sebatas digunakan untuk ukuran pencetakan legal yang banyak digunakan baik di Indonesia maupun beberapa negara lain, ukuran A4 juga digunakan sebagai ukuran default pada komputer hampir di semua negara di dunia.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar