0811 Kartu Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Para pengguna ponsel mungkin seringkali mendapat panggilan dan pesan dari nomor berawalan 0811. Namun, tidak tahu pasti nomor 0811 kartu apa dan asal providernya. Apalagi, kartu dengan awalan 0811 ini bisa dibilang semakin jarang ditemukan.

Kombinasi 4 angka ini sebenarnya yang disebut dengan kode prefix. Fungsi dari kode prefix adalah untuk membedakan layanan berdasarkan lokasi. Sekaligus, menyimpan data dan informasi para pelanggan.

0811 Kartu Apa?

0811 adalah nomor prefix awalan untuk kartu halo, seperti yang diketahui secara luas. Kartu Halo merupakan produk telekomunikasi yang berasal dari provider Telkomsel. Sifat dari Kartu Halo ini adalah pascabayar dengan sifat tagihan.

Jadi, para pengguna kartu ini akan menggunakan nomornya dulu untuk berkomunikasi selama satu bulan. Kemudian, para pengguna akan mendapatkan tagihan untuk dibayarkan di akhir bulan tersebut.

kartu perdana nomor 0811

Kartu Halo terbilang kartu lawas dan banyak yang menggunakan. Namun, akhir-akhir ini mungkin para pengguna ponsel menyadari bahwa kartu dengan awalan 0811 ini semakin berkurang.

Hal ini karena banyak orang yang tertarik menggunakan layanan prabayar. Jika dibandingkan dengan layanan pascabayar. Banyak pengguna juga yang berpikir bahwa layanan pascabayar lebih mahal dan tidak bisa diduga nilai tagihannya di akhir tagihan.

Berapa Digit Nomor Kartu Halo ?

Sekarang sudah diketahui bahwa nomor dengan awalan 0811 merupakan Kartu Halo dari provider Telkomsel. Namun, berapa digit sebenarnya yang dimiliki oleh kartu ini? Apalagi, sebagai kartu lama, biasanya nomor digitnya berbeda-beda.

Kartu Halo memiliki nomor yang terdiri dari 10 sampai 12 digit. Mengapa bisa ada variasi jumlah digit yang berbeda?. Ini karena ada perbedaan rilis nomor antara yang 10 digit, 11 digit, dan 12 digit.

Biasanya Kartu Halo yang termasuk nomor lawas akan memiliki 10 digit saja, terutama yang kode areanya memang sedikit. Sedangkan, untuk nomor yang terbilang baru akan memiliki 11 digit sampai dengan 12 digit.

Mengapa Jumlah Digit Nomor Halo Berbeda-Beda?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa variasi jumlah digit pada nomor Halo. Ternyata, hal ini bukannya tanpa sebab karena memang ada beberapa hal yang menyebabkannya, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini :

1. Kode Area yang Digunakan

Untuk membuat nomor kartu Halo lebih spesifik lagi, maka dibuat kode area kartu Halo. Setiap area di Indonesia memiliki jumlah kode area yang berbeda. Hal ingin membuat jumlah digit pada kartu bertambah.

2. Tahun Perilisan Kartu

Seperti yang disebutkan juga, bahwa nomor Halo lawas biasanya memiliki 10 digit saja. Hal ini karena kebijakan kode area belum diterapkan dengan luas di masa lalu. Karena itu, rata-rata nomor Halo memiliki jumlah digit yang sama.

Baca juga: 0895 Kartu Apa?

Bagaimana Cara Mengetahui Kode Area?

Kode area yang diberikan Telkomsel pada nomor sepenuhnya hak dan tanggung jawab dari Telkomsel. Kode area ini bisa saja diubah-ubah sesuai dengan kebijakan dan sistem. Karena itu, tidak ada informasi yang tepat dan tetap mengenai informasi kode area ini.

Namun, jika para pengguna menginginkan informasi yang valid. Bisa langsung mengecek website resmi Telkomsel. Jika ingin akses yang lebih praktis, kode area dan area nomor yang berlaku bisa dicek di aplikasi MyTelkomsel.

Kesimpulan

Sekarang para pengguna ponsel sudah tidak bingung lagi, 0811 kartu apa dan provider mana asalnya. Jika para pengguna dihubungi nomor ini, pemilik nomor tersebut adalah pelanggan Telkomsel yang sudah lama.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar