0813 Kartu Apa, Provider & Daerah Mana? Simak Penjelasannya

Sebenarnya 0813 kartu apa masih menjadi pertanyaan yang kerap diajukan oleh sebagian orang. Mengingat banyaknya provider yang dengan kode awalan nomor yang berbeda-beda. Membuat hal tersebut wajar untuk ditanyakan dan dicari tahu.

Penggunaan kode pada awalan nomor sendiri bukanlah angka sembarangan yang dipakai. Terdapat kombinasi yang disebut dengan kode prefix pada sebuah identitas kartu. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini ulasannya, yaitu:

Rasa ingin tahu seseorang pada kode sebuah kartu adalh hal normal. Pasalnya di Indonesia sendiri banyak sekali provider yang mempunyai kode berbeda. Dengan begitu, sulit untuk seseorang mengetahui dari kartu manakah kode tersebut berasal.

0813 Kartu Apa?

Nomor 0813 menunjukkan kode prefix dari operator seluler Telkomsel. Lebih tepatnya nomor HP dari kartu SIMPATI dan Halo, salah satu produk lawas provider Telkomsel. Pada kedua kartu tersebut, ada perbedaan yang cukup menonjol, yaitu pada jumlah angkanya. Untuk SIMPATI berjumlah 12 angka, sedangkan Halo hanya 11.

contoh nomor 0813

Bukan hanya itu saja perbedaanya, kedua kartu tersebut mempunyai jenis yang berbeda. SIMPATI sendiri adalah kartu prabayar yang mengharuskan penggunanya untuk membeli pulsa sebelumnya. Berbeda dengan HALO yang merupakan kartu pasca bayar.

Keuntungan dari kartu pasca bayar tentu bisa melakukan panggilan tanpa harus membeli pulsa terlebih dahulu. Sistem inilah yang dikenal dengan pembayaran di belakang. Keduanya tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Manfaat Kode Prefix 0813

Kehadiran kode prefix yang dimiliki oleh setiap operator tentu ada tujuannya. Tidak mungkin sebuah provider membuat kode dari nomor acak dan sembarang. Pasalnya setiap kartu harus mempunyai identitas yang dapat dikenali oleh para pengguna.

Dengan begitu, orang lain dapat dengan mudah melakukan identifikasi lewat nomor telepon. Bukan hanya itu saja manfaatnya, pemakaian kode ini, sebagai penentu besaran biaya yang harus dikeluarkan. Terlebih lagi setelah melakukan panggilan ataupun SMS.

Hal ini sangat penting, mengingat setiap operator mempunyai ketentuan sendiri pada tarif yang dikenakannya. Apalagi, jika panggilan yang dilakukan berbeda jaringan provider. Tarif yang dikenakan sudah pasti bisa lebih mahal dibandingkan dengan yang satu provider.

Oleh sebab itu pengetahuan akan kode prefix sangatlah penting dan berguna. Bukan hanya untuk mengetahui jangkauan atau kartu dari daerah mana saja. Namun, juga untuk meminimalkan pengeluaran saat melakukan panggilan.

Lihat juga: 0895 Kartu Apa?

Cara Registrasi SIMPATI dan Halo

Meski mempunyai kode prefix yang sama, akan tetapi antara SIMPATI dan Halo ternyata cara registrasinya berbeda. Akan tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah dan masih bisa dipahami oleh calon pelanggan, bagaimanakah registrasi SIMPATI? Berikut tahapannya, yaitu:

  1. Ketik SMS dengan memasukkan REG#NIK#Nomor KK, selanjutnya kirim ke 4444. Ini registrasi untuk pelanggan baru.
  2. Masukkan SMS, lalu ketik ULANG#NIK#Nomor KK dan kirimkan ke 4444. Nah, cara ini berlaku untuk calon pelanggan lama.

Jika cara diatas berlaku untuk calon pelanggan SIMPATI, baik yang baru maupun yang lama. Nah, untuk registrasi kartu Halo sepertinya cukup berbeda dengan beberapa tahapan. Perhatikan berikut ini langkah-langkahnya, yaitu:

  1. Persiapkan terlebih dahulu NIK dan KK untuk melengkapi data pribadi.
  2. Selanjutnya, registrasi dan pilih berlangganan paket yang akan dipakai. Jika sudah tentukan sistem pembayaran kartu Halo.
  3. Lanjutkan dengan menentukan provinsi saat ini berada.
  4. Terakhir, tunggu prosesnya selesai dan masuk notifikasi pemberitahuan yang biasanya dalam bentuk pesan singkat atau SMS.

Kesimpulan

Jadi, itulah ulasan seputar pertanyaan tentang 0813 kartu apa beserta providernya. Sudah tahukan jawabannya, antara kartu SIMPATI atau Halo dengan TELKOMSEL sebagai providernya. Kini tidak perlu lagi bingung dengan kode 0813.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar