0819 Kartu Apa dan Siapa Provider Aslinya?

Kode prefix 0819 merupakan kode yang cukup awam bagi para pengguna ponsel di Indonesia. Namun, ada yang masih belum tahu tentang 0819 kartu apa. Awalannya pun kadang membuat orang salah paham mengenai asal providernya.

Adanya kemiripan antara kode prefix dari satu provider dan provider lain sebenarnya hal yang wajar. Karena terbatasnya kombinasi nomor yang bisa digunakan. Namun, pastinya ada perbedaan tertentu. Karena sebagai identitas dari provider tersebut.

0819 Kartu Apa?

0819 merupakan kode prefix untuk kartu perdana XL Axiata. Selain 0819, XL juga memiliki kode prefix yang bisa kamu lihat di empat digit pertama nomor telepon lainnya.

kartu perdana nomor awalan 0819

Sebenarnya, setiap provider di Indonesia tidak harus memiliki satu kode prefix saja. Ada beberapa provider yang memiliki lebih dari satu kode prefix dengan tujuan tertentu. Provider XL memang memiliki kode prefix 087 sekaligus juga kode prefix 081.

Untuk, kode prefix 0819 ini ternyata digunakan untuk layanan prabayar dari kartu XL. Nomor XL dengan awalan 0819 ini terbilang kartu yang dimiliki oleh pelanggan lama.

Karena hanya pelanggan yang sudah menggunakan kartu selama beberapa tahun saja. Baru bisa mendaftarkan diri ke layanan prabayar yang dibuka oleh kartu XL. Terutama, dengan kode prefix 0819, awalnya berasal dari kartu yang bersifat prabayar.

Lihat juga: 0895 Kartu Apa?

Digit Kartu XL Kode 0819

Tidak hanya memiliki kode prefix yang berbeda, provider XL juga memiliki variasi jumlah digit. Untuk kode 0819 sendiri misalnya ada 3 pilihan nomor digit, mulai dari 10 digit, 11 digit, sampai yang terpanjang adalah 12 digit angka.

Sebenarnya, jumlah digit pada nomor ini tidak mempengaruhi layanan XL pada nomor. Bukan berarti, layanan yang diberikan pada nomor 12 digit akan lebih baik dari yang hanya 10 digit.

Pada dasarnya, nomor ini hanya menjadi identitas layanan saja bagi para pelanggan. Selebihnya, tidak ada perbedaan dari segi layanannya. Para pelanggan nomor 10 digit bisa merasakan layanan yang sama dengan nomor 12 digit.

Alasan XL Memiliki Banyak Kode Prefix

Seperti yang disebutkan sebelumnya, provider XL tidak hanya memiliki 1 kode prefix saja sebagai identitasnya. Totalnya, kartu XL memiliki 6 kode prefix yang membedakan layanannya.

Kira-kira apa alasannya sebuah provider memiliki lebih dari kode prefix. Berikut akan dijelaskan alasannya:

1. Sebagai Pembeda Layanan

Alasan pertama mengapa provider XL bisa memiliki kode prefix yang berbeda adalah sebagai pembeda layanan. Lebih spesifik lagi pembeda layanan antara prabayar dan pascabayar.

Untuk kartu XL yang menggunakan layanan pascabayar biasanya akan menggunakan prefix 081 dan diikuti dengan kode lain. Sedangkan, untuk nomor XL prabayar akan menggunakan kode 087.

2. Penanda Aktivasi Kartu

Alasan lain mengapa kode prefixnya bisa berbeda adalah sebagai penanda ketika kartu diaktifkan. Saat para pelanggan mengaktifkan kartu, sistem bisa mengidentifikasi layanan dan masa aktif kartu lewat awalan kode prefix dan kombinasi dengan kode area.

3. Penentuan Promo dan Bonus yang Diberikan

Alasan yang ketiga adalah untuk menentukan promo dan bonus apa yang didapatkan oleh nomor. Karena promo dan bonus seperti ini biasanya mengikuti layanan apa yang digunakan oleh para pelanggan.

Tentu saja, promo yang diberikan untuk kartu pascabayar akan berbeda dengan prabayar. Karena itu, diperlukan pembeda agar promo yang berlaku bisa diberikan dengan tepat.

Kesimpulan

Sekarang sudah diketahui 0819 kartu apa dan layanan provider yang mendukungnya. Walaupun sekilas sama dengan provider yang lain. Namun, ternyata ada alasan mengapa kode prefix ini bisa hampir sama dan ada variasinya.

Adi Wirawan
Menyukai dunia fotografi dan teknologi. Pernah belajar teknik komputer dan jaringan.

Kirim Komentar