Apa Itu Mutualan Telegram? Inilah Arti dan Cara Mutualan

Baru-baru ini istilah mutualan telegram menjadi viral di dunia maya. Hal ini dikarenakan banyak pengguna Telegram mengirimkan chat yang isinya adalah mengajak untuk mutualan. Sebagian besar pengguna tidak paham dengan istilah tersebut. Ada juga yang sudah memahaminya tetapi tidak mengetahui cara mutualan. Apakah kamu salah satunya? Untuk menghilangkan rasa ingin tahu tersebut maka kali ini kita akan membahas tentang mutualan telegram beserta caranya.

Apa itu mutualan telegram?

Arti mutualan telegram adalah saling berteman di Telegram. Untuk berteman di telegram kita bisa saling berbagi username kemudian menambahkannya pada kontak kita. Sehingga kita dapat berkomunikasi kapanpun sesuai keinginan.

Mutualan sebenarnya bukan sekedar berteman saja. Kita harus saling menguntungkan dan tidak menjadi toxic. Artinya tidak ada salah satu yang dirugikan. Sebenarnya kata mutualan tidak hanya berlaku pada Telegram saja. Istilah ini awalnya sering digunakan oleh pengguna twitter untuk saling follow. Namun sekarang istilah tersebut sudah digunakan di semua sosial media dan messenger. Seperti Instagram, Facebook, Telegram, WhatsApp dan juga Telegram.

Setelah mengetahui arti mutualan di Telegram tentunya kita perlu mengetahui bagaimana cara mutualan.

Cara Mutualan di Telegram

Sebenarnya di atas sudah dijelaskan bahwa untuk mutualan di Telegram kita hanya perlu menambahkan orang yang kita ajak mutualan ke dalam kontak. Kita bisa meminta username atau bahkan nomor telepon yang digunakan untuk Telegram. Lalu kita mulai chat dan berteman. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mencari teman untuk mutualan?

Telegram memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mencari mutualan. Kita bisa join ke grup, chat anonymous atau mencari teman melalui fitur find people nearby.

1. Gabung ke Grup di Telegram

Saat ini ada banyak sekali grup di telegram. Tapi kita harus mengetahui nama dari grup tersebut agar bisa bergabung. Sebenarnya untuk mencari grup sangat mudah. Kita hanya perlu mencarinya melalui Google dengan kata pencarian grup telegram tentang apa misalnya saya ingin mencari grup tentang kpop maka saya hanya perlu mencari di Google grup telegram kpop. Biasanya grup tersebut akan tampil di Google. Jika tidak tampil biasanya akan ada website lain yang memiliki daftar lengkap grup yang sedang dicari.

Setelah menemukan nama grup yang diinginkan selanjutnya silahkan cari grup tersebut di Telegram. Caranya adalah:

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Tekan tombol pencarian di pojok kanan atas.
  • Isikan nama grup yang ingin dicari misalnya zonakorea.
  • Tap pada hasil pencarian teratas.
  • Tap JOIN untuk bergabung ke grup.
  • Silahkan chat di grup tersebut secara aktif.
  • Di sana kita bisa mencari teman baru lalu mutualan dengan menambahkannya ke kontak kita. Untuk menambahkan ke kontak kita hanya perlu tap foto orang tersebut di grup lalu tap titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih Add to contacts.
Langkah mencari grup di telegram

2. Gunakan Chat Anonymous

Chat anonymous dilakukan dengan mengirim chat ke bot anonymous di Telegram. Di sana kita akan dipertemukan dengan orang lain melalui chat secara acak dan anonim (tanpa identitas). Nah, kita bisa saling bertukar kontak saat itu sehingga bisa mutualan di Telegram. Saya telah membahasnya secara lengkap di tulisan saya yang lain. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca tulisan tentang cara anonymous chat telegram.

3. Cari Teman di Sekitar dengan Fitur find people nearby

Dengan fitur ini kita bisa mencari teman di sekitar kita tanpa mengetahui username dan nomornya. Nah, kita bisa berkenalan kemudian menambahkannya ke kontak kita. Berikut ini cara menggunakan find people nearby:

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Tap tombol tiga baris di pojok kiri atas.
  • Tap contacts.
  • Pilih Find People Nearby.
  • Setelah itu, tampil semua orang yang menggunakan Telegram di sekitar kita. Kita bisa memulai chat dengan orang tersebut dan menambahkan ke kontak.

Dengan 3 cara di atas tentunya kita akan bisa mencari mutualan di Telegram dengan mudah. Yang sedang viral adalah cara ke-2 yaitu melalui chat anonymous. Di sana biasanya memang digunakan untuk mencari mutualan. Sedangkan cara 1 lebih dimanfaatkan untuk berdiskusi.

Nur Ba'diyatul Isro'iyah
Suka utak-atik aplikasi HP khususnya Android dan selalu mengikuti perkembangan dunia online.

Kirim Komentar