7 Aplikasi Pemutar Musik PC Terbaik 2020 Offline & Online

Software pemutar musik merupakan aplikasi yang hampir selalu ada di manapun dan apapun platformnya. Pada sistem operasi macOS, iTunes menjadi primadona yang hampir tak tergantikan. Namun pada sistem operasi Windows, Microsoft seolah membebaskan penggunanya untuk memilih sendiri music player sesuai selera mereka. Hal ini terlihat dari aplikasi bawaan Windows yang tidak sehandal dan sekeren iTunes pada macOS.

Di tahun 2020 ini, ada banyak sekali aplikasi pemutar musik PC yang dapat kita gunakan. Dengan banyaknya pilihan tersebut terkadang membuat kita bingung untuk memilih manakah yang terbaik. Karena berkaitan dengan musik maka kualitas suara adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Apalagi jika kita adalah seorang audiophile atau orang yang sangat memperhatikan kualitas suara secara mendetail.

Nah untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan, kami akan merekomendasikan 7 aplikasi pemutar musik terbaik untuk PC dan laptop yang bisa Anda coba. Daftar software tersebut merupakan hasil survey kami dari beberapa forum audiophile dalam dan luar negeri.

Berikut ini adalah software aplikasi pemutar musik PC dan laptop terbaik di tahun 2020.

1. Foobar2000

Aplikasi pemutar musik pc foobar2000

Foobar2000 adalah aplikasi pemutar musik terbaik pc offline yang sangat populer dikalangan penggemar musik atau audiophile. Kemampuannya dalam menghasilkan output yang sesuai dengan bit aslinya atau biasa disebut bit-perfect / bit-exact signal merupakan salah satu fitur yang diandalkan para audiophile. Fitur tersebut mampu dihadirkan karena software ini telah mendukung WASAPI. Sehingga Foobar2000 bisa disandingkan dengan perangkat DAC untuk mendapatkan hi-res audio.

Foobar 2000 juga terkenal dengan keberagaman komponennya. Dengan komponen-komponen tersebut kita bisa menambahkan fitur dan melakukan kostumisasi pada player musik tersebut. Untuk format yang didukung, jangan diragukan lagi. Software ini mampu membuka semua format audio yang beredar saat ini seperti MP3, MPC, AAC, WMA, Ogg Vorbis, FLAC dan lainnya.

Sayangnya Foobar2000 memiliki tampilan jadul dan sedikit sulit dikostumisasi untuk pengguna baru. Tentunya software ini dapat kita gunakan secara gratis pada komputer, PC atau laptop kita. Foobar2000 bisa diinstall pada Windows XP, Vista, Windows 7, 8 dan Windows 10.

Keunggulan:

  • Sangat ringan.
  • Beragam komponen untuk menambahkan fitur.
  • Output suara dan bit berkualitas tinggi.
  • Support WASAPI untuk output bit-perfect atau bit-exact.
  • Support semua format file audio.
  • Memiliki Equalizer 18 band.

2. AIMP Music Player

Tampilan aimp

Jika Anda menginginkan software dengan tampilan modern dan kualitas audio yang tidak jauh dari Foobar2000 maka AIMP bisa dipilih. Software pemutar musik ini juga support WASAPI sehingga dapat menghasilkan output bit-exact signal. Tampilan AIMP cukup simpel dengan fitur mini player yang mudah digunakan. Selain itu, AIMP juga support try icon di mana ikon akan masuk ke try icon saat kita minimize sehingga tidak memperbanyak ikon pada taskbar.

Hal yang paling tidak saya suka dari software ini adalah tidak adanya fitur repeat all atau pengulangan playlist. Di sana hanya tersedia pengulangan track atau pengulangan 1 file saja. AIMP juga merupakan software gratis jadi bisa kita gunakan tanpa biaya.

Keunggulan:

  • Tampilan modern dan mudah digunakan.
  • Support WASAPI.
  • Memiliki fitur mini player.
  • Mendukung try icon.
  • Memiliki equalizer 18 band.

3. Musicbee Music Player

Tampilan utama musicbee

Musicbee merupakan aplikasi permutar musik gratis yang juga tidak kalah populer di kalangan audiophile. Software ini juga support WASAPI. Dengan tampilan yang lebih menarik dibandingkan Foobar2000, software ini juga lebih mudah digunakan. Salah satu fitur andalan Musicbee adalah organisasi file yang handal. Musicbee mampu melakukan scan dan mengelompokkan musik sesuai dengan artist, album dan playlist.

Musicbee juga dibekali dengan fitur edit tag pada file musik secara instan. Dengan fitur tersebut kita dapat mengubah metadata seperti nama artist, album dan lainnya sesuai keinginan.

Keunggulan:

  • Tampilan mudah digunakan.
  • Mendukung WASAPI.
  • Equalizer 15 band.
  • Fitur edit tak.

4. Spotify

Spotify merupakan aplikasi pemutar musik online yang terbaik saat ini. Software ini mulai mengubah kebiasaan orang dari menyimpan file musik di PC beralih menjadi mendengarkan musik secara online. Kita bisa mengakses beragam lagu secara gratis namun dengan iklan. Jika tidak ingin ada iklan kita harus membayar biaya berlangganan sebesar 9.99$ perbulan.

Keunggulan:

  • Tanpa menyimpan file musik.
  • Bisa digunakan di berbagai platform.
  • Kualitas suara terjamin baik.

5. Winamp

Winamp sangat populer pada masanya. Dulu jika kita ditanya menggunakan aplikasi apa untuk memutar musik maka sebagian besar pasti akan menjawab Winamp. Namun semenjak lambatnya pembaruan software ini mulai ditinggalkan penggunanya. Winamp memiliki tampilan yang khas dan sangat mudah digunakan. Software ini juga gratis dapat digunakan di sistem operasi Windows.

Keunggulan:

  • Tampilan mudah digunakan.
  • Banyak tersedia skin.
  • Equalizer.

6. VLC

Selain untuk memutar video, VLC juga bisa diandalkan sebagai pemutar musik ringan. Tampilan yang simpel membuat software ini mudah digunakan oleh siapapun. VLC merupakan aplikasi gratis dan open source sehingga bug atau fitur terbaru lebih cepat diimplementasikan dalam aplikasi ini. VLC support hampir semua format file jadi kita tidak perlu khawatir file audio kita tidak bisa dibuka pada VLC. Lihat juga rekomendasi aplikasi karaoke pc terbaik jika ingin menggunakan PC anda untuk karaoke.

Keunggulan:

  • Tampilan simpel dan mudah digunakan
  • Sangat ringan.
  • Open source.

7. MediaMonkey

MediaMonkey hadir dengan fitur unggulan berupa manajemen file musik dan video yang handal. Bila file audio kita sangat banyak maka software ini sangat cocok untuk digunakan. Software ini mampu memutar sebagian besar format yang ada saat ini. Meski fitur-fitur audio tidak selengkap lainnya software ini mampu memainkan musik dengan baik.

Keunggulan:

  • Manajemen file musik handal.
  • Memiliki banyak skin dan plugin.

Kesimpulan

Dari 7 software pemutar musik pc di atas jika kita ingin kualitas output audio yang berkualitas tinggi dengan berbagai kustomisasi untuk keperluan secara offline maka Foobar2000 adalah pilihan tepat. Jika ingin tampilan moderen dengan tetap memperhatikan fitur output audio playbacl seperti support WASAPi maka AIMP atau Musicbee bisa menjadi pilihan. Namun jika kita lebih menginginkan pemutar musik online maka spotify adalah pilihan yang tepat.

M. Hernawan
Web developer yang juga suka dengan dunia sysadmin. Pernah belajar Teknik Informatika di Indonesia.

Kirim Komentar